Alasan Microsoft Mundurkan Tanggal Pembaruan Driver

Alasan Microsoft Mundurkan Tanggal Pembaruan Driver

NESABAMEDIA.COMJika anda sering memeriksa pembaruan di Windows 11 ataupun di Windows 10, mungkin anda melihat adanya driver lama dan bahkan driver yang sudah tidak berfungsi muncul di bagian pembaruan opsional.

Dalam beberapa tahun terakhir, pengguna telah menerima pembaruan driver yang tertulis sebagai “INTEL-System”, yang tanggalnya dimundurkan (backdate) ke tahun 1968 meski mereka baru saja meningkatkan ke Windows 11.

Kebanyakan driver-driver ini, yang mungkin bermasalah karena spesifikasinya yang aneh, tersedia di bawah panel pengaturan Pembaruan Opsional Windows 11 dan Windows 10. Dalam sebuah unggahan post baru di blognya, Microsoft memberikan penjelasan, mengapa dan bagaimana driver tersebut di-’backdate’ pada Windows.

Sebagai informasi, ada tiga jenis perilisan driver di Windows, yakni driver yang memang dikeluarkan resmi oleh Windows atau Microsoft, driver yang dirilis oleh perusahaan seperti Intel atau Nvidia, dan driver khusus yang dikembangkan oleh produsen PC.

Dalam penjelasannya itu, Microsoft mengatakan bahwa tanggal di semua driver Windows telah diatur menjadi tanggal 21 Juni 2006, untuk mengurangi masalah kompatibilitas. 

Sementara itu, pembaruan Windows akan mengurutkan driver dalam beberapa faktor, termasuk pada urutan sesuai tanggal terbaru. Misalnya, jika sebuah driver yang tersedia di daftar pustaka driver Microsoft cocok dengan ID hardware perangkat, maka itu akan ditempatkan di urutan pertama, dan pengguna akan bisa untuk mengunduhnya.

Namun, jika ada lebih dari satu driver yang cocok dengan ID hardware, sebuah driver dengan timestamp yang terbaru akan secara otomatis dipilih. Jika ada kesamaan dengan beberapa driver dalam kasus ini, maka Microsoft akan melihat pada versi file terbaru yang cocok dengan tanggal rilisan build. 

Akan tetapi masih ada masalah lain, di mana driver Windows akan secara otomatis memiliki timestamp yang lebih baru daripada yang disediakan oleh pabrikan saat anda memasang build Windows terbaru. Akibatnya, driver pabrikan perangkat anda akan digantikan oleh driver Windows, dan ini bisa merusak fitur tertentu pada perangkat anda. 

Oleh sebab di atas itulah, driver Windows di-’backdate’ untuk mengatasi masalah yang disebutkan di atas. Dengan demikian, Microsoft memungkinkan driver pabrikan perangkat untuk tetap menjadi yang diprioritaskan, ketimbang driver yang disediakan oleh Windows. 

Pada dokumen lainnya, Microsoft mengatakan bahwa driver Intel telah di-backdate ke tahun 1968, ini adalah tahun di mana Intel baru didirikan, untuk alasan yang sama, yakni menurunkan tingkat prioritas driver Intel ketika driver pabrikan telah tersedia. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend