cara main PS1 di PC/laptop.

Panduan Cara Main PS1 di PC / Laptop untuk Pemula, Yuk Dicoba!

NESABAMEDIA.COM – Playstation merupakan sebuah konsol game banyak menarik minat para penggunanya dari dulu hingga sekarang. Seiring berjalannya waktu, Playstation atau yang sering disingkat dengan PS akan terus mengalami perkembangan. Masih ingatkah Anda pada tahun 2000-an banyak orang-orang yang menggandrungi PS1?

Permainan didalam PS1 yang terkenal yaitu seperti harvest moon, Gundam Battle assault, grandia dan lain sebagainya. Apabila Anda ingin memainkan game PS1 tersebut, Anda tidak perlu khawatir lagi karena Anda dapat mengikuti cara main PS1 di PC / Laptop.

Dengan begitu, Anda dapat dengan puas untuk mencoba dan memainkan game lagendaris PS1 yang terkenal seperti Harvest moon. Bernostalgia dengan permainan yang ada di PS1 sepuas-puasnya. Tetapi sebelum itu, Anda juga harus mendownload emulator, game, dan tools lainnya untuk dapat memainkannya di komputer atau laptop Anda.

Cara Main PS1 di PC / Laptop untuk Pemula

Jauh sebelum adanya game online seperti sekarang ini, anak-anak hingga orang dewasa dahulunya sering bermin game konsol yang dinamakan Playstation 1. Playstation merupakan sebuah game konsol yang dikembangkan oleh perusahaan Sony pada era 1990-an. Game ini menarik banyak peminat pengguna karena permainannya yang simple dan penuh intrik. Sehingga anak-anak hingga orang dewasa sangat senang untuk memainkannya.

Playstation juga terus bertumbuh dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Saat ini saja, Playstation sudah mengeluarkan seri konsol gamenya mulai dari playstation 1 sampai dengan playstation 4. Dan Sony saat ini juga akan merencanakan untuk mengeluarkan seri terbaru dari konsol gamenya yaitu Playstation 5 dalam waktu dekat.

Kualitas grafis dan macam-macam permainan dari berbagai seri playstation tersebut juga mengalami perkembangan yang signifikan. Dapat Anda lihat dari permainan playstation terbaru seperti saat ini seringkali memiliki permainan dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Berbeda dengan playstation 1 yang masih sederhana. Apabila Anda mulai bosan ketika memainkan permainan PS terbaru, maka Anda dapat memainkan permainan PS1 di komputer Anda. Berikut cara main PS1 di PC/laptop.

Cara Main PS1 di PC / Laptop

Untuk dapat memainkan game PS1 di PC/laptop, kita harus mendownload emulator, game dan file game yang formatnya ISO. Berikut saya sertakan link download ketiga file tersebut.

1. Apabila Anda sudah mendownload ketiga file diatas. Maka ekstraklah file emulator dan file Game PS1 yang akan Anda mainkan. Setelah itu buatlah dua folder yang bernama Emulator PS1 dan List Game PS1. Pindahkan file emulator dan Bios PS1 ke folder Emulator PS1. Dan pindahkan file Game PS1 ke folder List Game PS1. Perlu diingat bahwa, folder yang masih dalam arsip rar harus diekstrak terlebih dahulu.

PS!

2. Bukalah folder Emolator PS1. Klik file ePSX.exe.

Cara Main PS1 di PC / Laptop

3. Setelah itu maka aplikasi emulator PS1 akan muncul dan klik menu Config > Plugins > Video.

PS1

4. Pada bagian select main video Plugin, pilih Pete’s OpenGL2 GPU core 2.0.0. Setelah klik button Configure.

PS1

5. Sesuaikan pada bagian Fillscreenmode pilih 1360 x 768 dan Color depth 32 bit. Pada bagian internal x dan internal y resolution, Anda dapat memilih sesuai dengan keadaan PC Anda. Disini saya memilih untuk resolusi Very high dan ultra high. Pada bagian Framerate, klik centang pada pilihan Use FPS Limit dan Auto-detect FPS/Frame skipping limit. Lalu klik OK.

Cara Main PS1 di PC Windows

6. Selanjutnya Anda akan kembali masuk ke window Config Video, klik OK.

PS1

7. Klik menu Config kembali, lalu pilih menu Bios.

PS1

8. Klik Select Pada window config bios.

PS1

9. Masuk ke dalam folder Emulator PS1, lalu masuk lagi ke folder bios. Klik pada file bios yang telah kita download sebelumnya yang berekstensi .bin.

PS1

10. Klik OK pada Window Config Bios.

PS1

11. Selanjutnya masuk ke menu Config lagi dan klik menu GamePads, kemudian pilih Port 1 dan klik Pad 1.

Cara Main PS1 di PC / Laptop Tanpa Emulator

12. Pilih menjadi keyboard lalu Anda dapat mengubah pengaturan pada control permainan sesuai dengan keinginan Anda. lalu klik Ok.

PS1

13. Selanjutnya masuk ke menu File dan klik Run ISO.

PS1

14. Untuk memainkan game yang sudah Anda pilih, maka masuk ke folder List Game PS1, kemudian pilih file yang berekstensi .bin didalamnya.

PS1

15. Nah, sekarang Anda dapat memainkan game PS1 di komputer atau laptop Anda.

PS1

Nah, itulah bagaimana tutorial atau cara main PS1 di PC / laptop. Anda dapat mencobanya dengan sangat mudah. Karena saya telah menyertakan link download dari file yang dibutuhkan untuk memainkan game PS1 di PC Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend