Silakan Dicoba! 6 Cara Cek Nomor Rekening BNI Sendiri dengan Mudah & Cepat

Bank merupakan solusi dalam mengelola atau memanajemen keuangan baik secara perorarangan ataupun kelompok seperti menabung/menyimpan uang, transfer uang, deposito, dan yang lainnya. Singkatnya, perbankan berfungsi sebagai penghimpun, penyalur dan pelayan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang di masyarakat. Selain itu, dengan adanya rekening bank, kita dapat melihat catatan transaksi keuangan yang sudah kita lakukan. Dengan begitu, kita dapat melakukan perencanaan keuangan guna menjaga kondisi keuangan tetap stabil.

Guna memudahkan para nasabah dalam bertransaksi, bank menyediakan beberapa layanan seperti  SMS banking, internet banking, dan mobile banking. Melalui layanan tersebut, Anda dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja tanpa harus mendatangi ATM atau kantor cabang bank terdekat. Cukup dengan handphone dan internet/pulsa, Anda bisa bertransaksi tanpa dibatasi waktu (24 jam).

Untuk setiap transaksi yang dilakukan, kita menggunakan nomor rekening. Nomor rekening bersifat unik artinya setiap orang memiliki rekening berbeda (tidak sama). Contohnya, jika seseorang ingin mentransfer sejumlah uang pada Anda maka dia harus mengetahui nomor rekening bank Anda. Jadi, Anda harus mengetahui berapa nomor rekening Anda. Sebaiknya, Anda mengingat nomor rekening Anda tetapi jika Anda tidak mengingatnya Anda masih dapat mengecek nomor rekening Anda melalui berbagai cara.

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan 4 cara cek nomor rekening BNI anda sendiri dengan mudah. Untuk informasi lebih lanjut, mari simak penjelasan dibawah ini.

Cara Cek Nomor Rekening BNI

Ada beberapa cara untuk mengecek nomor rekening BNI. Perhatikan beberapa cara yang akan saya jelaskan dibawah ini.

1. E-Statement

Apa itu e-statement? E-Statement merupakan jenis laporan mutasi transaksi rekening bulanan yang dikirimkan ke alamat email Nasabah terdaftar pada akhir bulan. Nah, pada e-statement BNI, Anda dapat melihat nomor rekening Anda di bagian kanan atas e-statement seperti yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini.

e-Statement

2. Bukti Transfer M-Banking

Saat, Anda mentransfer sejumlah uang melalui m-banking BNI dan transaksi Anda berhasil maka pada bukti transfer Anda di m-banking, Anda dapat melihat nomor rekening Anda pada bagian Nomor Rekening Pengirim seperti yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini.

cara cek no rekening bni

3. Buku Tabungan

Selain kedua cara cek nomor rekening BNI diatas, Anda juga dapat melihat nomor rekening BNI Anda melalui buku tabungan. Buku tabungan adalah buku yang dikeluarkan oleh bank yang berisi jumlah simpanan nasabah pada rekening tabungan berikut dengan transaksi yang dilakukan.

Jika Anda membuka buku tabungan BNI Anda maka Anda dapat melihat nomor rekening pada bagian No. Rekening seperti yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini.

Buku Tabungan

4. Internet Banking

Untuk memudahkan para nasabah dalam bertransaksi, BNI meluncurkan layanan internet banking (i-banking) yang merupakan salah satu layanan unggulan untuk memudahkan nasabah bertransaksi yang dapat diakses melalui telepon seluler dengan menggunakan jaringan internet yang aman dan nyaman kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Jika Anda membuka menu Saldo Rekening maka Anda dapat melihat nomor rekening Anda pada bagian Nomor Rekening seperti yang ditandai oleh kotak merah pada gambar dibawah ini.

cara cek nomor rekening bni

5. Mobile Banking

Selain i-banking, BNI juga menyediakan layanan Mobile Banking (m-banking). Dengan m-banking, Anda dapat bertransaksi langsung melalui ponsel. Caranya adalah denganmengunduh aplikasinya di ponsel Anda melalui google play. Karena berupa aplikasi mobile, m-banking hanya bisa digunakan via ponsel.

Jika Anda membuka aplikas m-banking BNI Anda maka Anda dapat melihat nomor rekening pada bagian yang ditandai oleh kotak kuning pada gambar dibawah ini (berada tepat disebelah kanan Saldo Anda).

cara cek nomor rekening bni

6. Mendatangi Kantor Bank BNI Terdekat

Jika buku tabungan Anda hilang, Anda tidak memiliki e-statement, tidak ada bukti transaksi/transfer, tidak memiliki internet banking (tidak mengerti bagaimana cara registrasi i-banking melalui ATM), tidak memiliki mobile banking (m-banking) ataupun yang lainnya. Anda bisa langsung mendatangi kantor bank BNI terdekat untuk informasi lebih lanjut mengenai nomor rekening Anda. Bawalah KTP asli atau kartu keluarga asli untuk proses validasi data Anda.

Sekian pembahasan tentang cara mengecek nomor rekening BNI dengan mudah dan cepat. Baiklah, semoga pembahasan yang telah dijelaskan diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend