Cara Install PowerShell 7 di Windows 10

Tutorial Cara Install PowerShell 7 di Windows 10 untuk Pemula

PowerShell merupakan solusi otomatisasi tugas lintas platform yang terdiri dari shell baris perintah, bahasa skrip, dan kerangka kerja manajemen konfigurasi. Saat ini PowerShell yang diluncurkan oleh Microsft sudah merilis hingga veri 7.1.4.

PowerShell versi terbaru ini tentunya menghadirkan fitur-fitur baru seperti sejumlah operator baru, pipeline parallelization, dan simplified and dynamic error view. Selain itu, tentunya Microsoft juga memberikan PowerShell beberapa perbaikan.

Cara Install PowerShell 7 di Windows 10

PowerShell versi 7 ini tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux dan macOS. Saat ini sudah banyak yang mengunduh dan menginstall Powershell 7 ini karena proses unduh dan installnya yang sangat mudah. Namun, mungkin ada beberapa orang yang masih bingung bagaimana cara mendapatkan file download Powershell 7 dan cara menginstalnya.

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan bagaimana cara mengunduh dan menginstal Powershell 7 di Windows 10. Jadi, artikel ini sangat tepat bagi Anda pengguna windows 10 yang tertarik untuk mencoba Powershell 7 versi terbaru ini. Langsung saja, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini sampai selesai.

1. Langkah pertama, silakan Anda buka web browser di PC ataupun laptop Anda, baik itu mozilla firefox, opera browser, ataupun google chrome. Dan pastikan PC ataupun laptop Anda sudah terhubung dengan koneksi internet yang stabil.

2. Lalu, silakan Anda buka halaman Powershell di Github. Atau Anda bisa mengetikkan link seperti gambar di bawah ini. Atau Anda juga bisa langsung klik link disini.

link github

3. Kemudian, silakan Anda scroll ke bawah dan temukan menu Assests. Kemudian, silakan Anda klik antara PowerShell-7.1.4-win-x64.msi atau PowerShell-7.1.4-win-x86.msi untuk langsung mulai mengunduhnya. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Silakan Anda sesuaikan dengan arsitektur sistem operasi yang Anda miliki.

Cara Install PowerShell 7 di Windows 10

4. Tunggu beberapa saat sampai proses unduh selesai.

5. Jika sudah selesai, silakan Anda klik pada file .msi yang sudah Anda unduh tersebut. Kemudian, silakan Anda klik Run. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik run

6. Kemudian, silakan Anda klik Next. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik next

7. Lalu, silakan Anda tentukan di mana lokasi folder Powershell nantinya setelah di instal. Jika sudah Anda tentukan, silakan Anda klik Next. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Install PowerShell 7 di Windows 10 Mudah

8. Lalu, Anda akan masuk ke menu Optional Actions. Akan ada sejumlah fitur yang bisa Anda aktifkan, seperti Add PowerShell to Path Environment Variable, Register Windows Event Logging Manifest, Enable PowerShell Remoting dan Add ‘Open here’ Context Menus to Explorer, dan Add ‘Run with powershell 7’ context menu for Powershell files. Anda dapat memilih untuk mengaktifkan semua fitur atau hanya sebagian saja.

Setelah memilih mana yang ingin diaktifkan, selanjutnya silakan Anda klik Next. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik next

9. Lalu, silakan Anda klik Install. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Install PowerShell 7 di Windows 10

10. Selesai. Silakan Anda tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana cara mengunduh serta menginstal Powershell 7 di Windows 10 dengan sangat mudah. Ternyata langkah-langkahnya tidak sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu mengunjungi situs web github dari Powershell, lalu mengunduhnya, dan klik dua kali untuk menginstalnya. Bagaimana, langkah-langkahnya sangat mudah kan?

Ini dia beberapa sistem operasi yang didukung oleh Powershell:

  • Windows 7, 8.1, and 10
  • Windows Server 2008 R2, 2012, 2012 R2, 2016, and 2019
  • macOS 10.13+
  • Red Hat Enterprise Linux (RHEL) / CentOS 7+
  • Fedora 29+
  • Debian 9+
  • Ubuntu 16.04+
  • openSUSE 15+
  • Alpine Linux 3.8+

Selain itu, juga mendukung ARM32 dan ARM64 dari Debian dan Ubuntu, serta ARM64 Alpine Linux. Jadi, pastikan terlebih dahulu sistem operasi yang sedang Anda gunakan sebelum menginstal Powershell 7.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend