Google Keep

Google Keep Rilis ‘Dual Pane’, Fitur untuk Tablet dan Ponsel Lipat

NESABAMEDIA.COM – Google terus merilis fitur yang kembali diperluas melalui Google Keep, platform ini telah memiliki dukungan penuh bagi mereka yang menggunakan ponsel lipat atau tablet. Google Keep kembali disempurnakan agar dapat bekerja dengan menggunakan layar maksimal dari ukuran ponsel yang lebih besar, Sabtu (10/09).

Fitur Dual Pane merupakan fitur terbaru dari Google Keep, di mana memberikan tampilan dan fitur yang lebih maksimal ketika mengaksesnya di perangkat tablet dan ponsel lipat, yang memiliki ukuran layar lebih besar dibandingkan dengan ponsel dengan ukuran biasa.

Dual Pane memberikan fitur yang leluasa, ketika mengaksesnya pada tablet dan perangkat ponsel lipat, satu sisi layar bisa pengguna akses untuk mengedit catatan, sedangkan sisi lainnya bisa diakses untuk membuat catatan yang baru.

Pada versi sebelumnya dari Google Keep, mereka memberikan akses untuk menampilkan catatan pada bagian tengah layar ponsel. Alhasil, kolom lainnya terlihat sedikit buram dan memang tidak dapat diakses, pengguna harus fokus mengakses kolom catatan yang saat itu tengah dibuka. Secara tampilan memang terlihat lebih terorganisir, namun tidak untuk ponsel lipat dan tablet yang cenderung memiliki ukuran layar besar.

Maka dari itu, memaksimalkan tampilan Google Keep pada perangkat ponsel lipat dan tablet rasanya memang sudah semestinya dilakukan. Jika dilihat, pasaran ponsel pintar sekarang ini memang telah cukup banyak yang merilis seri ponsel lipat mereka, sebut saja seperti Samsung sebagai partner kerja Google, dan Xiaomi.

“Dual Pane akan tersedia pada ponsel yang memiliki ukuran layar >840dp, dan bagi mereka yang menggunakan Google Keep dengan mode Landscape.” Tulis Google.

Pernyataan Google diatas menandakan bahwa fitur Dual Pane juga sebenarnya bisa diakses oleh mereka yang memiliki ponsel dengan ukuran biasa, sekitar 6 inci. Namun, fitur ini hanya akan aktif ketika pengguna mengubah mode menjadi Landscape.

google-keep-dual-pane

Tampilan baru Google Keep dengan Dual Pane

Untuk pengaturannya sendiri, hingga saat ini Google belum memberikan pernyataan apakah nantinya fitur Dual Pane akan bekerja secara otomatis atau harus diatur terlebih dahulu. Dual Pane dari Google Keep akan segera dirilis secara merata untuk semua penggunanya, dimulai pada minggu depan.

Google saat ini juga telah merilis pembaruan dari fitur terbaru mereka dalam layanan Google Note untuk fitur Widget Design. Di mana memang telah dimaksimalkan untuk perangkat tablet agar dapat menampilkan Bottom Bar yang lebih menarik.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend