Cara Mengatasi Wifi Laptop yang Tidak Terdeteksi

2 Cara Mengatasi Wifi Laptop yang Tidak Terdeteksi yang Terbukti Berhasil

Tutorial cara mengatasi wifi laptop yang tidak terdeteksi di laptop windows 10 dengan mudah (untuk semua merk laptop)

NESABAMEDIA.COM – WiFi merupakan salah satu hal yang sangat penting kita miliki di zaman digital seperti sekarang ini. Karena dengan WiFi, kita dapat berselancar di internet dan dapat melakukan pekerjaan dengan baik.

Terlebih lagi, saat ini seluruh kegiatan dan aktivitas kita dalam bekerja maupun belajar tidak luput dari adanya internet. Oleh karena itu, keberadaan WiFi sangat penting untuk kita perhatikan ketika sedang bermain laptop.

Umumnya, permasalahan yang sering muncul pada komputer yaitu tidak terdeteksinya WiFi di komputer kita. Dan ini sungguh sangat membuat kita kebingungan. Karena tanpa WiFi kita tidak bisa melakukan apapun di internet. Dengan begitu, maka selalu pastikan kondisi notifikasi WiFi yang ada pada laptop Anda.

Cara Mengatasi Wifi Laptop yang Tidak Terdeteksi

Ada berbagai macam penyebab WiFi tidak dapat terdeteksi di komputer kita, salah satunya yaitu karena adanya kesalahan maupun pengaturan yang tidak sesuai. Sehingga WiFI pada komputer kita tidak dapat menangkap sinyal maupun tidak dapat menampilkan daftar WiFi yang ada disekeliling kita.

Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan mengenai beberapa cara mengatasi WiFi Laptop yang tidak terdeteksi. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Update Driver

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi WiFi laptop yang tidak terdeteksi di komputer yaitu dengan cara mengupdate atau memperbaharui Driver yang ada di komputer maupun laptop kita. Dimana driver merupakan salah satu komponen paling penting dari sebuah WiFi, tanpanya komputer tidak akan bisa menampilkan daftar WiFi atau menggunakan jaringan WiFi. Berikut cara mengupdate driver WiFi pada komputer.

1. Pertama kita harus masuk ke menu Device manager terlebih dahulu. Untuk memunculkan menu tersebut, kita harus klik Windows + X pada keyboard komputer. Maka akan muncul berbagai menu seperti pada gambar dibawah ini. Klik menu Device Manager.

update driver

2. Selanjutnya maka akan muncul window Device Manager. Kliklah panah kebawah pada menu Network adapters. Lalu pada bagian driver wireless klik kanan. Kemudian klik menu Properties. Pada setiap laptop umumnya memiliki nama yang berbeda pada driver WiFi nya. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan dengan driver yang Anda miliki.

cara mengatasi wifi laptop yang tidak terdeteksi di windows 10

3. Pada jendela driver wireless, klik menu Driver yang ada pada bagian atas. Kemudian klik menu Update Driver untuk memperbaharui driver yang kita gunakan.

update driver

4. Terakhir akan muncul pesan seperti pada gambar dibawah ini. Kliklah menu Search automatically for updated driver software. Maka secara otomatis, kommputer akan mengupdate driver yang ada dikomputer kita. Tunggulah beberapa saat.

update driver

2. Konfigurasi Jaringan WLAN

WLAN merupakan sebuah jaringan komputer yang memanfaatkan gelombang sebagai penghubungnya. WLAN ini merupakan jaringan WiFi yang saat ini sering kita gunakan sehari-hari. Nah, salah satu penyebab pada komputer yang tidak mampu mendeteksi jaringan WIFi yaitu karena adanya kesalahan pada konfigurasi jaringan WLAN. Berikut cara mengkonfigurasi jaringan WLAN agar WiFi terdeteksi di komputer.

1. Langkah pertama yaitu kita harus menampilkan menu Task Manager. Caranya ialah dengan cara klik kanan pada taskbar. Lalu klik menu Task Manager.

cara mengatasi wifi laptop yang tidak terdeteksi di laptop acer

2. Pada jendela Task Manager, klik menu Services. Maka akan muncul berbagai konfigurasi Services. Klik menu Open Services.

Jaringan WLAn

3. Carilah menu WLAN AutoConfig. Kemudian klik kanan pada menu tersebut. Setelah itu klik menu Properties.

Jaringan WLAn

4. Pada jendela WLAN AutoConfig Properties, pilihlah Automatic pada menu Startup type. Kemudian klik button Start untuk menjalankan perintah.

Jaringan WLAn

5. Tunggulah sampai perintah berjalan, dan tombol Start menjadi nonaktif. kemudian klik tombol Apply. Dan klik tombol OK.

cara mengatasi wifi laptop yang tidak terdeteksi di laptop asus

Demikianlah artikel yang menjelaskan bagaimana cara mengatasi WiFi laptop yang tidak terdeteksi di laptop. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend