Cara Menggunakan Find My iPhone untuk Menemukan iPhone yang Hilang

Fasilitas keamanan yang di berikan Apple untuke semua produknya tidak perlu di ragukan lagi. Kamu mungkin seringkali mendengar tentang Find My Iphone. Apa itu Find My Iphone?

Ketika iPhone dicuri atau hilang, Apple menawarkan sebuah fasilitas gratis untuk membantu menemukan atau mendapatkannya kembali. Bahkan jika tidak bisa mendapatkannya kembali, maka dengan cara ini kita dapat mencegah pencuri mendapatkan data pribadi yang berada di iphone kita.

Untuk melakukan hal tersebut, maka kita dapat menggunakan Find My iPhone  yaitu sebuah layanan gratis yang merupakan bagian dari iCloud, layanan ini menggunakan GPS dan koneksi Internet ponsel untuk membantu menemukan lokasinya di peta dan selanjutnya mengambil tindakan yang tepat. Mungkin tidak semua orang membutuhkan artikel tentang ini, tetapi jika kejadian tersebut menimpa kamu, maka artikel ini akan membantu kamu bagaimana menggunakan Find My iPhone untuk menemukan iPhone yang hilang atau dicuri.

Fasilitas ini hanya dapat di gunakan untuk menemukan iphone atau produk Apple yang lainnya. Jika kamu belum mengerti gimana cara menggunakannya, Yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

1. Cara Mengaktifkan Find My Iphone

Sebelumnya kamu harus memastikan terlebuh dahulu bahwa fitur Find My Iphone di iphone kamu sudah di aktifkan. Untuk mengaktifkannya seperti langkah-langkah di bawah ini:

Pertama-tama buka ID Apple kamu di aplikasi Setting. Kemudian pilih dan tekan iCloud.

buka icloud dari id apple

Selanjutnya pilih dan tekan Cari iPhone Saya/Find My Iphone.

pilih dan tekan find my iphone

Setelah itu arah kan tombol Cari iPhone Saya ke arah kanan untuk mengaktfikannya. dan sampai berubah warna menjadi hijau.

mnegaktifkan cari iphon saya

 

Cara Menggunakan Find My iPhone untuk Menemukan iPhone yang Hilang

Buka aplikasi  Cari Iphone/Find My Iphone. Jika belum memilikinya silahkan download terlebih dahulu di App store.

buka aplikasi find my iphone

Setelah terbuka kamu akan diminta untuk masuk dengan mengisi ID Apple dan Kata sandi iphone yang ingin kamu cari. Lalu tekan Masuk.

masuk dengan mengisi id apple dan password

Tunggu beberapa saat untuk proses pencarian.

proses mencari

Jika kamu mengaktifkan fitur Find My Iphone di iphone kamu yang hilang. Maka pada saat kamu mencari dengan Cari Iphone atau Find My Iphone akan muncul lokasi iphone yang hilang tersebut,  seperti gambar di bawah in. Lalu klik nama iphone kamu untuk melihat informasinya dengan lebih jelas.

lokasi iphone

Kamu dapat membuat tindakan yang akan kamu lakukan pada iphone kamu yang hilang tersebut dengan menekan Tindakan.

 

tekan tindakan

Beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan:

Putar Bunyi ->  Ini adalah opsi pertama yang fungsinya mengirimkan suara ke perangkat iphone yang ingin di temukan.

Mode Hilang -> Ini memungkinkan pengguna untuk mengunci layar perangkat dari jarak jauh dan membuat kode sandi (walaupun sebelumnya belum membuat kode sandi). Ini mencegah pencuri menggunakan perangkat atau mengakses data pribadi.

Hapus Iphone -> Apabila sudah tidak ada kemungkinan untuk mendapatkan kembali iphone tersebut, maka kamu dapat menghapus semua data dari perangkat. Kemudian kamu akan melihat peringatan ‘jangan lakukan ini kecuali jika benar-benar yakin ingin melakukannya’. Klik kotak yang mengatakan bahwa kamu mengerti apa yang kamu lakukan dan klik ‘Erase’. Proses ini akan menghapus semua data di ponsel dan mencegah pencuri mengaksesnya.

tindakan yang dapat dilakuakn

 

NB: Fasilitas ini dapat membantu kamu menemukan kembali iphone mu jika kamu mengaktifkan fitur Cari Iphone Saya/Find My Iphone. Maka dari itu selalu aktifkan fitur ini agar jika hal kurang beruntung terjadi padamu misal iphone mu hilang. Kamu masih memiliki kemungkinan untuk dapat mencarinya.

Namun jika kamu sudah mengaktfikan fitur ini namun tetap belum muncul lokasi nya, ada beberapa kemungkina yang terjadi pada iphone kamu, yaitu: iphone dimatikan atau baterai habis, iphone tidak terhubung ke Internet atau Layanan lokasi telah dinonaktifkan.

 

Leave a Reply

Send this to a friend