Begini Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store, Dijamin Berhasil!

Play Store merupakan toko aplikasi resmi dari Google untuk perangkat Android. Ada lebih dari 5 miliar konten berupa aplikasi, buku, game, film atau konten-konten lain yang bisa di unduh dengan aman. Ada yang bisa di dapatkan secara grati dan  juga berbayar.

Di setiap ponsel Android pasti terdapat aplikasi Google Play Store. Aplikasi ini keberadaannya cukup penting pada smarthpone Android.

Meski Google Play Store merupakan toko resmi yang sudah tidak diragukan lagi keamanannya, bukan berarti aplikasi ini tidak memiliki masalah. Salah satunya adalah download tertunda yang kadang ditemui di Google Play Store.

Masalah download tertunda terus menerus di Playstore ini pastinya cukup mengganggu. Disaat kita sedang inign mendownload aplikasi, Playstore malah tidak merespon sama sekali.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Masalah download tertunda di Play Store ini bukanlah masalah sepele. Bayangkan jika kamu hampir selesai mendownload game atau aplikasi, saat 90% malah download tertunda? Tentu hal ini sangat menyebalkan.

sebagian besar pengguna berpikir jika Play Store tidak bisa mengunduh aplikasi di karenakan spesifikasi android yang rendah ,smartphone yang terlalu banyak aplikasi dan memori full.

Memang benar bisa saja penyebab Play Store tidak bisa memulai download karena masalah diatas, tapi ada baiknya kamu mencoba cara mengatasi Play Store tidak bisa download terlebih dahulu, jika tidak berhasil baru kamu cek faktor lainnya. Berikut cara mengatasi download tertunda di Play Store.

1. Pertama buka Setting / Pengaturan di Android kamu. Lihat contoh pada gambar. Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

2. Kemudian buka menu Aplikasi, lihat contoh pada gambar. mengatasi download tertunda di play store

3. Kemudian cari aplikasi Google Play Store, lihat contoh pada gambar. Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store di Android

4. Lalu tab Paksa Berhenti Google Play Store, lihat contoh pada gambar. mengatasi download tertunda di play store

5. Setelah selesai, kemudia coba kamu dan install ulang lagi aplikasi yang ingin kamu unduh di Google Play Store.

Dengan menghentikan paksa aplikasi Google Play, maka akan merestart aplikasi tersebut. Dengan begini, masalah download tertunda diharapkan segera teratasi. mengatasi download tertunda di play store

6. Lihat apakah kejadian download tertunda terulang kembali. Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Ketika Mendonwload Aplikasi

7. Jika tidak terjadi lagi maka kamu berhasil, tapi jika masih downoad tertunda, maka kamu bisa coba cara lain dengan cara membuka kembali Setting / Pengaturan android kamu.

8. Kemudia buka menu Aplikasi, pilih Google Play Store, dan tab pada Penyimpanan Google Play Store. mengatasi download tertunda di play store

9. Kemudian kamu bisa Hapus Data ataupun Hapus Memori. Lihat contoh pada gambar.  mengatasi download tertunda di play store

Jika memori dan data tidak dihapus secara rutin, maka akan membuat ruang memori menjadi semakin sesak, menyebabkan ponsel android lemot dan aplikasi sering error, salah satunya membuat proses download tertunda di Google Play.

10. Setelah selesai, coba install kembali aplikasi yang ingin kamu unduh di Play Store. Jika sudah melakukan 2 cara tersebut maka menurut pengalaman saya tidak akan terjadi lagi download tertunda.

Sebenarnya ada banyak faktor penyebab download tertunda di Play Store. Diantaranya adalah:1. Koneksi tidak stabil (sering disconnect & putus-putus).

2. Ruang di memori internal tidak memadai.

3. Aplikasi Play Store tidak up-to-date.

4. Dan lain-lain.

Penutup

Mungkin itu saja artikel tentang bagaimana cara mengatasi download tertunda di Play Store. Kamu bisa mencoba cara  diatas untuk mengatasi download yang tertunda di Google Play Store. Hal yang perlu kamu ingat adalah ada banyak faktor penyebab download tertunda di Play Store.

Semoga artike ini bisa bermanfaat dan membatu kamu untuk mengatasi masalah download yang tertunda di Google Play Store. Cara diatas sangat mudah untuk dilakukan dan pastinya kamu bisa melakukannya sendiri. Selamat Mencoba dan terima kasih!

Leave a Reply

Send this to a friend