Cara Install React Native di Windows di Windows 10

Panduan Cara Install React Native di Windows 10 untuk Pemula

Panduan cara menginstall react native di windows beserta cara konfigurasinya di Android Studio. Lengkap untuk pemula.

Bagi Anda seorang developer aplikasi mobile, pasti pernah merasakan kesulitan ketika ingin mengembangkan aplikasi Android maupun iOS. Karena banyak kode-kode khusus yang harus kita hapal dan juga kita buat ketika akan membuat aplikasi-aplikasi tersebut.

Pengerjaan aplikasi mobile dengan aplikasi dekstop sedikit berbeda. Sehingga kita harus lebih mendalami ilmu apabila ingin membuat aplikasi mobile.

Tetapi kini kita tidak perlu khawatir lagi karena sudah terdapat sebuah framework yang mampu mengatasi kerumitan yang ada. Framework tersebut disebut juga dengan React Native.

React Native ini merupakan sebuah framework yang disusun menggunakan Javascript dan telah banyak dikembangkan oleh banyak perusahaan, bahkan perusahaan besar seperti Facebook. Sehingga Anda tidak perlu untuk membuat aplikasi hybrid lagi.

Cara Install React Native di Windows 10

React Native juga memiliki manfaat yang dapat kita rasakan seperti lebih cepat dalam mengerjakan aplikasi, lebih efisien dan juga sudah banyak template yang dapat Anda gunakan.

Tidak hanya itu, React Native sangat cocok untuk Anda apabila ingin membangun startup. Karena sangat mudah untuk diprogram dan proses pembuatannya dapat lintas platform.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan framework React Native, maka Anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah dalam menginstall React Native di Windows 10.

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan membuka Command Prompt terlebih dahulu. Ketikkan command prompt pada mesin pencari Windows, lalu klik kanan pada aplikasi tersebut dan klik menu Run as Administrator.

react native

2. Untuk menginstall react native, kita harus menginstall chocolatey terlebih dahulu. Lalu ketikkan perintah seperti pada gambar dibawah ini. Atau Anda dapat copy paste pada laman chocolatey yang berada pada bagian Chocolatey Install. Klik disini untuk masuk ke laman chocolatey. Kemudian klik Enter.

Cara Install React Native di Windows 10

3. Tunggulah beberapa saat sampai proses selesai. Kemudian ketikkan perintah choco install -y nodejs.install openjdk. Kemudian klik Enter. Perintah tersebut merupakan perintah untuk menginstall nodejs dan JDK.

https://chocolatey.org/install

4. Kemudian Anda harus download python. Klik perintah choco install -y python2. Kemudian klik Enter.

react native

5. Selanjutnya kita harus membuka aplikasi Android studio. Jika Anda belum menginstallnya, maka disarankan untuk menginstall aplikasi Android Studio terlebih dahulu. Bukalah aplikasi Android Studio.

Cara Menginstall React Native di Windows 10

6. Pada tampilan awal Android Studio, klik menu Configure.

react native

7. Maka akan muncul berbagai menu. Klik menu SDK Manager.

react native

8. Kemudian klik menu SDK Platforms seperti pada gambar dibawah ini. Lalu berilah tanda centang pada bagian Android dengan level API 29.

Cara Install React Native di Windows 10 dan Konfigurasinya

9. Kemudian klik menu SDK Tools. Dan berilah tanda centang pada bagian Show Package Details untuk kita bisa melihat detail dari package yang ditampilkan. Lalu klik tombol OK.

react native

10. Lalu klik button OK.

react native

11. Maka Anda akan dialihkan ke bagian License Agreement. Klik opsi Accept dan klik tombol Next.

react native

12. Tunggulah sampai proses downloading selesai. DIsini Anda harus menggunakan koneksi internet yang cepat karena biasanya besaran ukuran download besar.

react native

13. Apabila sudah selesai mendownload, maka klik button Finish.

react native

14. Selanjutnya kita harus masuk ke menu Environtment variable. Bukalah tools Control Panel. Kemudian klik menu User Accounts.

react native

15. Lalu klik menu User Accounts lagi.

react native

16. Didalam menu tersebut, klik menu Change my environtment variables.

react native

17. Klik menu New lalu akan muncul kotak New User Variable. Ketikkan variable namenya menjadi ANDROID_HOME. dan pada bagian variable value, masukkan alamat folder SDK. Kemudian klik OK.

react native

18. Nah kemudian carilah nama variable path dan klik Edit.

react native

19. Lalu klik menu New.

react native

20. Ketikkan alamat folder platform-tools. Kemudian klik OK.

react native

21. Kemudian bukalah kembali command prompt dan ketikkan perintah npm install -g react-native-cli. Tunggulah sampai proses installasi react native selesai. Maka Anda dapat menggunakan react native.

react native

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai cara menginstall React Native. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat aplikasi dekstop maupun aplikasi Android dengan mudah.

Leave a Reply

Send this to a friend