Contoh ID Card

10 Contoh ID Card untuk Dokter, Panitia, Karyawan, Tamu dan Lain-lain

Contoh ID Card – Pernahkah Anda memiliki ID Card ? Sesuai dengan namanya, ID Card adalah sebuah kartu yang sering digunakan sebagai identitas dari seseorang. Ditambah lagi ID Card ini sangat dibutuhkan untuk perusahaan karena setiap orang didalam perusahaan harus memakai ID Card sebagai tanda bahwa ia berada di divisi mana.

Contohnya yaitu seperti divisi marketing, divisi iklan, divisi digital, dan divisi yang lainnya. Tidak hanya itu, ID Card juga sering digunakan oleh panitia-panitia yang sedang menyelenggarakan sebuah acara.

Dan pada artikel ini, akan memberikan 10 contoh untuk ID Card yang digunakan oleh berbagai profesi dan kepentingan. Berikut adalah 10 contoh ID Card yang dapat Anda jadikan referensi.

10 Contoh ID Card 

ID Card arau biasa disebut kartu pengenal mempunyai peran yang sangat penting didalam keberlangsungan sesuatu hal yang sedang dijalankan seperti acara, perusahaan, dan pekerjaan.

Tak hanya itu, ID Card ini bisa digunakan sebagai kartu parkir khusus, kartu visitor, dan kartu perusahaan serta ID Card juga dapat digunakan sebagai kartu antrean apabila Anda mempunyai usaha perbank-an. kuliner, dan lain sebagainya. Dibawah ini adalah beberapa contoh ID Card yang dapat Anda jadikan referensi.

1. Contoh ID Card untuk Dokter

Contoh ID Card untuk Dokter

ID Card juga digunakan untuk seseorang yang bekerja dirumah sakit, contoh nya seperti dokter, perawat, staff administrasi dan lain sebagainya. Pada contoh kali ini yaitu ID Card untuk seorang dokter dari sebuah rumah sakit.

Desain dari ID Card ini di desain dengan formal, karena biasanya akan sama dengan para dokter yang lainnya pada rumah sakit tersebut. Pada ID Card tersebut terdapat informasi mengenai nama dokter, NIP, spesialis, dan rumah sakit mana mereka bekerja.

2. Contoh ID Card untuk Karyawan

Contoh ID Card untuk Karyawan

ID Card untuk karyawan umumnya didesain secara formal. Tetapi ada juga ID Card karyawan yang didesain tidak formal, namun harus sesuai dengan background dari perusahaan. Pada contoh ID Card diatas merupakan contoh ID Card karyawan yang didesain dengan formal. Pada ID Card tersebut tertera nama, divisi, ID, email, dan nomor handphone. Tetapi nomor handphone disini bisa ditulis atau tidak, karena nomor handphone termasuk kedalam informasi yang sangat pribadi.

Didalam ID Card untuk karyawan ini juga harus mencantumkan logo dan nama dari perusahaan dimana orang tersebut bekerja karena sebagai identitas dari perusahaan. Dan alangkah lebih baik apabila warna dari background ID Card tersebut sesuai dengan warna yciri khas dari perusahaan tersebut.

3. Contoh ID Card untuk Pegawai Percetakan

Contoh ID Card untuk Pegawai Percetakan

Jika Anda memiliki usaha sebuah percetakaan, Anda harus menerapkan ID Card untuk para karyawan Anda. Mengapa ? Karena ID Card ini berguna agar para customer yang datang dapat mengenali pagawai dari usaha percetakan Anda.

Tidak hanya itu, dengan adanya ID Card ini, Anda dapat mengontrol siapa yang sedang mengoperasikan alat-alat percetakan di usaha Anda. Dengan begitu, orang lain tak bisa sembarangan untuk memegang alat di usaha percetakan Anda.

4. Contoh ID Card untuk OSIS

Contoh ID Card untuk OSIS

Para anggota OSIS juga harus memiliki ID Card sebagai tanda identitas mereka. Didalam ID Card tersebut biasanya terdapat informasi mengenai nama, divisi, dan nama sekolah tempat Anda bersekolah. Dengan adanya ID Card ini, maka pada saat ada acara di sekolah, Anda akan lebih mudah untuk dikenali. Karena anak OSIS selalu memiliki tanggungjawab yang penuh pada jalannya acara di sekolah.

5. Contoh ID Card untuk Acara

Contoh ID Card untuk Acara

Pernahkah Anda menyelenggarakan sebuah acara, baik itu di sekolah, kampus, desa, maupun umum? Nah, biasanya pada sebuah acara pasti selalu ada panitia dan peserta. Dimana panitia adalah orang-orang yang bekerjasama untuk menyelenggarakan sebuah acara, sedangkan peserta adalah orang-orang yang diundang dan datang di acara tersebut.

Untuk membedakan antara peserta dan panitia, biasanya akan diberikan sebuah ID Card. Dimana pada ID Card tersebut tercantum kata Peserta dan Panitia. Dengan begitu, para peserta dapat mengikuti arahan dari panitia.

6. Contoh ID Card untuk Perpustakaan

Contoh ID Card untuk Perpustakaan

Apabila Anda seorang murid dari sebuah sekolah, pasti Anda akan diberikan ID Card perusahaan. Dimana ID Card tersebut berguna untuk meminjam atau mengembalikan buku yang Anda pinjam di perpustakaan sekolah Anda. Pada ID Card perpustakaan tersebut biasanya tercantum nama sekolah, nama murid, ID, barcode dan tak lupa pada bagian belakangnya tercantum tata tertib perpustakaan yang harus di patuhi oleh setiap siswa.

7. Contoh ID Card untuk PMI

Contoh ID Card untuk PMI

Sebagai sebuah organisasi juga sangat membutuhkan ID Card sebagai tanda pengenal untuk setiap anggota maupun orang yang memiliki jabatan pada organisasi tersebut. Pada contoh kali ini adalah contoh ID Card dari organisasi PMI. Pada ID Card tersebut tercantum logo PMI, nama, dan unit dimana orang tersebut berada.

8. Contoh ID Card untuk Security

Contoh ID Card untuk Security

Pada contoh kali yaitu contoh dari ID Card untuk Security. Sama seperti yang lainnya, security atau satpam juga harus memiliki ID Card sebagai tanda pengenal. Umumnya pada ID Card tersebut tercantum instansi tempat ia bekerja, foto berpakaian seragam satpam, ID, dan status security. Dengan adanya ID Card tersebut, satpam tersebut dapat dipercaya dari setiap orang yang datang pada sebuah perusahaan, bang atau instansi lainnya.

9. Contoh ID Card untuk Operator Pabrik

Contoh ID Card untuk Operator Pabrik

Contoh selanjutnya yaitu ID Card untuk Operator perusahaan. Pada setiap pabrik pasti memiliki karyawan yang bertugas untuk mengoperasikan mesin. Nah, itu biasa disebut juga dengan pegawai operator. Untuk membedakan pegawai operator dengan pegawai yang lainnya, maka dibutuhkan ID Card sebagai tanda pengenalnya.

Biasanya pada ID Card tersebut tercantum nama, bidang, ID pegawai, dan nama pabrik atau perusahaan tempat ia bekerja. Dan pada bagian belakang ID Card tersebut tak dibiarkan kosong begitu saja. Biasanya akan di berikan informasi tambahan berupa alamat pabrik atau perusahaan, serta barcode.

10. Contoh ID Card untuk Tamu

Contoh ID Card untuk Tamu

Didalam sebuah acara seperti seminar nasional, talkshow, seminar motivasi dan lain sebagainya pasti memiliki tamu sebagai narasumber atau orang yang akan memberikan ilmunya kepada orang-orang yang datang untuk menonton. Nah, orang tersebut dinamakan sebagai tamu atau Guest.

Dimana orang tersebut memiliki hak untuk datang dan tampil dihadapan semua peserta yang telah datang. Oleh karena itu, tamu juga harus memakai ID Card sebagai tanda pengenal. Karena dengan begitu, para panitia akan cepat mengetahui bahwasanya orang tersebut adalah seorang tamu. Nah, pada ID Card tamu tersebut biasanya tercantum foto, nama, posisi serta penanda dengan kata Guest.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai 10 contoh ID Card yang dapat Anda jadikan referensi untuk membuat ID Card perusahaan, usaha, atau jasa yang sedang akan Anda bangun. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan bisa memberikan Anda referensi.

Leave a Reply

Send this to a friend