Acer Chromebook

ChromeOS Hadirkan Fitur Baru, Background Blur hingga Video Call

NESABAMEDIA.COM – Google kini kembali mengembangkan dan memberikan fitur terbaru mereka bagi pengguna ChromeOS, kali ini untuk memaksimalkan panggilan video maka Google akan memberikan akses untuk menyempurnakan kenyamanan selama melakukan panggilan video melalui berbagai platform, Sabtu (10/09).

Dua tahun kebelakangan ini, ada banyak orang yang akhirnya diputuskan untuk bekerja dari rumah, namun bukan semata-mata meninggalkan tanggung jawab pekerjaan. Melainkan dengan melakukan pekerjaan dari rumah dan rutin hadir dalam rapat yang dilakukan secara daring, maka dari itu penggunaan platform tertentu menjadi sangat populer saat ini.

Layanan seperti Zoom, Google Meet, Skype, dan masih banyak lagi, merupakan layanan yang sering diakses setiap harinya. Meskipun memang fiturnya masih sangat terbatas, di mana tidak dapat memaksimalkan hasil gambar ketika melakukan panggilan video melalui PC.

ChromeOS nampaknya ingin meniru fitur yang telah ada di MacOS, di mana pengguna MacOS dapat dengan mudah melakukan panggilan video dengan menitik fokus pada objek tertentu yaitu pengguna itu sendiri. Nantinya, pengguna bisa melakukan panggilan video dengan menambahkan efek Blur, atau membuat latar belakang objek menjadi buram.

Dilansir dari Code Change, fitur ini nantinya bisa langsung diaktifkan oleh pengguna ChromeOS atau Chromebook, di mana akan memberikan kualitas yang lebih baik ketika melakukan panggilan video melalui perangkat PC mereka.

“Fitur Background Blur nantinya akan tersedia untuk perangkat Chromebooks,” kata Google.

Jika memang benar, bahwa Google akan memberikan fitur yang serupa maka perlu digaris bawahi bahwa ini harus berdasarkan kemampuan dari mesin itu sendiri, di mana menggunakan Machine Learning. Artinya, ini hanya akan berdampak bagi mereka yang menggunakan perangkat ChromeOS generasi terbaru.

Untuk saat ini, diketahui bahwa Google sedang melakukan uji coba dari Background Blur mereka pada perangkat Chromebooks yang masih menggunakan prosesor dari 11th Gen dan 12th Gen Intel.

Google terlihat tidak hanya merilis Background Blur sebagai salah satu efek yang ada, mereka juga kemungkinan akan merilis fitur lainnya seperti Portrait Relighting, efek yang dibuat oleh mereka sebagai fitur yang nantinya dirilis dalam seri ponsel Pixel, bersamaan dengan fitur Auto Framing.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend