• Our Partners:

10 Contoh Aplikasi Antivirus Paling Bagus

10 Contoh Aplikasi Antivirus yang Paling Bagus untuk Laptop / PC

Kumpulan contoh aplikasi antivirus yang paling bagus dan direkomendasikan untuk laptop / PC

Antivirus adalah sebuah perangkat lunak yang diciptakan untuk menangkal virus, memberikan perlindungan serta keamanan data dan sistem di komputer. Virus biasa menyerang komputer yang tidak dilindungi antivirus. Namun, tidak semua antivirus bisa membersihkan virus.

10 Contoh Aplikasi Antivirus Paling Bagus

Virus bisa menyebar dari file unduhan atau masuk ketika browsing internet. Virus juga bisa masuk dan menyerang media penyimpanan seperti flashdisk, memory card, atau hard disk eksternal. Maka dari itu, scan dulu perangkat tersebut sebelum digunakan. Berikut merupakan 10 Aplikasi antivirus yang bisa Anda gunakan untuk melindungi komputer/laptop kesayangan Anda.

1. Avast Antivirus

avast antivirus

Avast Antivirus menjadi salah satu software antivirus yang paling bagus dan populer. Nggak tanggung-tanggung, Avast dibekali berbagai fitur canggih yang mungkin nggak dimiliki tetangga sebelah. Mulai dari Behaviour Shield si pengawas aplikasi, CyberCapture untuk membersihkan ancaman virus, Smart Scan yang mendeteksi ancaman keamanan, dan Wi-Fi Inspector untuk menjaga koneksi internet tetap aman.

For your information, semua fitur yang ada di Avast bersifat realtime. Jadi, kalau ada virus atau sesuatu yang nggak wajar di laptop kamu, Avast langsung bereaksi dan “membersihkan” semuanya.

Selain itu, Avast juga dilengkapi dengan bootscan yang bertugas melakukan proses scan pada laptop sebelum masuk ke dalam sistem. Pokoknya, scan virus pakai Avast menyeluruh banget! Nggak perlu khawatir lagi soal perlindungan untuk laptop kesayangan Anda.

2. Bitdefender

bitdefender

Bitdefender memiliki kualitas yang nggak jauh berbeda dari Avast Antivirus. Soalnya, antivirus asal Rumania ini memiliki berbagai fitur canggih untuk membasmi virus dari laptop kesayangan Anda.

Sebut saja On-demand virus scanning yang bisa melenyapkan berbagai jenis virus (trojan, malware, ransomware), anti-phishing feature untuk melindungi semua akun online milikmu dari pencurian data, behavioral detection yang bertugas mengawasi aplikasi yang digunakan, dan Anti-fraud yang akan memantau situs-situs yang Anda kunjungi.

3. AVG Antivirus

AVG antivirus

AVG memiliki dua fitur canggih yang nggak dimiliki Avast, yaitu File Shredder dan perlindungan dari pencurian data. Praktisnya, AVG juga nggak mewajibkanmu melakukan registrasi yang membutuhkan informasi pribadi.

Untuk urusan membasmi virus, AVG sama sekali tidak arogan. File yang terdeteksi sebagai virus biasanya akan dikarantina dan nggak langsung dihapus. Setelah dikarantina, kamu bisa memastikan ulang dan memilih sendiri file berisi virus yang mau dimusnahkan. Terakhir, AVG juga memiliki linkscanner, fitur scan yang aktif waktu kamu asyik browsing seharian.

4. Avira

Avira

Avira juga menjadi salah satu antivirus yang nggak bisa dipandang sebelah mata. Untuk menjaga laptop/ PC kesayangan Anda dari malware, ransomware, spyware, dan phising, kamu bisa percaya sama Avira.

Dengan tampilan user interface yang enak dipandang, Avira membuat kegiatan bersih-bersih virus jadi praktis. Terus, nggak jauh berbeda dari AVG AntiVirus, Avira juga nggak semena-mena menghapus file yang mencurigakan. Ya, semuanya harus melalui persetujuan Anda sebagai pengguna biar nantinya tidak ada kesalahan.

5. Norton

norton

Norton Antivirus adalah software Norton pertama kali yg diciptakan oleh Symantec dan juga cukup terkenal dalam pasar Antivirus. Antivirus yg sudah dipatenkan ini memiliki sistem scanning yg kuat, update definisi reguler, dan Real-time Protection yg menggunakan Auto-protect Technology dan SONAR protection ( Symantec Online Advanced Response) yg sangat efektif terhadap serangan Malware.

Antivirus ini melakukan pembauran terus-menerus dengan tujuan membuat Anda merasa aman dari ancaman masa kini dan masa datang. Perusahaan Symantec berjanji akan memberikan perlindungan yg sempurna untuk setiap komputer. Norton Ini cocok untuk Anda yg jarang online dan komputer yang sangat rentan terinfeksi.

6. Panda Cloud Antivirus

Panda Cloud Antivirus

Panda Cloud Antivirus adalah antivirus yang menggunakan cloud untuk melindungi laptop. Dengan memanfaatkan cloud, update program dan scanning system otomatis akan berkurang, sehingga antivirus ini cukup ringan. Berdasarkan tes terbaru yang dilakukan AV-Test, Panda berhasil mendapat nilai rata-rata untuk mendeteksi virus dan ancaman lainnya.

Kalau Anda berencana menginstal Panda, antivirus ini akan langsung melakukan scanning system untuk memastikan laptop kesayangan Anda terlindungi, dengan melihat installation processupdate program, dan scanning system-nya, Panda bisa menjadi salah satu antivirus yang diandalkan.

7. McAfee

McAfee

McAfee adalah penyedia deteksi malware real time yang unggul serta beberapa proteksi web terbaik di pasaran dengan harga bagus. McAfee juga mempunyai banyak sekali fitur ekstra yang bermanfaat, mencakup dasbor intuitif di seluruh sistem operasi yang didukungnya, dan memberikan cakupan hingga 10 perangkat (Pengguna AS juga bisa mendapatkan cakupan untuk jumlah perangkat yang tidak terbatas, yang tidak ditawarkan oleh pesaing utama lainnya).

Pemindai antivirus McAfee berhasil mencatat tingkat deteksi malware 100% yang mengesankan dalam semua pengujian saya pada perangkat Windows, Mac, Android, dan iOS.

Antivirus ini juga mampu mengidentifikasi dan memblokir ancaman canggih maupun yang sederhana, termasuk virus, trojan, perangkat mata-mata (spyware), ransomware, dan penipu mata uang kripto. McAfee juga memberikan lebih banyak fitur tambahan dibandingkan kebanyakan antivirus lainnya.

8. Total AV Antivirus

Total AV Antivirus

Total AV telah membuat percikan raksasa di pasar antivirus baru-baru ini. Perusahaan yang tergolong baru ini menawarkan perangkat lunak yang kuat dan mudah digunakan sehingga memberikan dampak yang relatif kecil pada kecepatan sistem Anda. Total AV menyediakan perangkat lunak antivirus yang benar-benar modern serta mampu mengimbangi dominasi yang berkembang dari perangkat seluler.

Apakah Anda perlu melindungi ponsel pintar, tablet, PC, atau kombinasi lainnya, Total AV siap melakukannya. Mereka menawarkan paket terjangkau serta kompatibel dengan semua sistem operasi besar. Apa pun kebutuhan Anda, Total AV jarang dapat dikalahkan pada harga atau kemudahan penggunaan.

9. Intego VirusBarrier

Intego VirusBarrier

Intego VirusBarrier akan melindungi Anda dari aneka jenis virus dan ancaman keamanan siber online, terutama saat Anda menggunakan koneksi Wi-Fi publik. Intego juga punya cukup banyak sarana optimasi Mac, termasuk “Reclaim”, “Duplicates”, dan “Organize” dari Washing Machine, yang membantu membersihkan, mengorganisasi, dan membebaskan ruang keping keras yang berharga di Mac Anda.

Perangkat tambahan, seperti Personal Backup, menyajikan fitur-fitur canggih yang belum pernah saya lihat pada fitur pencadangan terintegrasi dari Apple —Time Machine.

Dengan semua perangkat ini, saya merasa benar-benar tenang karena tahu bahwa saya 100% terproteksi terhadap semua ancaman keamanan siber — dan inilah mengapa saya menganggap Intego sebagai raja perangkat lunak antivirus khusus Mac.

10. BullGuard

BullGuard

BullGuard Antivirus adalah perusahaan yang berbasis di London yang telah mengembangkan alat antivirus dan keamanan konsumen yang populer sejak tahun 2002. BullGuard Antivirus memiliki beberapa hal yang terjadi untuk itu. Antarmukanya mudah digunakan dan dipelajari, dan program ini memungkinkan banyak penyesuaian. Plus, pemindaian aktif hanya memiliki dampak sistem moderat.

BullGuard Antivirus adalah produk sederhana dan mudah dilakukan dengan perlindungan virus real-time, pemblokiran URL berbahaya, dan, yang mengejutkan, filter spam yang dapat disesuaikan. Dukungan pelanggan 24/7 ada di tangan jika Anda mengalami kesulitan. Perusahaan Denmark mungkin sudah mulai kecil, namun tim di belakangnya menjadikannya salah satu nama paling populer di industri ini. Semua berkat solusi keamanan hebat yang mereka tawarkan selama ini.

Demikianlah 10 contoh aplikasi Antivirus yang dapat Anda gunakan pada PC ataupun laptop Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend