Pengertian Hardisk Eksternal Beserta Fungsi, Kelebihan & Bedanya dengan Hardisk Internal

Tahukah teman – teman apa itu hardisk ? Mungkin bagi kamu yang seorang sudah lama mengenal tentang komputer khususnya bagi orang IT, hardware yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kamu.

Namun bagi yang baru belajar mengenal hardware atau perangkat keras komputer, khusunya teman – teman yang bersekolah di jurusan komputer dan masih mendapatkan pengetahuan dasar seputar hardware komputer dan belum pernah mengenal sama sekali, istilah hardisk pun akan terasa sangat asing.

Di kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang  pengertian hardisk, fungsi hardisk, dan lain – lain khususnya Hardisk Ekternal. Memahami dasar – dasar hardisk akan membantu kamu membuat keputusan penyimpanan yang lebih baik. Langsung saja, yuk simak penjelasan mengenai Hardisk Eksternal berikut.

Pengertian Hardisk Ekternal

Gambar Hardisk eksternal

Saya akan membagikan tentang harddisk eksternal. Dan kenapa anda harus menggunakan hard disk eksternal?. Berikut adalah penjelasannya.

Hardisk adalah media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Jadi hardisk eksternal adalah sebuah alat penyimpanan portable yang berkapasitas besar, sehingga hardisk eksternal bisa digunakan kapan saja dengan mencolokkan kabel USB ke laptop ataupun PC.

Atau lebih jelasnya hardisk ekternal adalah perangkat penyimpanan tambahan dan bukan menjadi perangkat utama. Artinya tanpa perangkat ini komputer tetap dapat berjalan normal. Karena perangkat ini berfungsi sebagai media tambahan yang fungsinya sebenaranya hampir sama, namun perangkat ini lebih fleksibel karena bisa dipasang dan dicopot tanpa harus membongkar casing komputer.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Hardisk Eksternal?

Hardisk eksternal portabel mudah digunakan, dan dapat menyediakan penyimpanan dalam jumlah besar kapanpun kamu membutuhkannya. Kamu dapat menyimpan perangkat di tempat yang kamu sukai, dan membawa file tersebut ke manapun kamu pergi.

Keuntungan lain dari hardisk eksternal adalah kamu dapat memindahkannya dari komputer ke komputer, dan untuk berbagi file berukuran besar. Karena kapasitas penyimpanannya yang biasanya besar, hardisk eksternal sering digunakan untuk menyimpan file cadangan.

Fungsi Hardisk Eksternal

Fungsi hardisk eksternal

Setiap pengguna komputer rasanya mustahil jikalau tidak mengetahui tentang perangkat keras yang bernama hardisk. Perangkat keras yang satu ini memang sangat berperan penting untuk suatu komputer. Dan mungkin tanpa hardisk, sebuah komputer tidak akan menjadi komputer yang seperti sekarang ini.

Tanpa hardisk, komputer tidak akan bisa menyimpan data. Namun, apabila sebuah komputer terlalu banyak menyimpan data atau file, maka hal tersebut juga akan mempengaruhi kinerja komputer tersebut menjadi sangat lambat.

Fungsi hardisk adalah media penyimpanan data. Tidak hanya dokumen, tapi juga gambar, musik, dan video. Program – program komputer, preferensi situs – situs favorit, bahkan sistem operasi kamu semuanya disimpan dalam hardisk komputer kamu.

Jika harddisk rusak, otomatis semua data hilang. Itu adalah hal yang sangat menyedihkan. Dan itulah alasan kenapa sebagian besar orang memiliki sebuah sistem pencadangan ( backup ). Mereka memiliki harddisk lain dan menyalin semua file penting mereka ke dalam harddisk tersebut.

Berapa Ukuran Hard Disk Terbaik?

Tergantung. Jika kamu hanya perlu mentransfer file dalam jumlah terbatas antara komputer dan hardisk cadangan, harddisk yang lebih kecil ( Hard Disk Ekspansi atau Backup Plus ) adalah pilihannya.

Jika kamu hendak mencadangkan semua konten komputer atau bahkan beberapa komputer, atau menyimpan banyak file video dan / atau audio, kamu mungkin menginginkan harddisk dengan kapasitas yang lebih besar ( seperti Hard Disk Desktop Backup Plus ).

Hardisk Internal vs Hardisk Eksternal

Hardisk Internal vs Hardisk Eksternal

Ada 2 macam hardisk untuk saat ini yang saya ketahui yaitu hardisk internal dan hardisk eksternal dimana hardisk internal merupakan perangkat / hardisk yang tertanam didalam PC maupun laptop yang digunakan sebagai tempat penyimpanan seperti system operasi dan data – data lainnya. Hardisk eksternal merupakan perangkat tambahan yang biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan dikala hardisk internalnya penuh, atau sebagai data backup sesuai keinginan.

Harddisk internal adalah perangkat yang tertanam didalam komputer untuk menyimpan serta mengambil data digital menggunakan cakram berputar dengan cepat. Perangkat ini akan menyimpan data secara permanen walaupun komputer dimatikan sekalipun. Pada harddisk internal ada komponen berupa cakram yang berputar dengan cepat, komponen ini berguna untuk menulis sekaligus membaca data.

Kelebihan harddisk internal dari harddisk eksternal adalah harganya lebih murah, tidak mudah rusak dan tahan terhadap virus. Dan kekurangannya, harddisk internal ini tertanam pada komputer sehingga tidak bisa di bawa ke mana – mana serta kapasitasnya lebih kecil dibandingkan harddisk eksternal. Dari segi kecepatan transfer data, harddisk internal lebih cepat dibandingkan harddisk eksternal.

Sedangkan untuk harddisk eksternal, dilihat dari segi fungsinya sama seperti harddisk internal yaitu untuk menyimpan data. Dan perbedaanya, harddisk eksternal berbentuk portable sehingga mudah dibawa ke mana – mana. Hardisk eksternal bisa digunakan kapan saja, kita hanya menghubungkan harddisk ini menggunakan kabel USB pada komputer atau laptop dan kapasitasnya lebih besar daripada harddisk internal. Sementara itu, untuk kelemahan harddisk eksternal ini adalah harganya relatif lebih mahal, mudah terserang virus, mudah rusak serta cepat panas.

Lalu, bagaimana memilih harddisk?

1. Kapasitas yang Dibutuhkan

Pastikan kamu mengetahui berapa besar dokumen yang nantinya akan tersimpan dalam harddisk eksternal. Jika hendak menyimpan dokumen teks, maka kapasitas megabyte ( MB ) atau gigabyte ( GB ) masih cukup memadai. Namun, jika data yang disimpan berupa gambar resolusi tinggi, musik, dan video, maka harddisk dengan kapasitas penyimpanan terabyte (TB) layak dipertimbangkan. Ukuran kapasitas penyimpanan juga akan memengaruhi seberapa banyak data dapat tersimpan dalam harddisk.

2. Kompatibilitas

Pastikan harddisk yang hendak dibeli kompatibel dengan program yang kamu gunakan sehari – hari. Meskipun pada dasarnya seluruh harddisk bisa diformat ulang untuk bekerja dengan semua jenis komputer, namun ada beberapa yang hanya kompatibel dengan Mac atau Windows saja. Jika hendak memformat harddisk, pastikan semua file di dalamnya telah terhapus atau telah tersimpat di tempat yang aman.

3. Konektivitas

Setidaknya ada 5 cara untuk menghubungkan harddisk eksternal ke komputer yakni USB, SATA, FireWire, eSATA, dan Wireless. USB adalah jenis sambungan yang paling umum. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu menancapkan hard disk, lalu komputer langsung mengenali dan membaca serta menyimpan file dalam seketika. Dan FireWire dengan jenis plug-and-play sebagaimana USB, saat ini tipe FireWire 800 jauh lebih cepat untuk transfer file video untuk produksi.

SATA merupakan sambungan standar untuk hard disk internal yang menghadirkan kecepatan transfer file paling tinggi untuk format apa pun. eSATA merupakan sambungan yang tidak terlalu umum namun memiliki kinerja yang tinggi dan biasanya ditemukan di PC dengan kecepatan yang hampir sama dengan hardisk internal. Koneksi wireless tidak membutuhkan kabel bisa digunakan pada perangkat smartphone dan tablet selain notebook dan PC.

4. Kecepatan Transfer Data

Saat kamu membuka data, mendengarkan lagu atau menonton video yang tersimpan dalam harddisk eksternal, maka piringan yang ada di dalamnya akan berputar. Semakin cepat piringan itu berputar, maka semakin cepat pula komputer bisa menemukan file yang dicari.

5. Lebih baik harddisk internal atau eksternal?

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Harddisk internal yang seperti laptop SSHD harus diinstal secara fisik sampai – samapai agak merepotkan karena harus membuka casing laptop atau komputer. Kelebihan lain harddisk internal adalah menyediakan penyimpanan internal dengan kecepatan tertinggi.

Sementara harddisk eksternal memberikan kamu penyimpanan dengan fleksibilitas yang lebih besar dan tersedia kapan pun kamu membutuhkannya. Kemudahannya untuk terhubung dengan komputer melalui pilihan kabel yang tersedia memungkinkan kamu mengakses data kapan pun tanpa harus direpotkan dengan masalah teknis.

Leave a Reply

Send this to a friend