Cara Membuat Logo di Microsoft Word

Tutorial Cara Membuat Logo di Microsoft Word untuk Pemula

Logo merupakan sebuah elemen yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, bisnis, dan lain sebagainya. Maka dari itu, para pengusaha atau pebisnis rela menghabiskan banyak uang untuk membuat logo yang pas dan sesuai dengan keinginan perusahaan. Karena logo dapat memberi tahu klien atau pelanggan secara ringkas tentang bisnis atau perusahaan yang sedang Anda bangun.

Cara Membuat Logo di Microsoft Word

Namun, jika Anda baru memulai bisnis mungkin sangat berat untuk membuat logo dengan orang yang profesional. Tenang saja, Anda bisa kok membuat logo Anda sendiri tanpa mengeluarkan uang yang banyak yaitu dengan menggunakan aplikasi yang sudah ada di PC atau laptop Anda tanpa harus membeli tools lainnya. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat logo menggunakan Word.

1. Pertama, pastikan Anda sudah memiliki desain atau sketsa dari logo yang akan Anda buat.

2. Lalu, silakan Anda buka aplikasi Microsoft Word di PC ataupun laptop Anda.

3. Langkah pertama adalah aktifkan Gridlines terlebih dahulu agar memudahkan Anda dalam membuat logo yang presisi. Caranya silakan Anda klik tab menu View yang ada di bagian atas. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik view

4. Lalu, pada kategori Show silakan Anda centang Gridlines. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik gridlines

5. Nah, maka gridlines akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Logo di Microsoft Word

6. Lalu, langkah selanjutnya adalah membuat bentuk dasar pada logo Anda. Biasanya logo berbentuk bulat. Caranya silakan Anda klik tab menu Insert pada bagian atas. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik insert

7. Lalu, pilih Shapes kemudian silakan Anda pilih bentuk yang sesuai dengan bentuk dasar logo Anda. Seperti contoh pada gambar di bawah ini.

klik shapes

8. Nah, contoh dasarnya seperti gambar di bawah ini. Lalu, jika Anda ingin memodifikasinya seperti warna, garis pinggir, dan efek lainnya, silakan Anda klik Shape Fill, Shape Outline, atau Shape Effects yang ada di kategori Shape Styles. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Logo di Microsoft Word Terbaru

9. Disini contohnya akan membuat outline menjadi tebal, maka silakan Anda klik Weight dan tentukan seberapa tebal outline yang sesuai dengan logo yang akan Anda bentuk. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik weight

10. Nah, contoh hasilnya seperti gambar di bawah ini.

contoh

11. Lalu, langkah berikutnya adalah memasukkan teks pada logo. Caranya, silakan Anda klik tab menu Insert, kemudian silakan Anda klik ikon WordArt yang berada di kategori Text seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik wordArt

12. Lalu, silakan Anda pilih model teks mana yang ingin Anda gunakan.

klik wordArt

13. Nah, silakan Anda masukkan tulisan yang Anda inginkan.

klik wordArt

14. Jika sudah memasukkan teks, Anda bisa mengubah stylenya mengikuti bentuk dasar logo. Misalnya disini saya ingin membuatnya menjadi setengah lingkaran, maka pertama silakan Anda klik Text Effect yang berada di tab menu Format. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik text effect

15. Lalu, untuk mengubah bentuknya silakan Anda pilih Transform, kemudian silakan Anda tentukan bentuk seperti apa yang Anda inginkan.

Cara Membuat Logo di Microsoft Word

16. Lalu, silakan Anda atur posisi dan letak yang sesuai dengan keinginan. Jika ingin memasukkan teks lagi silakan ulangi langkah sebelumnya.

17. Nah, lalu jika Anda ingin memasukkan gambar atau ikon silakan Anda klik tab menu Insert. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik insert

18. Lalu, pilih Pictures dan pilih This Device. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Jika gambar atau ikon Anda belum tersimpan di PC atau laptop, Anda bisa memasukkannya secara online dengan mengklik pilihan Online Pictures.

klik pictures

19. Lalu, silakan pilih gambar atau ikon yang diinginkan, kemudian klik Insert. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik insert

20. Agar logo Anda tidak berantakan saat ingin menggesernya, Anda bisa menyatukannya dengan menggrupkannya. Caranya klik semua item yang ada, lalu klik kanan kemudian silakan klik Group dan pilih Group.

klik group

21. Selesai. Silakan Anda atur sedemikian rupa sampai bentuk hasil logo Anda sesuai dengan apa yang sudah Anda sketsakan sebelumnya. Selamat mencoba!

hasil

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana caranya membuat logo di Microsoft Word dengan mudah. Jadi, sekarang Anda tidak perlu mengunduh aplikasi editing yang cukup berat lagi, Anda hanya perlu Micorsoft Word untuk menyelesaikan logo buatan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih ๐Ÿ™‚

2 Comments

Leave a Reply

Send this to a friend