Begini Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop Tanpa Ribet!

Saat membeli HP, ada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan selain harga. Salah satunya adalah tujuan dibelinya HP tersebut selain untuk berkomunikasi.

Jika nantinya HP tersebut juga akan digunakan untuk sering mengambil foto, maka yang menjadi incaran tentunya adalah HP dengan kamera yang mumpuni. Dan karena ukuran file foto cenderung besar, maka kapasitas penyimpanan internal juga merupakan faktor penting lainnya yang tidak boleh diabaikan.

Menggunakan kartu microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan di HP memang bisa, dan bahkan ada kartu microSD yang kapasitasnya hingga 1 TB, tapi tetap lebih nyaman jika HP yang anda miliki sudah menyediakan kapasitas penyimpanan internal yang cukup besar. Mengapa demikian? Pada intinya, jawabannya adalah untuk mendapatkan performa terbaik. Salah satu solusi untuk mengatasi ruang penyimpanan memori internal yang semakin kecil, maka anda bisa memindahkan file-file dari HP ke laptop.

Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop

1. Terlebih dahulu anda perlu menginstall aplikasi WiFi FTP Server di Playstore.

Memindahkan File dari HP ke Laptop 1

2. Setelah melakukan instalasi aplikasi tersebut, buka aplikasinya dan pilih Start.

cara memindahkan file dari HP ke laptop

3. Sesudah klik Start, maka FTP Server di HP anda sudah berjalan. Yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah Server URL => ftp://192.168.1.5:2221

Memindahkan File dari HP ke Laptop 3

4. Buka File Explorer (bisa menggunakan tombol Windows + E) kemudian masukkan Server URL seperti gambar dibawah ini.

Memindahkan File dari HP ke Laptop 4

5. Sekarang anda bisa mengakses semua file yang ada di HP anda dan bisa memindahkannya dengan mudah di laptop anda.

tutorial cara memindahkan file dari HP ke laptop

Info Tambahan

Mungkin di antara anda sudah ada yang tahu bahwa untuk kartu microSD yang digunakan pada HP Android yang masih belum menggunakan Marshmallow, tidak semua jenis data bisa disimpan di dalamnya.

Meskipun masalah tersebut kemudian dapat diatasi oleh Google dengan merilis sebuah fitur yang bernama Adoptable Storage di dalam Android Marshmallow, kecepatan baca dan tulis pada internal storage tetap lebih baik daripada kartu microSD. Itulah sebabnya kenapa internal storage tetap harus lebih diutamakan daripada external storage.

Tetapi, tak peduli seberapa pun besarnya kapasitas penyimpanan di dalam HP, suatu saat media penyimpanan tersebut pasti akan penuh sehingga anda harus memindahkan sebagian file ke lokasi lain, misalnya ke harddisk laptop. Kapasitas harddisk pada umumnya lebih besar daripada kapasitas kartu microSD sehingga bisa menampung jauh lebih banyak file. Mengelola file dan folder di laptop pun juga pastinya lebih nyaman daripada mengelola file di HP.

Penutup

Itulah cara memindahkan file dari HP ke laptop dengan mudah. Anda tidak harus menunggu sampai kapasitas penyimpanan HP penuh untuk memindahkan file dari HP ke laptop. Pemindahan file bisa anda lakukan setiap hari secara rutin apabila anda selalu menggunakan HP untuk melakukan berbagai aktivitas seperti mengambil foto, merekam video, mengunduh file dari internet, menginstall aplikasi dan berbagi file dengan teman. Dengan memindahkan file secara teratur, HP anda akan selalu siap untuk menampung file sebanyak mungkin.

File-file yang dipindahkan pun sebaiknya dikelola dengan baik. File yang penting dibackup, file yang jarang dibuka dikompres, file yang kurang penting bisa dipindahkan sepenuhnya ke cloud agar ruang harddisk tetap lapang, dan sebagainya.

Untuk pengelolaan file, Total Commander atau Q-Dir merupakan software yang dapat anda andalkan untuk mengganti File Explorer. Sedangkan untuk kompres file, tersedia Winrar, 7-Zip dan Bandizip. Kelima software tersebut sudah digunakan secara luas dan masih aktif dikembangkan oleh developer-nya, terutama Q-Dir yang bahkan bisa mencapai beberapa versi baru dalam satu bulan.

Leave a Reply

Send this to a friend