Cara Mengunci File Word dengan Password Agar Tidak Bisa Diedit / Diakses Orang Lain

Ada kalanya kita tidak ingin dokumen yang kita miliki dapat diakses oleh sembarang orang. Dokumen yang dimaksud bisa berupa file word, excel, pdf dan lain sebagainya. Mungkin file dokumen tersebut berisi data yang penting, apalagi jika berisi data perusahaan.

Maka dari itu, anda harus mencegah orang lain untuk mengakses file dokumen tersebut, salah satunya dengan cara menguncinya dengan password.

Dalam artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai cara memberi password pada file word anda agar aman dan tidak sembarang orang lain dapat mengakses. Tutorial ini dapat diaplikasikan pada Office 2007, 2010 sampai pada versi yang paling baru (Office 2016). Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

Cara Mengunci File Word dengan Password

1. Pertama-tama klik tab File, seperti yang telah saya beri tanda panah.

mengunci file word 1

2. Pada tab Info, pilih Protect Document > Encrypt with Password.

cara mengunci file word dengan password

3. Untuk anda pengguna Office 2007, letaknya sedikit berbeda. Klik ikon Office seperti yang saya beri tanda panah. Kemudian pilih Prepare > Encrypt Document.

untuk pengguna office 2007

4. Masukkan password yang anda inginkan. Penggunaan huruf kecil dan besar berpengaruh (case-sensitive). Selanjutnya pilih OK.

mengunci file word 4

5. Masukkan ulang password anda, kemudian pilih OK.

cara memberi password pada file word

6. Dokumen word anda sudah berhasil dikunci (diberi password).

mengunci file word 5

7. Setiap ada yang ingin membuka dokumen word anda, ia harus memasukkan passwordnya terlebih dahulu.

cara mengunci file word 6

Dengan memberi password pada dokumen word anda, tidak sembarang orang dapat mengaksesnya. Jadi jika anda mempunyai dokumen word yang penting, sangat disarankan untuk memberikannya password yang kuat (kombinasi huruf, angka dan simbol) tapi mudah anda ingat.

Jangan membuat password yang terlalu rumit jika anda sendiri tidak menghafalnya, bisa susah nanti kalau anda tiba-tiba lupa password untuk membuka dokumen word anda sendiri. Sekian untuk artikel cara mengunci file word agar aman dan tidak mudah diakses oleh sembarang orang.

Leave a Reply

Send this to a friend