5 Contoh Rumusan Masalah Makalah, Proposal, Penelitian dan Lainnya

Berbicara mengenai rumusan masalah, mungkin Anda sudah langsung terbayang dalam penulisan proposal atau makalah. Biasanya, rumusan masalah terdapat dibagian awal bab, yaitu bab pendahuluan.

Penulisan rumusan masalah terdapat setelah penulisan latar belakang. Jika latar belakang berisi tentang penjelasan singkat mengenai masalah yang akan dibahas, maka rumusan masalah ditulis dengan tujuan untuk memberikan batasan dari masalah tersebut.

Rumusan masalah atau disebut dengan research question sering dianggap sebagai jantung penelitian. Sebab, suatu masalah yang akan diangkat melalui penelitian harus dirumuskan terlebih dahulu agar mudah untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan adanya rumusan masalah, maka penelitian yang Anda lakukan akan lebih terarah karena sudah memiliki tujuan yang jelas didalamnya.

Contoh Rumusan Masalah

Secara umum, rumusan masalah merupakan kumpulan atau beberapa pertanyaan yang ditulis dengan rinci mengenai ruang lingkup masalah yang akan diteliti. Suatu tanda penulisan rumusan masalah yang baik dan benar adalah mampu menjawab setengah pertanyaan dari pokok permasalahannya.

Perumusan masalah yang baik tidak hanya membantu kita dalam memusatkan pikiran mengenai akar masalah, melainkan juga dapat mengarahkan kita mengenai cara berpikir terhadap suatu masalah atau persoalan yang akan dipecahkan melalui penelitian tersebut.

Nah, dibawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa contoh rumusan masalah yang biasa digunakan dalam makalah, proposal, penelitian, deskriptif dan karya ilmiah. Langsung saja, simak uraiannya berikut.

1. Contoh Rumusan Masalah Makalah

Contoh Rumusan Masalah Makalah

Berikut ini merupakan contoh rumusan masalah yang terdapat dalam makalah mengenai “Bahaya Narkoba bagi Kesehatan Manusia”.

Pengertian narkotika Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No.22 tahun 1997 merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan, kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan”.

Di era modern ini, penyalahgunaan narkoba terjadi di berbagai kalangan, baik itu anak-anak, reamaja hingga orang tua. Akan tetapi, menurut beberapa survey yang telah dilakukan menetapkan remaja merupakan kalangan dengan jumlah terbesar dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

Ada beberapa hal yang memengaruhi remaja menggunakan narkoba, seperti memiliki rasa keingintahuan yang tinggi untuk mencoba hal-hal baru dan keinginan untuk bergabung di suatu kelompok tertentu.

Apabila remaja tersebut masuk ke dalam kelompok pengguna narkoba, maka kemungkinan besar Ia akan terpengaruh untuk menggunakannya. Oleh karena itu, perlu diberikan pendidikan bagi usia remaja mengenai bahaya dan dampak yang ditimbulkan oleh narkoba.Berdasarkan pernyataan diatas, maka peneliti telah merumuskan beberapa masalah sebagai berikut :

  1. Apa yang dimaksud dengan narkoba?
  2. Apa saja jenis-jenis narkoba?
  3. Apa bahaya dan dampak yang ditimbulkan narkoba?
  4. Bagaimana cara mengatasi tindakan penyalahgunaan narkoba?

2. Contoh Rumusan Masalah Proposal

Contoh Rumusan Masalah Proposal 2

Dibawah ini merupakan contoh rumusan masalah proposal yang biasa digunakan dalam kegiatan wirausaha. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menarik minat para investor dalam mengetahui sejauh mana kegigihan Anda dalam melakukan bisnis tersebut.

Dewasa ini, bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan. Banyak masyarakat yang berburu makanan yang menarik dan terlihat enak. Apalagi, dengan adanya kemudahan di era digital yang bisa dimanfaatkan untuk menjual bisnis kuliner tersebut.Instagram merupakan salah satu sosial media yang sering digunakan dalam dunia bisnis.

Dengan menggunakan instagram, pemasaran bisnis kuliner diharapkan dapat mencapai hasil yang maksimal. Hal tersebut didukung dengan adanya fitur yang diberikan oleh instagram untuk dapat memamerkan foto-foto kuliner.Oleh karena itu, kami akan membuka usaha kuliner dengan nama “Ayam Geprek Mantul” dengan varian rasa pedas yang beragam tergantung dengan selera para pembeli. Selain itu, bisnis kami akan menjaga kualitas ayam yang segar dengan proses pemotongan secara halal.

Berdasarkan cuplikan latar belakang diatas, ada beberapa rumusan masalah yang bisa dibuat yaitu :

  1. Bagaimana strategi yang dilakukan untuk meningkatkan omset dari bisnis makanan tersebut?
  2. Apa saja bentuk promosi yang akan dilakukan untuk menarik minat pembeli?
  3. Bagaimana cara menekan biaya produksi dengan tetap mempertahankan kualitas makanan?

3. Contoh Rumusan Masalah Penelitian

Contoh Rumusan Masalah Penelitian

Berikut ini merupakan contoh rumusan masalah dalam penelitian mengenai “Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Prestasi Siswa di Sekolah”.

Pada era digital, ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat di seluruh penjuru dunia. Bidang ini paling banyak menarik perhatian, karena memberikan pengaruh yang sangat nyata pada kehidupan manusia yang berkembang seiring dengan tantangan zaman.

Misalnya saja, permainan elektronik atau yang lebih dikenal dengan permainan game online mengalami kemajuan yang sangat pesat beberapa tahun belakangan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bermunculan warnet ataupun game center yang bermunculan bukan hanya dikota-kota besar melainkan juga dikota-kota kecil.

Game memang termasuk aktivitas yang dilakukan sebagai hiburan dengan aturan ada yang menang dan ada yang kalah. Akan tetapi, game telah menyebabkan perubahan pola berpikir seorang anak. Berdasarkan uraian tersebut, perlu diadakan penelitian untuk menilai pengaruh yang ditimbulkan game online dan prestasi belajar siswa.

Rumusan masalah yang bisa dibuat dari kasus penelitian diatas adalah :

  1. Apakah saja pengaruh yang ditmbulkan game online terhadap motivasi belajar siswa?
  2. Apa saja faktor yang memengaruhi kualitas belajar siswa?
  3. Bagaimana peran orangtua dalam menghilangkan kebiasaan bermain game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa?

4. Contoh Rumusan Masalah Deskriptif

Contoh Rumusan Masalah Deskriptif

Berikut ini merupakan contoh rumusan masalah dalam penelitian “Pengaruh Program Puskesmas Keliling dalam Meningkatkan Pola Hidup Sehat Masyarakat Desa X”

Pelayanan kesehatan menjadi suatu kebutuhan yang sangat vital bagi masyarakat. Sebab, dengan keadaan yang sehat kita mampu melakukan berbagai aktivitas dalam sehari-hari. Namun, seringkali masyarakat mengeluhkan letak rumah sakit yang jauh dari tempat tinggalnya.

Selain biaya pengobatan yang cukup mahal, pelayanan yang diberikan pun belum maksimal.Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah membangun pelayanan kesehatan yang disebut dengan puskesmas keliling yang dapat melayani keluhan kesehatan dari masyarakat kecil. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal, khususnya bagi masyarakat kecil.

Beberapa rumusan masalah yang bisa dibuat dari kutipan pernyataan diatas adalah:

  1. Seberapa efektifkah kebijakan pelayanan Puskesmas Keliling di Desa X?
  2. Seberapa besar apresiasi masyrakat terhadap kebijakan tersebut?
  3. Seberapa besar tingkat kepedulian Puskesmas Keliling dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat Desa X?

5. Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah

Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah

Dibawah ini merupakan kutipan pernyataan mengenai karya ilmiah yang berjudul “Penggunaan Boraks dan Formalin dalam Kualitas Makanan”

Saat ini, terdapat banyak penggunaan bahan kimia dan berbagai campuran-campuran lain untuk membuat pekerjaan manusia dalam proses pembuatan makanan agar lebih efektif dan efisien. Padahal, bahan kimia memang sudah digunakan dalam pembuatan kebutuhan lain.

Namun, terdapat beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan bahan kimia berbahaya tersebut dalam pembuatan makanan dan memiliki akibat yang fatal ketika mengonsumsinya. Fenomena ini sangat memprihatinkan, sebab berkaitan dengan kebobrokan bangsa yang harus segera diperbaiki dan sangat meresahkan masyarakat.

Dari pernyataan diatas, beberapa rumusan masalah yang dapat disimpulkan adalah sebagai berikut:

  1. Apa faktor pendorong pelaku yang menggunakan boraks dan formalin dalam proses pembuatan makanan?
  2. Jenis pangan apa saja yang menjadi target penggunaan boraks dan formalin?
  3. Bagaimana dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan boraks dan formalin dalam makanan?
  4. Bagaimana penanganan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kasus penggunaan boraks dan formalin?

Itulah beberapa contoh rumusan masalah yang biasa digunakan dalam berbagai kepentingan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam merumuskan masalah dalam penelitian yang akan Anda lakukan. Sekian dan terima kasih.

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend