Contoh Undangan Resmi

10+ Contoh Undangan Resmi untuk Berbagai Hal, Yuk Ketahui!

Contoh Undangan Resmi – Pada sebuah lembaga, organisasi, pemerintahan dan lain sebagainya pasti pernah mengeluarkan surat resmi. Surat resmi tersebut dapat berupa undangan, pengumuman, pernyataan, dan lain sebagainya.

Tetapi, tahukah Anda apa yang di maksud dengan surat resmi? Pengertian dari surat resmi yaitu sebuah surat yang sering digunakan untuk keperluan resmi atau formal oleh pihak tertentu. Contohnya yaitu surat yang dikeluarkan oleh lembaga, perorangan, organisasi, maupun instansi yang lain utnuk bisa saling berkomunikasi dengan yang lainnya secara formal.

Surat ini pun dibuat sesuai dengan aturan maupun kaidah yang sudah ditentukan sebelumnya, contohnya yaitu isi surat harus jelas dan efektif, penggunaan bahasa yang baku, serta dapat dibuat dengan cermar sesuai dengan keperluannya.

Kumpulan Contoh Undangan Resmi

Jika kamu sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan surat resmi, maka kamu juga harus mengetahui apa fungsi khusus dari surat tersebut. Fungsi surat resmi ini ada banyak, yaitu seperti sebagai sarana pemberitahuan ataupun informasi, sebagai bukti tertulis didalam bentuk dokmen yang mana isinya bisa dipertanggungjawabkan dan juga dapat dipercaya, serta lain sebagainya.

Pada artikel ini akan memberikan Anda 10 contoh undangan resmi yang dikeluarkan oleh organisasi, lembaga maupun instansi yang tertentu. Berikut adalah contoh-contoh dari undangan resmi.

1. Contoh Undangan Resmi Sosialisasi Syarat Calon Bupati

Contoh Undangan Resmi Sosialisasi Syarat Calon Bupati

Pada contoh diatas merupakan salah satu contoh surat undangan resmi yang dikeluarkan oleh lembaga KPU atau Komisi Pemilihan Umum. Dimana didalam surat tersebut berisikan undangan terbuka untuk sosialisasi syarat calon bupati pada pemilihan umum tahun 2020.

Jika dilihat pada suratnya, kita pasti langsung mengira bahwasanya surat tersebut adalah surat resmi karena sudah ada kop surat, isi yang sangat jelas dan efektif serta di tanda tangani oleh ketua KPU dan diberikan stempel.

2. Contoh Undangan Resmi Halal Bi Halal

Contoh Undangan Resmi Halal Bi Halal

Diatas merupakan contoh surat undangan resmi yang dikeluarkan oleh sebuah komunitas panjat tebing diwilayah magetan. Nah, pada undangan diatas dimaksudkan untuk mengundang para anggota komunitas tersebut untuk ikut dan datang ke acara halal bi halaal yang akan diselenggarakan.

Dengan adanya contoh surat diatas, Anda bisa menjadikannya bahan referensi untuk membuat surat undangan resmi untuk komunitas Anda. Dan jangan lupa untuk ditanda tangani oleh ketua komunitas dan ketua panitianya, agar para anggota komunitas Anda mempercayai bahwa surat tersebut benar adanya.

3. Contoh Undangan Resmi Pemerintah Daerah

Contoh Undangan Resmi Pemerintah Daerah

Undangan resmi dari pemerintah daerah juga sering dikeluarkan, contohnya yaitu seperti pada gambar diatas. Diatas merupakan contoh dari undangan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah kabupaten Bone.

Dimana pada isi suratnya, pemerintah kabupaten bone mengajak para staff dan pekerja di pemerintah kabupaten bone untuk dapat dan hadir pada pelaksanaan hari jadi kabupaten bone yang ke 690. Berdasarkan contoh diatas, bisa Anda jadikan referensi untuk membuat undangan resmi yang baik dan benar.

4. Contoh Undangan Resmi KKN

Contoh Undangan Resmi KKN

Apabila Anda seorang mahasiswa, pasti Anda akan merasakan kegiatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata. Nah, didalam program tersebut, Anda diminta untuk melakukan aksi nyata agar dapat membantu masyarakat dalam kesehariannya.

Agar bisa mengajak masyarakat untuk datang pada program kerja yang akan Anda buat, maka Anda harus membuat undangan resmi untuk para masyarakat tersebut agar dapat hadir. Nah, contoh diatas dapat Anda jadikan referensi apabila Anda akan membuat sebuah kegiatan pada program KKN Anda.

5. Contoh Undangan Resmi Musyawarah

Contoh Undangan Resmi Musyawarah

Didalam kehidupan ini, kita pasti sering melakukan musyawarah antar warga, pekerja, maupun yang lainnya. Karena dengan musyawarah tersebut akan mendapatkan keputusan yang adil dan baik untuk semuanya. Apabila kita ingin mengadakan musyawarah secara resmi, maka kita juga harus menyebarkan undangan yang secara resmi pula.

Mengapa ? Karena dengan begitu, orang yang menerima undangan tersebut akan mengetahui apa yang akan dibahas pada musyawarah tersebut. Diatas merupakan slaah satu contoh undangan resmi musyawarah. Dimana pada surat tersebut memiliki maksud untuk mengundang para guru yang mengajar mata pelajaran bahasa indonesia untuk bermusyawarah dalam membahas persiapan ujian nasional.

6. Contoh Undangan Resmi Pengumuman UN

Contoh Undangan Resmi Pengumuman UN

Pada gambar diatas merupakan contoh dari undangan resmi yang dikeluarkan oleh sekolah. Dimana perihal dari undangan tersebut adalah untuk mengundang para orangtua atau wali murid untuk datang melihat pengumuman Ujian Nasional. Sebagai sekolah, wajib untuk mengeluarkan undangan berbentuk surat resmi karena sudah berhubungan dengan para orangtua atau wali murid.

7. Contoh Undangan Resmi Hari Kemerdekaan Indonesia

Contoh Undangan Resmi Hari Kemerdekaan Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, maka sudah sepatutnya kita untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia, yaitu tepatnya pada tanggal 17 Agustus. Sebagai lembaga kedutaan besar Republik Indonesia atau biasa disebut dengan KBRI pasti harus selalu menyelenggarakan hari kemerdekaan tersebut setiap tahunnya. Seperti pada gambar diatas merupakan undangan resmi yang dikeluarkan KBRI untuk mengundang para masyarakat Indonesia yang ada di Tehran Iran ke acara hari kemerdekaan Indonesia.

8. Contoh Undangan Resmi

Contoh Undangan Resmi

Pada gambar diatas merupakan salah satu contoh undangan resmi dari salah satu kampus untuk mengadakan rapat seminar nasional. Sebagai panitia, memang harus rajin untuk mengadakan rapat agar progress suatu acara cepat terselesaikan.

Dengan contoh diatas, Anda juga bisa membuat undangan resmi rapat pada acara yang akan bangun sebagai panitia. Dan jangan lupa untuk memasukkan nama dan tanda tangan dari ketua dan sekretaris acara tersebut. Agar undangan tersebut dapat dipercayai orang yang membacanya. Serta tulislah informasinya selengkap dan seefesien mungkin.

9. Contoh Undangan Resmi Resmi

Contoh Undangan Resmi Resmi

Jika Anda mengikuti sebuah organisasi, pasti pada saat akan mengundang para anggota untuk mengikuti acara atau kegiatan dalam organisasi tersebut akan di keluarkan undangan secara resmi dari organisasi tersebut.

Contohnya pada gambar diatas merupakan salah satu contoh dari undangan resmi untuk melakukan pertemuan pada organisasi karang taruna. Nah, berdasarkan contoh diatas Anda dapat membuat undangan resmi untuk mengadakan pertemuan di organisasi yang sedang Anda kelola.

10. Contoh Undangan Resmi Reuni

Contoh Undangan Resmi Reuni

Pernahkah Anda menghadiri reuni dari sekolah Anda dahulu ? Jika pernah, pasti Anda pernah menerima undangan resmi dari komunitas alumni sekolah Anda, bukan? Pada gambar diatas merupakan salah satu contoh dari undangan resmi perihal reuni akbar dari komunitas alumni SMA Negeri 14 Jakarta Tahun 2007.

Dengan contoh diatas, Anda juga dapat membuat undangan resmi untuk reuni akbar sekolah Anda dahulu. Dan jangan lupa untuk memberikan tanda tangan dari ketua panitia pelaksana dan juga sekretarisnya, agar orang yang membaca undangan tersebut merasa yakin dan percaya bahwa undangan tersebut benar adanya.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai 10 contoh undangan resmi yang dapat Anda jadikan referensi. Anda bisa membuat undangan resmi seusai dengan kebutuhan Anda dengan melihat contoh-contoh diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Send this to a friend