• Our Partners:

Chrome Ubah Logo Pertama Kalinya Sejak 8 Tahun

Chrome Ubah Logo Pertama Kalinya Sejak 8 Tahun

Chrome melakukan perubahan pada logonya yang terkenal, dan ini adalah yang pertama kali sejak 8 tahun yang lalu, atau tahun 2014 silam. Secara sepintas, perubahannya tidak terlalu mencolok, namun jika dilihat dengan lebih teliti maka akan terlihat perbedaannya. Elvin Hu, yang merupakan desainer untuk Google Chrome membagikan penampakan perubahan logo tersebut dalam sebuah utas di Twitter, dan penjelasan mengenai ide dan pemikiran di balik logo baru itu.

“Beberapa dari kalian mungkin menyadari adanya sebuah ikon baru di pembaruan Chrome Canary hari ini. Ya, kami sedang menyegarkan ikon brand untuk Chrome untuk pertama kalinya dalam 8 tahun ini. Ikon baru ini akan mulai muncul di perangkat anda dalam waktu dekat,” cuit Elvin dalam akun Twitternya. 

Alih-alih menerapkan bayangan di antara batas masing-masing warna logo tersebut, desain baru ini terlihat mengangkat warna-warna itu dari layar, sehingga warna merah, kuning dan hijau terlihat begitu flat atau datar. Meskipun tidak disebut oleh Elvin Hu, namun lingkaran biru yang ada di tengah logo terlihat lebih besar dan lebih mencolok. 

Warna-warna yang ada di logo baru itu tampak lebih vibrant atau cerah, kemungkinan disebabkan oleh tim desainer yang menghilangkan bayangan yang ada sebelumnya. Namun ada perubahan lain yang mungkin tidak disadari jika Elvin tidak menyebutkannya di cuitan Twitter. Tim desainer Google menemukan fakta bahwa dengan menempatkan beberapa bayangan tertentu pada warna hijau dan merah di sisi satu sama lain menyebabkan warna yang kurang menyenangkan. 

Untuk menyiasati hal tersebut dan membuat ikon menjadi lebih bisa diakses, mereka memutuskan untuk menggunakan gradien warna yang sangat halus, yang bahkan tidak akan terlihat sepintas oleh mata manusia. Ini untuk mencegah tabrakan warna satu sama sama lain. 

Logo utama Chrome nantinya tidak akan terlihat sama antar perangkat satu dengan lainnya. Logo utama itu adalah yang anda klik ketika anda ingin membuka browser Chrome melalui Taskbar atau dock yang anda miliki. Pada Chrome OS, logo akan terlihat lebih berwarna dibandingkan lainnya, sementara di macOS, logo akan memiliki bayangan kecil, membuatnya terlihat seperti muncul dari dock. 

Sedangkan di Windows 11 dan 10, versinya akan memiliki gradien warna yang lebih dramatis, sehingga akan sangat cocok dan pas dengan ikon-ikon bawaan sistem operasi tersebut. Elvin Hu mengatakan anda bisa melihat ikon yang baru ini jika anda memasang Chrome versi Canary sekarang. Sementara untuk pengguna publik akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend