Mengenal Pengertian CLI

Apa itu CLI? Mengenal Pengertian CLI (Command Line Interface)

Apa itu CLI? CLI merupakan singkatan dari Command Line Interface yang merupakan sebuah program yang digunakan untuk mengetik perintah teks. Tujuannya agar komputer mampu menjalankan tugas atau fungsi tertentu.

Meskipun sangat kuat, namun penggunaan CLI ternyata tidak diterima secara baik. Para pemula tidak ingin menggunakan CLI karena mereka berpendapat bahwa CLI hanya untuk para pengguna yang sudah pro. Padahal kenyataannya tidak demikian.

Sekarang penggunaan CLI terhadap komputer memang sudah jarang kita temukan. Hal ini karena para pengguna lebih berminat menggunakan GUI atau Graphic User Interface sebagai perantara antara pengguna dengan komputer. Mereka berpendapat bahwa GUI lebih mudah digunakan karena menyediakan tampilan grafis. Dengan begitu, para pengguna lebih mudah di dalam mengoperasikan komputer.

Berbeda dengan CLI yang hanya memiliki antarmuka berupa teks dengan background gelap. Bagi orang yang baru pertama kali melihatnya tentu saja akan langsung malas ketika harus menggunakan CLI. Meskipun sekarang penggunaan GUI lebih banyak, namun bukan berarti CLI sudah tidak dibutuhkan. Para pengguna komputer yang sudah ahli sering menggunakan CLI untuk memberikan perintah kepada komputer.

Misalnya pada saat ingin mengelola maupun mengurus server, administrasi, hosting web, keamanan, dan lain-lain. Bahkan CLI menjadi sistem andalan bagi para peretas atau hacker. Anda pun pasti pernah melihat film yang memperlihatkan adegan pembobolan server di mana tampilan di komputer hanya berupa teks dan itulah tampilan CLI.

Kelebihan CLI

Kelebihan CLI

Tidak bisa dipungkiri bahwa dari segi visual, GUI memiliki tampilan yang lebih baik dibandingkan CLI. Pengguna lebih mudah menjalankan perintah di GUI daripada di CLI. Namun untuk beberapa hal, CLI memiliki beberapa kelebihan dibandingkan Graphic User Interface tersebut seperti yang kami sebutkan di bawah ini.

1. Sumber Daya yang Minim

Perlu Anda ketahui bahwa program yang berbasis teks memerlukan sumber daya yang sangat minim. Penggunaan CLI tentu sangat ringan. Anda tidak harus memiliki komputer dengan spesifikasi yang mempuni untuk bisa menjalankan perintah berbasis teks tersebut.

2. Tingkat Presisi yang Tinggi

Anda bisa menggunakan sebuah perintah khusus untuk tujuan tertentu dengan lebih mudah. Dengan catatan, Anda mengetik perintahnya dengan benar. Ketika Anda selesai mengetik perinta tersebut, maka tidak menunggu waktu lama sampai apa yang Anda tergetkan kemudian muncul. Ini tidak memakan banyak waktu karena prosesnya yang cenderung sangat cepat.

3. Mudah Melakukan Tugas Berulang

Kita tahu bahwa GUI memang sudah berkembang sangat baik. Namun GUI ternyata masih belum memberi Anda kebebasan dalam menjalankan semua tugas.

Hal ini sudah tentu berhubungan dengan keamanan sehingga membuat Anda kewalahan ketika harus menjalankan tugas yang berulang. Berbeda dengan CLI yang memungkinkan Anda hanya menggunakan satu perintah saja dan otomatis akan menjalankan tugas berulang dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Send this to a friend