Contoh Formulir Pendaftaran untuk Berbagai Keperluan

10+ Contoh Formulir Pendaftaran untuk Berbagai Keperluan

Pengertian secara umum dari formulir yaitu lembaran-lembaran atau kertas yang memiliki ukuran spesifik dan didalamnya terdapat informasi maupun data yang memiliki sifat yang tetap, dan juga terdapat berberapa segi lainnya yang dapat ditulisan dan diisi berbagai informasi yang tak tetap.

Formulir-formulir tersebut sering kita temui di mana saja dan di tempat mana saja yang membuka pendaftaran seperti perlombaan, pekerjaan, ekstrakurikuler dan lain sebagainya. Dengan adanya formulir tersebut, lembaga atau organisasi bisa mengetahui informasi mengenai peserta yang sudah mendaftar secara spesifik.

Nah, pada artikel ini, penulis akan membahas mengenai beberapa contoh mengenai formulir pendaftaran. Berikut adalah contoh dari berbagai formulir pendaftaran yang dapat Anda lihat di bawah ini.

Kumpulan Contoh Formulir Pendaftaran

Adapun manfaat dari formulir pendaftaran yaitu dapat mencari informasi secara spesifik, menjadi media komunikasi antar organisasi, orang, maupun lainnya.

Oleh karena itu, untuk merekrut seseorang biasanya sebuah lembaga, organisasi, komunitas dan lain sebagainya sering menggunakan formulir untuk mendapatkan informasi yang valid mengenai seseorang.

Biasanya didalam formulir  terdapat biodata yang harus kita isi sesuai dengan data kita. Tidak hanya itu, ada juga data yang harus kita isi sesuai dengan apa yang diminta pada formulir pendaftaran tersebut, dan biasanya data yang diminta akan berkaitan sesuai dengan formulir apa yang akan kamu daftarkan.

Dibawah ini adalah beberapa contoh dari formulir pendaftaran berbagai  kebutuhan:

1. Contoh Formulir Pendaftaran Anggota Biasa

Contoh Formulir Pendaftaran Anggota Biasa

Untuk membuat formulir pendaftaran anggota biasa untuk sebuah organisasi atau ikatan, biasanya Anda harus memberikan kolom yang akan diisi oleh para calon pendaftar berupa data pribadi, riwayat pendidikan dan juga pernyataan kesediaan.

Data pribadi sangat diperlukan, karena sebuah organisasi atau ikatan harus mengetahui informasi pribadi terkait para calon pendaftar agar dapat disimpan menjadi arsip di database mereka, dan riwayat pendidikan sangat berguna karena harus mengetahui para pendaftar berasal dari lulusan mana dan mengambil jurusan apa.

Karena pada contoh diatas merupakan gambar formulir pendaftaran untuk ikatan arsitek indonesia, dimaan para pendaftar juga harus sudah menempuh pendidikan di jurusan Arsitektur.

Form pernyataan kesediaan juga penting, karena para pendaftar harus menyetujui apa yang sudah menjadi ketentuan disuatu organisasi atau ikatan tersebut.

2. Contoh Formulir Pendaftaran Beasiswa

beasiswa

Pernahkah Anda mendaftar beasiswa ? Biasanya untuk mendaftar beasiswa, Anda pasti diminta untuk mengisi formulir sebagai syarat pendaftaran. Diatas merupakan salah satu contoh dari formulir pendaftaran untuk beasiswa.

Seperti yang sudah Anda lihat untuk formulir pendaftaran beasiswa, biasanya akan diminta keterangan diri dengan sangat lengkap. Tidak hanya itu, Anda juga akan diminta mengisi form pendidikan dan juga keorganisasian. Hal itu dikarenakan agar sebuah instansi yang menggelar beasiswa mengetahui keaktifan Anda.

Formulir pendaftaran diatas juga dapat Anda jadikan referensi apabila Anda ingin membuat formulir pendaftaran untuk beasiswa lainnya.

3. Contoh Formulir Pendaftaran Calon Bantara

bantara

Bagi Anda yang merupakan anak Pramuka, pasti pernah tau dong apa yang dimaksud dengan bantara? Ya, bantara merupakan tingkatan dari syarat-syarat kecakapan umum di organisasi Pramuka. Nah, untuk bisa naik menjadi penegak bantara, biasanya seorang calon bantara dminta untuk mengisi formulir seperti pada contoh gambar diatas.

Contoh formulir pendaftaran diatas juga dapat Anda gunakan untuk membuat formulir pendaftaran dalam tingkatan pramuka lainnya, seperti untuk calon penegak, calon penggalang dan lain sebagainya.

4. Contoh Formulir Pendaftaran Guru

Contoh Formulir Pendaftaran Guru

Sebagai seseorang yang ingin melamar menjadi seorang guru disebuah sekolah swasta, biasanya akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Karena dengan begitu, pihak sekolah maupun yayasan akan mengetahui tentang kemampuan dan apa yang kamu harapkan di sekolah tersebut.

Contoh formulir diatas juga dapat kamu jadikan referensi untuk membuat formulir pendaftaran pada bidang pendidikan lainnya seperti untuk mencari guru privat, mentor, dan lain sebagainya.

5. Contoh Formulir Pendaftaran

bola

Sebuah klub dalam bidang olahraga pasti memerlukan pemain yang berkompeten dibidangnya, dan untuk merekrut seseorang dalam klubnya, mereka harus membuat pendaftaran. Oleh karena itu, mereka harus membuat formulir pendaftaran untuk dapat merekrut seseorang ke tim mereka.

Diatas merupakan contoh dari formulir pendaftaran untuk klub sepak bola. Pada formulir diatas, orangtua harus mengetahui bahwasanya seorang anak mendaftar di klub sepak bola mereka. Anda juga dapat membuat formulir pendaftaran untuk klub olahraga yang lainnya berdasarkan contoh formulir pendaftaran diatas.

6. Contoh Formulir Pendaftaran Himpunan

organisasi

Pada setiap jurusan di sebuah Universitas pasti memiliki organisasi yang biasa disebut dengan himpunan jurusan. Nah, untuk mendaftar menjadi anggota dari sebuah himpunan tersebut, Anda juga harus mengisi sebuah formulir pendaftaran.

Seperti gambar contoh formulir pendaftaran himpunan jurusan diatas, Anda juga dapat membuat formulir pendaftaran untuk himpunan yang Anda di jurusan Anda. Dengan begitu, Anda pun bisa menyesuaikan isi dari form tersebut sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.

7. Contoh Formulir Pendaftaran PORSENI

Contoh Formulir Pendaftaran PORSENIDiatas merupakan salah satu contoh dari formulir pendaftaran PORSENI. PORSENI biasa diadakan untuk menampilkan perlombaan olahraga dan juga seni. Dan untuk siapa yang ingin tampil di perlombaan tersebut, haruslah mendaftarkan dirinya terlebih dahulu.

Nah, untuk Anda yang ingin membuat formulir pendaftaran PORSENI di sekolah maupun Universitas Anda, Anda dapat menjadikan gambar diatas sebagai referensi Anda.

8. Contoh Formulir Pendaftaran SMA

sma

Sebagai sekolah yang sedang membuka pendaftaran murid baru, pasti akan meminta calon murid tersebut mengisi formulir pendaftaran. Hal tersebut berguna agar pihak sekolah mengetahui identitas murid dan juga orangtuanya untuk disimpan dan kemudian akan digunakan untuk keperluan pendidikan lainnya.

Apabila Anda masih bingung bagaimana cara membuat formulir pendaftaran untuk merekrut murid baru di sekolah, Anda dapat menjadikan gambar diatas sebagai referensi.

9. Contoh Formulir Pendaftaran

pendaftaran

Sama seperti formulir pendaftaran murid SMA, pada penerimaan mahasiswa baru di Universitas juga digunakan formulir pendaftaran untuk merekrut calon mahasiswanya. Pada formulir tersebut, para calon mahasiswa akan diminta mengisi form data diri, riwayat pendidikan dan lain sebagainya.

Anda juga bisa membuat formulir pendaftaran lainnya berdasarkan contoh formulir pendaftaran diatas. Anda dapat menambahkan form lainnya sesuai dengan yang Anda inginkan.

10. Contoh Formulir Pendaftaran

wisudaDiatas merupakan contoh dari formulir pendaftaran untuk Wisuda pascasarjana. Dapat dilihat didalam formulir tersebut, para wisudawan diminta untuk mengisi beberapa form terkait pendidikannya. Tidak hanya itu, para wisudawan juga diminta untuk melampirkan beberapa dokumen terkait pendidikannya.

Anda juga bisa membuat formulir pendaftaran Wisuda S1 dan S3 berdasarkan dengan contoh formulir pendaftaran diatas, tetapi Anda juga harus membedakan syarat-syaratnya, agar sesuai dengan strata pendidikannya.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai contoh formulir pendaftaran dalam berbagai keperluan. Anda juga dapat membuat formulir pendaftaran lainnya dengan menjadikan contoh-contoh diatas sebagai referensi Anda untuk membuat formulir pendaftaran yang Anda butuhkan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend