4 Cara Ampuh Mengatasi Local Disk C: Penuh yang Terbukti Berhasil

Kira-kira bagaimana cara mengatasi Local Disk C: penuh? Local disk C merupakan salah satu diantara beberapa partisi harddisk yanga terdapat di komputer maupun laptop. Local disk C sering dijadikan sebagai lokasi untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang kita instal.

Maka dari itu, partisi hardisk C ini sering dinamakan sebagai disk sistem. Meskipun begitu, harddisk C juga terkadang di isi oleh beberapa file yang baru didownload dan masih belum sempat dipindahkan ke harddisk yang lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa masalah local disk C yang penuh bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun secara umum memang masalah ini diakibatkan oleh kapasitas dari harddisk tersebut yang tidak besar. Padahal, di dalam melakukan partisi harddisk juga harus dipahami terlebih dahulu kira-kira kapasitas yang akan dibuat akan dijadikan sebagai apa. Jika hanya sekedar mengetik, download lagu, maupun aktivitas ringan lainnya, kemungkinan 50 GB sudah cukup.

Namun, bagi mereka yang ternyata memiliki kebutuhan untuk bermain game, maka sudah pasti kapasitas harddisk C 50 GB akan sangat kurang. Mereka pasti akan menambah kapasitas yang dimiliki oleh laptop dengan membeli harddisk eksternal. Jadi, mungkin inilah solusi terbaik bagi anda. Namun terkadang tidak selamanya solusi ini bisa anda andalkan. Apalagi ketika anda lupa membawa hardisk eksternal anda yang mana di dalamnya memiliki banyak file penting.

4 Cara Mengatasi Local Disk C: Penuh

Jika ada yang bertanya apa itu local disk C dan apa yang membedakannya dengan local disk yang lainnya, maka anda harus menjawab bahwa local disk C merupakan partisi harddisk yang umumnya berisi file-file sistem atau aplikasi terinstal.  Local disk C merupakan tempat dimana sistem operasi anda terinstal. Sementara local disk yang lain, seperti local disk D, E, dan seterusnya umumnya berisi file-file pribadi anda.

1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Semakin banyak aplikasi yang terinstall di laptop anda, semakin membengkak pula ukuran pada local disk C. Aplikasi-aplikasi yang terinstall di laptop anda seharusnya merupakan aplikasi-aplikasi yang memang anda gunakan dan butuhkan.

Jika ada aplikasi yang jarang sekali digunakan dan anda memang sudah tidak membutuhkannya, maka lebih baik anda hapus sekarang juga. Terutama aplikasi-aplikasi bloatware yang “tanpa sepengetahuan” anda terinstall sendiri ketika anda menginstall sebuah aplikasi. Berikut cara menghapus aplikasi di windows:

1. Pertama-tama masuk Control Panel kemudian pilih Uninstall a program.

Cara Mengatasi Local Disk C: Penuh

2. Silakan dicek dan pilih aplikasi mana yang benar-benar tidak penting / sudah tidak anda gunakan lagi. Setelah itu pilih Uninstall/Change.

menghapus aplikasi 2

2. Jangan Pernah Menyimpan File di Local Disk C:

Ini yang seringkali dilakukan pengguna, yakni menyimpan file-file mereka ke locak disk C. Perlu anda ketahui bahwa locak disk C merupakan partisi yang diperuntukan untuk sistem windows anda, jadi sebisa mungkin jangan menyimpan file-file anda disini. Apalagi jika anda menyimpan file-file besar seperti file film, sistem operasi atau aplikasi-aplikasi yang memiliki ukuran besar.

Setelah anda selesai mendownload file-file besar sesegara mungkin untuk memindahkannya ke partisi lain, misal partisi D. Hal ini bertujuan supaya local disk C atau orang-orang biasa menyebutnya partisi C tidak mudah penuh. Partisi C yang penuh akan berdampak pada kinerja windows anda.

3. Menghapus File Temporary

File temporary, cache dan file sejenis lainnya juga merupakan salah satu faktor local disk C anda penuh. Untuk mengatasi ini, anda bisa menggunakan software yang bernama CCleaner. Selengkapnya mengenai penggunaan software ini disimak melalui artikel ini.

4. Memindahkan File yang Ada di Folder (Downloads, Documents Dll)

local disk C

Jarang sekali diketahui pengguna bahwa folder Downloads, Documents, Musics, Videos dll merupakan bagian dari local disk C sehingga apalagi anda banyak meletakkan file-file disana maka itu mempengaruhi kapasitas locak disk C yang semakin berkurang.

Penyebab Lain Local Disk C: Penuh

Berikut ini beberapa penyebab mengapa local disk C laptop maupun komputer anda penuh:

1. Terlalu banyak file yang anda download

Bagi anda yang sering mendownload file, maka otomatis file yang anda download tersebut akan masuk ke folder “Download” yang ada di local disk C. Mungkin anda tidak menyadari hal ini dan tetap membiarkannya. Namun ketika lama kelamaan, maka file tersebut akan menyebabkan kapasitas local disk C menjadi penuh. Akibatnya, laptop maupun komputer anda kinerjanya bisa terganggu.

2. Kapasitas yang kecil

Untuk penyebab yang kedua dialami ketika anda kurang memberikan kapasitas yang besar untuk local disk C sementara anda memiliki kebutuhan untuk bermain game. Akibatnya, game yang anda instal membuat kapasitas local disk C menjadi langsung penuh padahal sebelumya masih tersisa belasan giga.

3. Ada file yang belum anda hapus

Maksud penjelasan poin ketiga adalah file bekas aplikasi  yang anda uninstal masih belum terhapus. Mungkin anda menghapus aplikasi melalui “Control Panel”. Namun anda juga harus tahu bahwa biasanya folder instalan aplikasi tersebut memiliki satu atau beberapa file yang butuh dihapus secara manual.

Leave a Reply

Send this to a friend