5 Cara Membersihkan Earphone yang Kotor yang Terbukti Ampuh!

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik ? pasti kita semua menyukai musik. Karena musik dapat membuat pikiran kita rileks, maka dari itu musik selalu menjadi teman ketika kita sedang mengerjakan tugas atau bekerja.

Dan ketika kita ingin mendengarkan musik, kita pasti sering membawa benda mungil yang sangat berguna ini. Ya, Earphone. Earphone menjadi pilihan masyarakat untuk menjadi pendamping mereka mendengarkan musik maupun ketika videocall dan bermain game, agar suara yang dihasilkan menjadi lebih jelas dan tidak mengganggu orang-orang di sekitar kita.

Earphone memiliki ukuran yang kecil dan praktis untuk dibawa-bawa, dan cocok dengan semua device seperti laptop, handphone, pemutar mp3 dan ipad.

Tetapi perlu diingat bahwa menggunakan earphone terlalu lama akan berdampak buruk untuk kesehatan telinga. Untuk menjaga kesehatan telinga, sebaiknya kamu menggunakan earphone kurang dari 4 jam dalam sehari.

Mengapa begitu ? karena earphone rentan terserang kuman, dan menggunakan earphone terlalu sering akan menyebabkan kotoran menempel di earpohone tanpa kita sadari.

Cara Membersihkan Earphone yang Kotor

Maka dari itu kita harus rajin untuk membersihkan earphone yang kotor. Bagian yang harus dibersihkan adalah bagian kepala dan kabel dari earphone. Membersihkannya cukup gampang, kamu hanya perlu mengikuti 5 cara membersihkan earphone yang kotor dibawah ini :

1. Membersihkan Earphone menggunakan Sikat Gigi

cara membersihkan earphone yang kotor

Image : BrightSide

Membersihkan earphone yang kotor yang pertama yaitu kamu bisa menggunakan sikat gigi. Kamu dapat membersihkan lubang-lubang pada earphone tersebut dalam posisi sikat gigi yang sedikit ke bawah.

Sedikit tips untuk kamu ketika sedang membersihkan earphone menggunakan cara ini yaitu kamu harus menyiapkan selembar kertas sebagai alas untuk menampung kotoran-kotoran yang mungkin akan berjatuhan.

Selain untuk membersihkan pada bagian kepala, kamu juga dapat menggunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian kabel padaearphone. Kamu harus menggunakan pasta gigi untuk dapat membersihkan bagian kabelnya.

Lalu kamu dapat mengoleskan pasta gigi tersebut ke bagian kabel earphone agar kabel terlihat lebih bersih dan cerah.

2. Membersihkan Earphone Menggunakan Cairan Disinfektan

cara membersihkan earphone yang kotor

Image : BP Guide

Cara yang kedua yaitu kamu dapat menggunakan cairan Disinfektan untuk membersihkan earphone. Dan sedikit informasi cairan Disinfektan adalah zat kimia yang dapat membunuh mikrooganisme pada benda-benda mati, seperti perabotan rumah tangga.

Cairan Disinfektan ini kegunaannya hampir sama dengan antiseptic, tetapi yang membedakannya yaitu antiseptic digunakan pada kulit atau jaringan tisu manusia sedangkan Disinfektan hanya pada benda-benda mati saja.

Apabila earphone tidak dibersihkan jika sudah kotor, maka pada earphone tersebut banyak bakteri apalagi jika earphone telah dipakai oleh beberapa orang.  Jadi secara sederhananya cairan Disinfektan ini bertujuan untuk membunuh bakteri-bakteri yang terdapat pada earphone, dan menjegah infeksi pada telinga.

Kamu dapat menggunakan cairan ini dengan mencampur air hangat. Persentase pencampurannya yaitu 30% cairan Disinfektan dan 70% air hangat. Jadi tidak 100% dibersihkan menggunakan cairan Disinfektan.

Kemudian kamu dapat menggunakan kain microfiber pada campuran air dan cairan Disinfektan tadi. Dan kamu dapat mengelap bagian kepala dari earphone secara perlahan dan hati-hati, jangan sampai air tersebut masuk ke dalam lubang earphone. Kamu juga harus membersihkan bagian kabelnya sampai mengilap.

3. Membersihkan Earphone Menggunakan Cutton Buds

cara membersihkan earphone yang kotor

Image : iMore

Cara yang ketiga ini juga sangat mudah, kamu hanya memerlukan cutton buds untuk membersihkan bagian earphone. Untuk membersihkannya secara maksimal, kamu harus menghilangkan kotoran yang menempel pada sela-sela dari lubangearphone.

Dan kamu dapat mengkombinasikan pembersihan ini dengan menggunakan tusuk gigi. Tusuk gigi ini berguna untuk mengeluarkan kotoran yang menutupi lubang-lubang pada headset. Sehingga earphone tersebut menjadi bersih dan lebih nyaman ketika dipakai.

4. Membersihkan Earphone Menggunakan Minyak Kayu Putih

Menggunakan minyak kayu putih

Image : caraBuas

Pasti kamu pernah memiliki earphone yang berwarna putih yang lama kelamaan akan menguning, kan  ? jika kamu memiliki earphone yang sudah menguning, jangan dibuang.

Karena dengan cara ini kita dapat membersihkan bagian yang menguning pada earphone sedikit lebih cerah, walaupun tidak sepenuhnya bisa kembali ke warna seperti pertama kali kamu membeli.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membersihkannya menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih memang cukup ampuh untuk mengangkat kotoran yang menempel pada kabel earphone.

Langkah-langkahnya yaitu kamu cukup menyiapkan kapas yang sudah di beri minyak kayu putih tersebut dan kamu hanya tinggal menggosok pada bagian kabel yang terlihat kotor.

Kamu bisa melakukan hal ini sampai kabel terlihat sedikit mendingan daripada sebelumnya.

5. Membersihkan Earphone menggunakan Baby Oil

baby oil

Image : Youtube

Selain mencegah dehidrasi pada kulit, untuk mencegah terjadinya elergi, dan kerusakan kulit pada bayi, ternyata baby oil juga memiliki manfaat untuk membersihkan earphone yang kotor, lho.

Cara ini dapat kamu lakukan jika kamu tidak tahan dengan bau yang dikeluarkan dari minyak kayu putih. Sama seperti minyak kayu putih, baby oil juga dapat membersihkan kotoran yang menempel pada kabel earphone.

Kamu dapat membersihkan earphone menggunakan baby oil dan cutton buds. Langkah-langkahnya yaitu kamu dapat menuangkan baby oil pada suatu wadah kecil dan mencelupkan cutton buds pada baby oil. Selanjutnya kamu dapat membersihkan earphone dengan cara mengoleskan cutton buds tersebut pada earphone.

Dan setelah terlihat bersih, kamu dapat mengelapnya kembali menggunakan tissue. Kamu juga bisa membersihkan kabel earphone menggunakan tissue yang sudah di tetesi dengan baby oil.

Hal ini terbukti ampuh untuk membersihkan earphone secara instan.

Itulah 10 macam cara membersihkan earphone yang kotor dengan mudah. Kamu dapat mempraktekkan cara ini di rumah dan lihatlah hasilnya. Dan ingat untuk merawat dan membersihkan earphone secara berkala agar menjaga keawetan pada earphone dan sekaligus menjaga kesehatan kalian, ya.

Leave a Reply

Send this to a friend