Windows-11

Microsoft Kembali Uji Coba Tablet-Friendly Taskbar di Windows 11

NESABAMEDIA.COM – Microsoft kembali memberikan fitur uji coba mereka di pembaruan terbaru Windows 11, di mana ada sejumlah peningkatan dari taskbar yang ada dalam versi tablet Windows 11. Nantinya, pembaruan ini akan diterapkan dalam vesi Final Windows 11 22H2, Sabtu (10/09.

Sebelumnya, Windows pertama kalinya telah memperkenalkan fitur taskbar dalam versi tablet pada Feburari 2022 kemarin, bersamaan dengan perilisan Windows 11 yang semakin ditingkatkan. Kali in, nampaknya Microsoft kembali memperbaiki performa dan tampilan terbaru mereka dalam versi tablet.

Beberapa waktu lalu, Microsoft juga terlihat sedikit membocorkan rencana mereka mengenai perilisan fitur yang dapat dimaksimalkan pada versi tablet Windows 11. Karena memang, untuk versi tabletnya sendiri sejumnlah fitur tidak dapat bekerja dengan baik selayaknya versi desktop.

Microsoft telah merilis sejumlah perangkat laptop yang bisa diubah menjadi mode tablet, sayangnya mode tersebut tidak dapat menjalankan beberapa fitur maksimal dari Windows 11, sebut saja seperti fitur taskbar yang dirasa kurang begitu sempurna.

Kali ini, dalam pembaruan Build 25197 Microsoft kembali melakukan uji coba dengan menyempurnakan fitur dari taskbar itu sendiri. Dalam tampilan barunya ini, taskbar akan secara otomatis disembunyikan ketika pengguna terdeteksi tidak mengakses taskbar dalam kurung waktu tertentu.

Taskbar Windows 11 Tablet

Tampilan Taskbar Baru di Windows 11 Tablet

Ketika tampilan taskbar diperkecil maka mode tablet akan memperlihatkan tampilan yang lebih bersih dan minimalis. Menariknya, ketika taskbar mulai diakses maka akan diperbesar dengan tampilan taskbar pada umumnya, ditambah dengan Start Button dan Widget yang sama ketika mengakses versi desktop.

Selain itu, dalam mode desktop juga Microsoft telah menambahkan fitur lain berupa animasi ketika mengakses pengaturan. Ketika pengguna mulai mengakses masing-masing System Tray, maka Windows 11 Build 25197 akan menampilkan perpindahan yang lebih mulus dengan tambahan animasi sederhana.

Animasi di Windows 11

Animasi di Windows 11

Pembaruan dari Windows 11 Insider Build 25197 ini juga telah memperbaiki masalah bug yang sebelumnya ada, perbaikan UI juga telah diperbaiki seperti penempatan dari icon Weather, Task Manager, dan Widget yang kini telah memberikan tampilan norma ala Windows 11.

Sementara itu, Microsoft mungkin saja sedang mempersiapkan hasil akhir dari Windows 11 22H2 yang mana dirumorkan akan dirilis beberapa hari lagi, tepatnya pada tanggal 20 September nanti.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend