Bagaimana Cara Menghindari Narkoba? Simak 8 Tips Menghindari Diri dari Narkoba

Dewasa ini, Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat kerawanan yang tinggi terhadap penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang. Bahkan, Indonesia sudah masuk kedalam level darurat akan narkoba.

Hal itu disebabkan karena banyaknya kasus mengenai penyalahgunaan narkoba yang terjadi hampir setiap waktu. Menurut Badan Narkotika Nasional (BNN) yang melakukan survey pada 2017 menyatakan bahwa hampir 3,5 juta orang Indonesia terindikasi menjadi pengguna narkoba.

Narkoba menjadi barang haram yang tidak pandang bulu dapat menggerogoti siapa saja. Mulai dari kalangan pejabat, wakil rakyat, hakim, pelajar atau mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Yang sangat disayangkan lagi, banyak kasus penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh para pelajar yang sudah kecanduan barang haram tersebut karena beberapa hal.

Padahal, materi tentang bahaya narkoba sudah menjadi pembelajaran wajib dari sekolah. Dengan begitu, mereka sudah mengetahui bahaya dan risiko yang diterima akibat dari konsumsi narkoba, namun masih tetap saja banyak pelajar yang tergiur akan barang tersebut.

Cara Menghindari Narkoba

Cara Menghindari Narkoba

Secara geografis, letak Indonesia berada diantara dua benua dan dua samudera serta posisinya yang strategis sebagai jalur perdagangan internasional. Hal itu memicu sebagian oknum untuk memanfaatkan kesempatan dalam penyelundupan narkoba yang dapat disebar ke berbagai titik di Indonesia, seperti daerah Pantai Timur Sumatera dan Aceh.

Selain itu, kurangnya pengawasan dan tindakan tegas pemerintah dalam upaya pemberantasan korupsi untuk menimbulkan efek jera terhadap pelakunya ditambah dengan adanya ketidakjujuran sebagian aparat yang ikut serta dalam usaha penyelundupan narkoba bersama para oknum pengedar. Hal itu mengakibatkan kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia semakin sulit diberantas.

Untuk itu, pemerintah sering melakukan sosialisasi mengenai bahaya narkoba yang dapat mengancam keselamatan jiwa manusia. Namun, masih banyak juga masyarakat yang turut menjadi korban dengan mengonsumsi barang haram tersebut. Dalam satu hari, hampir 40 orang di Indonesia meninggal akibat narkoba.

Dengan demikian, perlu adanya upaya lain yang lebih maksimal guna melakukan tindakan preventif atau pencegahan untuk melindungi diri dan keluarga dari bahaya narkoba. Nah, dibawah ini ada 8 cara menghindari narkoba yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari radiasi narkoba.

1. Mempelajari Ilmu Agama

Mempelajari Ilmu Agama

Cara paling utama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari diri dari narkoba adalah mempelajari ilmu agama. Setiap agama mengajarkan umatnya untuk selalu melakukan perbuatan yang terpuji. Seperti agama Islam yang secara jelas telah mengharamkan segala jenis minuman yang memabukkan termasuk didalamnya narkoba dalam beberapa ayat Al-Qur’an, seperti Q.S. Al-Maidah : 90, Q.S. An-Nisa’ : 29, Q.S. Al-Baqarah : 195 dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dengan melaksanakan segala perintah-Nya, seperti sholat, mengaji, berdoa dan lainnya agar perbuatan baik tersebut bisa membentengi diri Anda dari hal-hal yang merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

2. Ingat Nasihat Orangtua

Pada dasarnya, setiap orangtua mengharapkan anak-anaknya dapat tumbuh menjadi pribadi yang memiliki perilaku baik dan terpuji. Oleh karena itu, orangtua selalu mengajarkan dan membimbing anaknya dengan ilmu pengetahuan yang diiringi dengan ilmu agama agar anaknya tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitarnya.

Ketika orangtua menasehati, usahakan untuk tidak melawan ataupun membangkang. Bisa jadi, akibat melawan orangtua Anda mudah terjerumus ataupun terbujuk untuk melakukan perbuatan yang tercela itu, seperti tindakan penyalahgunaan narkoba. Jika hal itu terjadi, maka Anda akan merasa rugi dan pastinya akan membuat orangtua kecewa dan malu.

3. Tanamkan Bahaya Narkoba dalam Diri

Tanamkan Bahaya Narkoba dalam Diri

Cara berikutnya adalah Anda harus menanamkan dalam diri bahwa narkoba merupakan hal yang diharamkan oleh agama dan negara. Menanamkan bahaya yang ditimbulkan akibat narkoba yang berujung dengan perusakan sistem organ bahkan menyebabkan kematian di usia muda.

Dalam hal hukum, tindak penyalahgunaan narkoba sudah memiliki perundang-undangan yang jelas. Bagi Anda yang bertindak sebagai pengedar ataupun pemakai, maka harus siap berhadapan dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

4. Selektif dalam Memilih Teman

Lingkungan memiliki pengaruh yang besar dalam pembentukan karakter seseorang. Hal ini juga berkaitan dengan pernyataan bahwa lingkungan yang kurang baik, bisa menjadi salah satu penyebab tindak penyalahgunaan narkoba. Jika Anda berperan sebagai orangtua, maka Anda memiliki tugas untuk mengontrol dan mengawasi perilaku anak, baik itu di rumah ataupun dilingkungan pergaulan.

Perhatikan teman yang bergaul dengan anak Anda, bila memiliki tindakan yang menyimpang, maka tugas Anda menasehati anak agar lebih selektif dan berhati-hati dalam memilih teman. Bisa jadi, teman yang memiliki perilaku buruk akan memengaruhi anak Anda untuk turut berperilaku yang sama.

5. Jangan Mudah Terbujuk

Jangan Mudah Terbujuk

Ketika ada teman yang membujuk Anda untuk mencoba obat-obatan terlarang ini, maka tolaklah dengan perkataan yang halus. Atau dalam kasus lain, ketika ada orang yang tidak dikenal memberikan Anda minuman atau makanan, sebaiknya jangan diterima. Sebab, mungkin saja didalamnya sudah dicampur dengan narkoba atau obat terlarang lainnya.

Memang pada awalnya, para oknum itu akan memberikan Anda obat tersebut secara cuma-cuma. Disaat Anda sudah mengonsumsinya, maka akan timbul rasa ketagihan yang membuat Anda terus mengonsumsi obat hingga akhirnya kecanduan.

6. Bjiak dalam Menghadapi Masalah

Pastinya, semua orang memiliki kesulitan dan masalah dalam hidupnya masing-masing. Ketika Anda dirundung masalah dan tak kunjung selesai, jangan sampai Anda melampiaskannya kedalam perbuatan yang buruk, termasuk penyalahgunaan narkoba.

Banyak dari mereka yang mengonsumsi narkoba disebabkan karena beratnya masalah yang dihadapi hingga timbul perasaan depresi. Untuk itu, yang harus Anda lakukan ketika menghadapi berbagai masalah, selesaikan permasalahan tersebut dengan bijak. Sebab, tidak ada permasalahan yang tidak memiliki jalan keluar ataupun solusi.

7. Membiasakan Diri dengan Pola Hidup Sehat

Membiasakan Diri dengan Pola Hidup Sehat

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah diri dari narkoba adalah dengan membiasakan diri untuk hidup sehat. Mulai dari memakan makanan yang sehat, istirahat yang teratur, berolahraga dan lainnya. Dengan begitu, pola hidup sehat bisa menjadi alternatif untuk menangkal diri kita dari bahaya narkoba.

8. Mengisi Waktu Luang dengan Hal Positif

Ada berbagai kegiatan positif yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu luang seperti menyalurkan hobi dan bakat atau melakukan bakti sosial yang bisa bermanfaat bagi orang banyak. Kegiatan positif itu diharapkan mampu menghindari diri untuk menangkal pikiran-pikiran negatif yang mungkin akan menjerumuskan kita kedalam perbuatan negatif, seperti mengonsumsi narkoba.

Sekian informasi lengkap mengenai cara menghindari narkoba. Semoga kita senantiasa dilindungi dari perbuatan yang sangat tercela tersebut.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend