Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Foto Sendiri

Tutorial Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Foto Sendiri

Seperti yang Anda ketahui, WhatsApp memiliki fitur Stiker. Stiker ini dapat Anda gunakan untuk berkirim pesan dengan teman atau keluarga. Namun, stiker bawaan dari WhatsApp jenis dan jumlahnya hanya sedikit. Sehingga pilihan yang diberikan hanya itu-itu saja.

Cara Membuat Stiker WhatsApp

Jika Anda bosan menggunakan stiker itu-itu saja, Anda bisa membuat stiker Anda sendiri. Anda bisa membuat wajah Anda, pasangan, atau teman untuk menjahili mereka.

Namun, agar dapat membuat stiker dengan desain dan konsep Anda sendiri, Anda harus mengunduh aplikasi pihak ketiga. Aplikasi apakah itu? Dan bagaimana caranya? Langsung saja, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pertama, Anda diharuskan mengunduh aplikasi pihak ketiga yaitu Sticker.ly. Caranya, silakan Anda buka Google PlayStore di handphone Anda.

2. Lalu, silakan Anda cari aplikasi Sticker.ly. Seperti gambar di bawah ini. Silakan Anda install.

Cara Membuat Stiker WhatsApp

3. Tunggu beberapa saat sampai proses unduh selesai.

4. Jika sudah selesai, silakan Anda buka aplikasi tersebut. Pada halaman pertama, Anda disuruh memilih apakah ingin lanjut dengan menggunakan Facebook atau Google. Silakan Anda pilih antara keduanya, jika tidak ingin menggunakan akun apapun, Anda bisa mengklik Lewati yang berada di pojok kanan atas. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik lewati

5. Nah, maka Anda bisa melihat berbagai macam stiker WhatsApp yang bisa Anda terapkan di WhatsApp Anda. Stiker-stiker tersebut adalah stiker buatan orang. Anda juga bisa membuat stiker yang nantinya orang-orang bisa mengunduhnya. Jika Anda tertarik dengan stiker tersebut, silakan Anda klik Tambahkan. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik tambahkan

6. Lalu, silakan klik Add. Seperti pada gambar di bawah ini. Selesai, sekarang Anda bisa melihat stiker yang Anda unduh di WhatsApp Anda.

Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Foto Sendiri

7. Bukan hanya dapat mengunduh paket stiker yang ada di halaman utama, Anda juga bisa melihat stiker apa saja yang sedang tren melalui menu Trending. Seperti pada gambar di bawah ini.

trending

8. Lalu, untuk membuat stiker dengan konsep Anda sendiri, silakan Anda klik ikon profil. Kemudian, silakan Anda klik Pak Baru atau ikon tanda tambah yang ada di tengah. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik pak baru

9. Lalu, silakan Anda pilih bentuk stiker yang ingin Anda buat, apakah dalam bentuk animasi atau reguler. Jika Anda mengklik Animasi, maka stiker Anda bisa bergerak. Sedangkan Reguler, stiker Anda tidak bergerak hanya seperti foto saja. Sebagai contoh, artikel ini memilih bentuk Reguler.

klik reguler

10. Lalu, silakan Anda beri nama pada paket stiker dan masukkan nama pencipta. Lalu, jika Anda ingin orang-orang bisa mencari dan mengunduh stiker Anda, silakan Anda aktifkan togglenya seperti gambar di bawah ini. Jika tidak ingin, maka silakan Anda geser dan nonaktifkan. Kemudian, silakan Anda klik Buat. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

isi nama pak dan nama pencipta

11. Lalu, muncul pesan yang berisi jika Anda tidak ingin orang-orang menemukan stiker Anda silakan Anda matikan opsi izinkan pencarian. Silakan Anda klik Oke.

Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Mudah

12. Lalu, klik izinkan agar aplikasi dapat mengakses media dan foto di handphone Anda.

klik izinkan

13. Kemudian, untuk memasukkan stiker silakan Anda klik Tambahkan Stiker. Pastikan sebelum Anda mengklik ini, Anda sudah memiliki stiker yang siap di upload. Anda bisa mengedit stiker menggunakan aplikasi editing lainnya seperti PicsArt dan lain-lain. Dan Anda harus memiliki minimal 3 stiker agar bisa di upload dan ditambahkan ke WhatsApp.

klik tambah stiker

14. Lalu, silakan Anda pilih foto yang sudah Anda jadikan stiker.

15. Jika Anda belum sempat meng-edit foto yang akan dijadikan stiker, aplikasi Sticker.ly menyediakan beberapa menu yang bisa digunakan untuk meng-edit foto Anda tersebut. Misalnya, foto Anda masih ada background, maka Anda bisa menghapusnya dengan mengklik Otomatis atau Manual. Atau Anda ingin memotongnya, maka silakan klik Potong. Seperti pada gambar di bawah ini.

contoh stiker

16. Lalu, Anda juga bisa memasukkan Teks, Warna, dan juga Emoji. Silakan Anda kreasikan sesuai dengan keinginan Anda.

edit stiker

17. Jika sudah selesai di edit, silakan Anda klik Berikutnya. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik berikutnya

18. Kemudian, Anda bisa menambahkan hashtag yang sesuai dengan stiker Anda. Lalu, klik Simpan.

klik simpan

19. Nah, maka stiker Anda akan muncul seperti gambar di bawah ini.

20. Lalu, lakukan hal yang sama dengan stiker Anda lainnya. Contohnya seperti gambar di bawah ini. Lalu, silakan Anda klik Tambahkan ke WhatsApp.

tambahkan ke wa

21. Kemudian, klik Add untuk menambahkannya.

klik add

22. Selesai. Anda bisa membagikan tautan kepada teman-teman Anda untuk mengunduh stiker buatan Anda.

salin tautan

23. Anda sudah bisa melihat stiker buatan Anda di WhatsApp Anda sendiri.

contoh

24. Jika Anda ingin membuat stiker berbentuk Animasi, maka pada pilihan sebelumnya silakan Anda pilih Animasi dan ikuti langkah selanjutnya.

25. Selamat mencoba!

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana caranya membuat stiker WhatsApp dengan sangat mudah. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend