Cara Mengganti Nama Wifi (SSID) Indihome dengan Sangat Mudah, Sudah Tahu Belum?

Hampir di semua tempat saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas Wifi, terutama warkop atau kafe. Beberapa orang mungkin tidak begitu paham apa yang dimaksud dengan Wifi padahal mereka ‘mungkin’ hampir setiap hari menggunakan Wifi. Wifi adalah teknologi jaringan yang digunakan untuk bertukar data secara nirkabel atau tanpa perlu menggunakan media kabel. Dengan begitu, anda dapat terhubung dengan internet tanpa harus terhubung dengan kabel LAN dan sejenisnya, cukup terhubung pada hotspot Wifi, maka anda dapat ber-internetan.

Wifi ini sangat penting sekali, terutama bagi orang-orang yang menjalankan bisnis warkop atau kafe. Dengan adanya Wifi ini, pelanggan akan lebih betah lagi nongkrong di warkop anda, dan tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali di warkop anda. Warkop yang tanpa Wifi akan sulit menjaring pelanggan, karena mereka enggan mampir ke warkop yang tidak difasilitasi dengan Wifi.

Cara Mengganti Nama Wifi (SSID)

Cara mengganti nama Wifi atau lebih sering disebut dengan SSID dalam dunia jaringan tidaklah sulit. Service Set Identifier atau yang lebih disingkat dengan SSID merupakan nama suatu jaringan yang digunakan untuk mengidentifikasi jaringan Wifi kepada pengguna yang ingin terhubung dengan jaringan Wifi tersebut (atau yang bisa disebut dengan hotspot).

Mayoritas pengusaha menggunakan Indihome untuk urusan layanan internet. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara mengganti nama Wifi (SSID) Indihome dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan terlebih dahulu anda sudah terhubung dengan Wifi anda. Kemudian buka browser (saya menggunakan Chrome) kemudian ketikkan 192.168.1.1 pada address bar, lalu tekan Enter.

cara mengganti nama wifi

2. Anda akan dihadapkan pada halaman login seperti gambar di bawah ini. Modem yang digunakan dalam contoh kali ini adalah modem ZTE F660 (kebanyakan pihak Telkom memberikan modem ZTE pada pelanggan mereka). Masukkan username dan password untuk login, kemudian klik Login. Jika anda kesulitan atau lupa passwordnya, silakan baca artikel ini.

cara mengganti nama wifi indihome

3. Setelah anda berhasil login, pindah ke tab Network.

mengganti nama wifi 2

4. Pilih WLAN > Multi-SSID Settings untuk mengganti nama Wifi anda. Masukkan nama Wifi yang anda inginkan pada kolom SSID Name. Jika sudah, klik Submit untuk menyimpannya.

cara mengganti nama wifi indihome zte

Sekian pembahasan mengenai tutorial cara mengganti nama Wifi Indihome dengan mudah. Anda juga dapat mengganti nama Wifi melalui ponsel android anda, yang penting harus terhubung dulu di jaringan Wifi-nya.

Menurut saya, mengganti nama Wifi tidak perlu dilakukan terlalu sering. Yang perlu anda ganti secara berkala itu password Wifi-nya. Kalau anda sebagai pemilik warkop / kafe, disarankan untuk mengganti password Wifi rutin setiap hari.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend