Contoh Aplikasi Akuntansi Terbaik

10 Contoh Aplikasi Akuntansi Berbasis Desktop (Terbaik 2022)

Kenali contoh aplikasi akuntansi berbasis desktop terbaik untuk menunjang pekerjaan

Aplikasi Akuntansi merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang memiliki peranan penting, terutama dalam hal bisnis. Dengan menggunakan jenis perangkat lunak ini, maka hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan hal bisnis atau akuntansi akan teratasi dengan lebih mudah.

10 Contoh Aplikasi Akuntansi Terbaik

Akuntansi sendiri merupakan sebuah langkah sistematis dalam pekerjaan menyangkunt pencatatan, dan pengencekan informasi finansial di sebuah perusahaan. Software akuntansi sendiri merupakan software yang memudahkan hal tersebut. Berikut ini 10 Aplikasi Akuntansi yang bisa Anda gunakan :

1. MYOB Accounting

MYOB Accounting

MYOB Accounting merupakan salah satu software yang umum dan cukup populer digunakan di Indonesia. Software ini juga biasanya digunakan oleh sekolah untuk mengajar pelajaran sistem informasi akuntansi (SIA). Terdapat tiga versi yang beredar di Indonesia yaitu MYOB basic, MYOB Accounting, MYOB Primer.

MYOB basic adalah varian MYOB yang paling sederhana dan paling murah. Penggunaanya tidak disarankan untuk perusahaan dengan transaksi yang rumit dan menginginkan laporan keuangan yang lengkap. Dalam MYOB basic, tidak ada modul Inventory, tidak ada modul Pembelian, kartu stock, laporan utang, dan tidak bisa send to excel secara otomatis.

Sedangkan MYOB Premier adalah varian MYOB dengan fitur terlengkap. Perbedaan utama antara MYOB Premier dengan MYOB Accounting adalah fasilitas MYOB premier untuk menangani transaksi multicurrency, fasilitas untuk melacak mutasi antar gudang, serta fasilitas multiuser. Berikut merupakan kelebihan MYOB Accounting yang perlu Anda ketahui

  • User Friendly (mudah digunakan)
  • Tingkat keamanan (security) yang cukup valid untuk setiap user
  • Kemampuan explorasi, semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses eksport/impor file, yang merepotkan.
  • Kemampuan trash back ke source document dan source transaksi
  • Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasi
  • Menampilkan laporan keuangan komparasi serta analisa laporan keuangan dalam bentuk grafik.
  • Sudah teruji dibeberapa Negara maju dan berkembang lainnya.

2. Zahir Accounting

Zahir Accounting

Zahir Accounting, merupakan produsen software akuntansi yang sangat inovatif dan mengedepankan kemudahan dalam penggunaannya. Pada tahun 1996, diluncurkan Zahir Accounting versi 1.0 dan pada tahun 1997 dikembangkan versi. 2.0. Dalam perkembangannya, Zahir Accounting terus mengalami perbaikan dan penyempurnaan.

Hingga saat ini Zahir Accounting sudah merilis versi 6.0 serta aplikasi akuntansi yang berbasis cloud. Perbaikan dan penyempurnaan yang dilakukan tersebut dilakukan agar dapat menyesuaikan perkembangan teknologi dan memenuhi kebutuhan user sehingga software ini selalu up to date.

Zahir Accounting sudah menyediakan berbagai laporan yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan, serta Zahir Accounting juga menyediakan fasilitas Desain laporan sehingga user dapat mendesain laporan yang diininginkannya. Zahir Accounting memiliki beberapa pilihan paket yang dapat digunakan sesuai dengan skala dan jenis perusahaan. Kelebihan Zahir Accounting adalah sebagai berikut :

  • Lebih Mudah Digunakan
  • Detail Tampilan yang Lebih Baik, Rapi dan Terstruktur
  • 99% Bebas Bug
  • Telah Terbukti Ketangguhan dan Keunggulannya
  • Lebih Dalam dan Lebih Murah
  • Tidak Ada Ketergantungan

3. Accurate 5

Accurate 5

Aplikasi keuangan yang satu ini cocok digunakan untuk berbagai bidang perusahaan karena memiliki fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Software aplikasi akuntansi di laptop/PC ini diluncurkan oleh CPSoft yang telah dikenal dengan kualitasnya yang tinggi. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur pendukung seperti penjualan, pembelian, buku besar, persediaan, aktiva tetap, kas/bank, hingga job costing dan RMA (return merchandise authorization).

Saat  ini Accurate Software terdiri dari dua versi, yaitu ACCURATE Desktop versi 5 dan ACCURATE Online (Web Base). Accurate Desktop hanya bisa diinstall di komputer dengan operating system berbasis Windows. Sedangkan Accurate Online bisa dibuka melalui  browser internet dari semua gadget seperti Komputer (PC), Laptop, Tablet-PC dan Smartphone (Andriod dan iOS).

4. Bee Accounting

Contoh Aplikasi Akuntansi Berbasis Desktop

Pernakah anda berpikir, adakah program accounting yang diproduksi oleh anak bangsa, bee accounting adalah salah satunya. Software ini tersedia dalam versi lite, gold dan platinum dengan beberapa perbedaan fitur software.

Aplikasi keuangan ini dinilai memiliki berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan termasuk untuk mempersiapkan kebutuhan perpajakan.

Menariknya, aplikasi bee accounting ini juga memiliki beberapa versi seperti versi desktop dan cloud yang bisa mempermudah para penggunanya untuk mengakses aplikasi menggunakan berbagai perangkat. Fitur yang disediakan dalam aplikasi ini sebenarnya serupa dengan aplikasi keuangan lainnya.

Namun aplikasi akuntansi di laptop/PC ini memiliki berbagai manfaat yang sangat lengkap mulai dari tersedianya berbagai desain formulir transaksi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan hingga tersajinya laporan keuangan dan perpajakan yang mudah dipahami.

5. SQL Ledger

SQL Ledger

Jika anda menjalankan sebuah Lembaga non-profit, salah satu software akuntansi yang bisa anda gunakan adalah software akuntansi gratis bernama SQL Ledger. Software ini merupakan sebuah software akuntansi yang sangat baik untuk usaha kecil, menengah, dan juga perusahaan non-profit.

Software ini sangat lengkap dan memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan dengan gratis. Namun, anda perlu mempelajarinya sendiri karena software ini adalah software open-source yang berarti semua orang bisa mengembangkan software ini.

6. Omegasoft

Omegasoft

Dulunya bernama omega accounting, software akuntansi yang satu ini merebranding nama mereka menjadi omegasoft.

Menjadi salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia, Omegasoft dibekali dengan fitur penyimpanan cloud yang berarti kita bisa mengakses data dengan cara real-time. Omegasoft juga memberikan fitur integrase dengan sistem kasir yang bisa digunakan untuk usaha kecil dan menengah.

7. DacEasy Accounting (DEA)

DacEasy Accounting (DEA)

Dac Easy Accounting merupakan software (perangkat lunak) komputer untuk akuntansi yang di produksi oleh Sage Software, Inc. Dac Easy accounting merupakan serangkaian modul yang terintegrasi guna mengolah data akuntansi sehingga menghasilkan laporan keuangan.

Dengan DacEasy Accounting pengolahan data akuntansi yang manual relatif tidak diperlukan lagi, karena dapat ditangani dengan cepat dan tepat oleh DacEasy Accounting. DacEasy Accounting & Payroll 95 memiliki berbagai keunggulan baik dari segi fungsi, menu dan modul jika dibandingkan versi- versi sebelumnya.

8. Wave Accounting

Contoh Aplikasi Akuntansi Terbaik: Wave Accounting

Wave Accounting adalah software akuntansi berbasis online yang sasarannya adalah bisnis kecil, dan sasarannya adalah bisnis kecil. Aplikasi ini mendukung penggunaan multi mata uang.

Wave merupakan perangkat lunak akuntansi yang disajikan online secara penuh serta dirancang khusus untuk pribadi, pengusaha kecil dan freelancer atau bagi siapa saja melakukan pekerjaan pribadi maupun penanganan akuntansi atau pembukuan.

Semua tugas yang berhubungan dengan keuangan dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan Wave Accounting yang pasti membuatnya mudah dengan mengingatkan Anda, faktur dan pajak penjualan.

Segala macam biaya juga dapat mudah dilacak tanpa memasukkan apapun secara manual. Wave Accounting benar-benar gratis. Semua akuntansi pribadi Anda serta bisnis akuntansi mudah ditangani oleh Wave Accounting dalam satu wadah.

Wave menawarkan berbagai bentuk berguna laporan yang meliputi : Neraca, General Ledger, Laporan Laba Rugi, Laporan Pajak penjualan, Piutang Umur dan Hutang, Laba/Rugi, Pertukaran Mata Uang Asing dan banyak lagi.

9. Acosys

Acosys

Aplikasi Acosys  bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin merapikan administrasi keuangan adalah acosys. Aplikasi besutan PT. Acosys Global Data ini dikenal memiliki berbagai fitur canggih yang bisa mempermudah proses administrasi.

Mulai dari persediaan barang, arus kas, hingga laporan keuangan bisa Anda dapatkan melalui aplikasi akuntansi di laptop/PC ini. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga dikenal memiliki call center yang fast respon menggunakan fitur live chat sehingga berbagai permasalahan bisa diselesaikan dengan cepat.

10. AbiPro

AbiPro

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi keuangan yang berkualitas tinggi, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi AbiPro. AbiPro sendiri merupakan aplikasi keuangan yang telah diluncurkan hampir 35 tahun yaitu sejak tahun 1985.

AbiPro dikenal sebagai aplikasi keuangan yang memiliki fitur lengkap mulai dari buku besar, persediaan, pembelian, penjualan, hingga utang piutang. Anda juga bisa melihat tampilan laporan keuangan yang lengkap sehingga laporan keuangan perusahaan Anda bisa digunakan dengan sempurna.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi Akuntansi yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend