Cara Melacak Lokasi IP Pengirim Email

Begini Cara Melacak Lokasi IP Pengirim Email dengan Mudah, Berhasil!

Email (Electronic Mail) pasti dimiliki oleh setiap orang yang suka surat menyurat atau biasanya digunakan untuk kepentingan pekerjaan maupun bisnis. Seseorang yang memiliki email pasti tidak akan sembarangan memberikan alamat emailnya kepada orang lain.

Namun, tidak jarang kita sering mendapatkan email yang tidak dikenal. Sehingga membuat kita merasa tidak nyaman. Tapi, sebenarnya kita bisa tahu siapa sih yang ngirim email ke kita? Darimana sih asalnya yang ngirim email ke kita?

Nah, kali ini saya akan membagikan cara bagaimana kita mengetahui siapa saja yang mengirim email ke kita yang tidak kita kenal dan dimana sih lokasi mereka itu. Saya akan memberikan cara – caranya dengan menggunakan email Gmail. Caranya sangat mudah kok. Baiklah, silahkan ikuti langkah-langkah cara melacak lokasi IP pengirim email dibawah ini ya.

Cara Melacak Lokasi IP Pengirim Email

1. Silahkan anda buka Gmail dan buka bagian “Kotak Masuk” yang berada dibagian sebelah kiri anda. Seperti gambar dibawah ini.

bagian "Kotak Masuk"2. Kemudian, silahkan anda pilih email mana yang ingin anda lacak IP address dan lokasinya. Contoh, seperti gambar dibawah ini.

anda lacak IP address

3. Kemudian, ketika email sudah terbuka. Silahkan, klik ikon “3 titik kebawah” yang berada disamping tanda “reply”. Seperti gambar dibawah ini.

klik ikon "3 titik kebawah"

4. Kemudian, cari tulisan “Tampilkan yang asil/Show original” kemudian klik tulisan itu.

cari tulisan "Tampilkan yang asil/Show original"

5. Maka akan muncul isi pesan yang asli. Seperti gambar dibawah ini.

cara melacak lokasi IP pengirim email

6. Kemudian, buka alamat website “ip-adress.com/trace-email-address” atau klik ini. Maka, akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini.

cara melacak lokasi IP pengirim email

7. Kemudian, silahkan anda scroll kebawah sampai terlihat seperti gambar dibawah ini.

 scroll kebawah

8. Kemudian, silahkan anda buka kembali isi pesan email yang asli tadi. Kemudian, silahkan anda copy isi pesannya tapi bagian headernya saja. Seperti gambar dibawah ini.

copy isi pesannya

9. Kemudian, silahkan anda kembali lagi ke halaman “ip-adress.com/trace-email-address” tadi. Kemudian, silahkan paste isi pesan asli yang tadi sudah anda copy. Seperti gambar dibawah ini. Setelah itu, silahkan klik “Verify” untuk melihat lokasi si pengirim email.

 silahkan klik "Verify"

10. Tadaaa,,, maka akan muncul hasilnya. Akan terlihat alamat IP si pengirim dan lokasinya. Dan kita juga langsung bisa melihat detailnya dengan google maps yang tersedia.

cara melacak lokasi IP pengirim email dengan mudah

 

cara melacak lokasi IP pengirim email

Kalau Menggunakan Email Selain Gmail Bisa Gak Ya?

Bisa dong, caranya sama. Silahkan anda cari header pesan aslinya juga, kemudian anda copy dan paste ke halaman trace email adress seperti cara diatas.

Si Pengirim Email Tahu Gak Kalau Sedang Kita Lacak?

Ya tentunya tidak dong.

Nah,bagaimana? Mudah kan? Sekarang kita sudah bisa melacak, siapa sih pengirim email misterius yang sering ngirim ke kita. Mungkin saja mantan atau gebetan kita hehehe. Jadi, gak perlu khawatir lagi, kalau ada yang tiba-tiba ngirim email ke kita yang gak kita kenal langsung saja kita lacak.

Itulah bagaimana cara melacak lokasi IP pengirim email dengan mudah yang dapat anda coba. Jika artikel ini dapat membantu anda, silahkan share ke teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara melacak lokasi IP si pengirim email dengan mudah. Sehingga kita bisa mengetahui siapa dan dimana lokasi si pengirim email yang tidak kita kenal.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Fazri Kurniawan
Fazri Kurniawan
3 years ago

Kalo pengirim emailnya ngblock ip addressnya tampilan ip addressnya gimana min?

Send this to a friend