Chipset MediaTek Dimensity 810 dan 920 Bawa Kekuatan Baru di Kelas Menengah

Chipset MediaTek Dimensity 810 dan 920 Bawa Kekuatan Baru di Kelas Menengah

NESABAMEDIA.COMKemunculan kembali MediaTek di segmen chip seluler bertepatan dengan peluncuran chipset Dimensity yang menggabungkan konektivitas 5G dengan harga terjangkau dan kinerja tinggi. Pekan ini telah terlihat peluncuran prosesor MediaTek Dimensity 810 dan 920 baru yang diproduksi pada proses fabrikasi 6nm dan menghadirkan peningkatan kinerja dan dukungan untuk perangkat keras baru.

MediaTek Dimensity 810

Selain Dual-SIM 5G standalaone, chipset Mediatek Dimensity 810 mendukung refresh rate sampai 120Hz pada resolusi FHD Plus (2540 x 1080), sensor kamera 64MP, Bluetooth 5.1, penyimpanan UFS 2.2, dan WiFi 5. Secara teknis, Dimensity 810 dilengkapi kuartet ARM Cortex- A76 core yang disertai dengan 4 core ARM Cortex-A55.

  • Performa Lebih Cepat: Prosesor Arm Cortex-A76 sekarang mendukung hingga 2.4GHz dalam CPU octa-core-nya.
  • Layar responsif: Smartphone 5G mainstream sekarang ini bisa mendapatkan manfaat dari refresh rate layar 120Hz untuk pengalaman pengguna yang lebih lancar.
  • Kamera Luar Biasa: Mendukung teknik pengurangan kebisingan tingkat lanjut (MFNR & MCTF) untuk pengambilan cahaya rendah yang sangat baik, dan mendukung hingga kamera 64MP.
  • Fitur AI-Camera High-end: Memungkinkan pengalaman kamera yang menakjubkan seperti AI-Bokeh dan AI-Color artistik bersanding dengan teknologi Arcsoft.
  • Smooth Gaming: Mendukung teknologi gaming HyperEngine 2.0 MediaTek dengan mesin manajemen sumber daya yang cerdas dan mesin jaringan yang canggih.

MediaTek Dimensity 920

Dimensity 920 menawarkan kekuatan yang lebih powerful dengan sepasang inti ARM Cortex-A78 dan enam inti ARM Cortex-A55, disandingkan dengan GPU Mali-G68 quad-core untuk menangani masalah grafis. Fitur seperti penyimpanan UFS 3.1, memori LPDDR5, Bluetooth 5.2, WiFi 6, multi-GNSS, dan SIM 5G ganda juga didukung, begitu juga sensor kamera hingga 108MP. Refresh Rate 120Hz dengan resolusi hingga FHD Plus pun juga didukung. Dalam hal kekuatan murni, MediaTek mengklaim bahwa Dimensity 920 memiliki peningkatan kinerja 9% dibandingkan Dimensity 900.

  • MediaTek Smart Adaptive Displays: Menyesuaikan kecepatan refresh tampilan sesuai dengan game atau tindakan UI yang terdeteksi, menaikkannya selama periode tindakan intens untuk meningkatkan pengalaman pengguna, lalu menurunkannya untuk meningkatkan efisiensi daya.
  • Mesin Perangkat Keras Video Capture 4K: Mengintegrasikan prosesor sinyal gambar (ISP) HDR-native class unggulan dan menggabungkan mesin perekam video 4K HDR akselerasi perangkat keras yang unik yang mendukung hingga empat kamera bersamaan dan sensor hingga 108MP.
  • Peningkatan Kinerja: Dengan prosesor Arm Cortex-A78 dalam CPU octa-core yang dapat mencapai kecepatan clock 2.5GHz, bersama dengan memori LPDDR5 terbaru dan penyimpanan UFS 3.1, Dimensity 920 menawarkan kinerja yang maksimal.
  • Konektivitas Tingkat Lanjut: Mendukung SIM 5G ganda, VoNR ganda, agregasi operator hingga 2CC, rangkaian efisiensi daya MediaTek 5G UltraSave dan jaringan 5G SA/NSA, konektivitas 2×2 MIMO Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, dan multi-GNSS.
  • Smooth Gaming: Mendukung MediaTek HyperEngine 3.0 dengan panggilan 5G dan konkurensi data, ditambah peningkatan koneksi untuk kecepatan tinggi dan teknologi ‘Super Hotspot’.

Diyakini bahwa perangkat smartphone pertama yang akan ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 810 dan 920 baru ini mungkin baru akan ada pada kuartal ketiga tahun ini, atau sekitar bulan September.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend