Tutorial Cara Menghubungkan Gmail ke Cortana di Windows 10

Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10 pasti sudah tidak asing lagi dengan Cortana. Asisten pribadi virtual milik Microsoft ini ternyata mengalahkan asisten virtual milik pesaingnya yakni Siri oleh Apple. Hal ini disebabkan oleh hasil yang diberikan oleh Cortana lebih akurat. Seperti yang kita ketahui bahwa Cortana ini sangat membantu dalam segala hal. Walaupun pada awalnya Cortana ini hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows phone saja, namun kini sudah dapat dinikmati oleh pengguna Windows desktop.

Adapun salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh Cortana yakni dapat terhubung langsung ke Gmail Anda. Sehingga segala macam hal kegiatan yang berkaitan dengan Gmail akan langsung terintegrasi dengan Cortana.

Pengguna akan dengan sangat mudah mengelola akun gmail tersebut mulai dari pengelolaan email, file di Google Drive, kontak hingga mengelola kalender Anda. Lalu bagaimana caranya menghubungkan Gmail ke Cortana di Windows 10? Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menghubungkan Gmail ke Cortana Windows 10 dengan mudah. Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Menghubungkan Gmail ke Cortana di Windows 10

Hal penting yang harus diketahui yaitu Anda harus mengaktifkan Cortana Anda terlebih dahulu agar dapat digunakan. Selain itu agar dapat menghubungkan Gmail ke Cortana di Windows 10, maka Anda harus terkoneksi dengan jaringan internet. Langkah yang harus dilakukan sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini yaitu sebaiknya Anda sudah memiliki akun Gmail untuk kemudian bisa dihubungkan ke Cortana di Windows 10 ini. Berikut ini merupakan langkah demi langkah menghubungkan Gmail ke Cortana di Windows 10.

1. Langkah pertama, pilih ikon lingkaran atau search pada taskbar Windows Anda, jika ikon Anda bukan berbentuk lingkaran maka Cortana Anda belum aktif > selanjutnya pilih ikon notebook seperti gambar yang diberi tanda panah warna merah di bawah ini.

Cara Menghubungkan Gmail ke Cortana

2. Selanjutnya buka tab Manage Skills > lalu pilih Connected services pada bagian Connections.

Langkah 2 - buka tab Manage Skills lalu pilih Connected services

3. Kemudian silakan pilih Gmail. Status akun Gmail yang belum terhubung ke Cortana adalah Off/Mati. Jika status Gmail Anda telah On/Hidup, maka Gmail Anda telah terhubung ke Cortana.

Cara Menghubungkan Gmail ke Cortana

4. Langkah selanjutnya yaitu silakan pilih Connect.

Langkah 4 - pilih Connect

5. Kemudian silakan isi alamat Gmail Anda > lalu klik tombol Berikutnya atau Next.

Cara Menghubungkan Gmail ke Cortana untuk pemula

6. Silakan isi kata sandi atau password dari Gmail Anda > lalu klik tombol Berikutnya atau Next.

Langkah 6 - isi kata sandi atau password

7. Kemudian akan tampil poin penting apa saja yang harus mendapatkan persetujuan dari Anda, silakan baca terlebih dahulu dengan seksama. Jika Anda sudah menyetujuinya silakan klik tombol Izinkan atau Agree, maka Gmail telah terhubung ke Cortana.

Langkah 7 - setujui

Mudah bukan cara menghubungkan Gmail ke Cortana di Windows 10? Beragam macam pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Cortana sangat membantu Anda dalam kegiatan sehari-hari mulai dari hal kecil hingga yang tidak terduga sekalipun. Dengan menghubungkan Gmail ke Cortana, maka pengguna dengan sangat mudah dapat mengakses Gmail. Hal-hal yang berkaitan dengan mengirim, membaca, dan menghapus email, file di Google Drive, kontak serta kalender dapat dikelola hanya dengan mengaktifkan fitur ini. Jika Anda ingin Gmail Anda tidak terhubung lagi dengan Cortana di Windows 10, maka Anda tinggal menekan tombol Disconnect saja pada bagian Connected Service di Notebook.

Demikian artikel mengenai cara menghubungkan Gmail ke Cortana di Windows 10. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru. Selamat menikmati asisten pribadi virtual Cortana ya!

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend