Cara Menghapus Akun Instagram Sementara maupun Permanen Melalui Ponsel atau PC

Seperti yang anda tahu bahwa Instagram merupakan salah satu sosial media yang saat ini naik daun dan penggunanya terus merangkak naik. Pengguna Instagram ini tidak mengenal usia, baik tua maupun muda sudah banyak yang memiliki akun Instagram.

Dengan adanya Instagram ini, kita dapat berbagi foto, video atau bahkan berbisnis online. Meskipun memiliki segudang manfaat, ada saja beberapa orang yang ingin menghapus akun Instagram mereka, entah itu karena masalah privasi, mempunyai akun baru dan ingin menghapus akun lama dan lain sebagainya.

Nah kali ini, saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara menghapus akun Instagram secara sementara atau permanen yang bisa anda simak dibawah ini:

Cara menghapus akun Instagram sementara

Ada kalanya anda ingin menghapus Instagram anda hanya dalam kurun waktu tertentu atau sementara. Dengan menghapus akun secara sementara, profil, foto, follower, like dan komen pada akun anda akan disembunyikan dan akan ditampilkan jika anda mengaktifkannya kembali.

1. Silakan login di www.instagram.com melalui browser (kita tidak bisa menonatifkannya melalui aplikasi Instagram. Disarankan menggunakan browser Mozilla atau Chrome. Dikarenakan banyak pengguna mengakses Instagram melalui ponsel, maka tutorial menghapus akun Instagram ini saya buat melalui ponsel. Untuk pengguna PC, bisa menyesuaikan karena caranya tidak jauh berbeda.

Cara Menghapus Akun Instagram

2. Kemudian masuk ke profil anda.

3. Setelah itu, klik Edit Profile seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini.

4. Untuk menonaktifkan sementara akun instagram anda, tinggal scroll kebawah dan klik Temporarily disable my account.

Cara Menghapus Akun Instagram

5. Pada kolom Why are you disabling your account, silakan pilih alasan anda mengapa anda menonaktifkan akun Instagram anda. Sebagai contoh, saya pilih Something else.

6. Untuk konfirmasi bahwa anda memang ingin menonaktifkan sementara akun Instagram anda, silakan masukkan password Instagram anda pada kolom To continue, please re-enter your password. Setelah itu, klik tombol Temporarily Disable Account.

7. Anda akan mendapatkan notifikasi seperti ini, silakan pilih OK untuk melanjutkan.

8. Jika anda melihat notifikasi yang isinya kurang lebih seperti gambar dibawah ini, maka akun Instagram anda sudah berhasil dihapus atau dinonaktifkan sementara.

Penting: Dengan menonaktifkan akun Instagram anda secara sementara, anda dapat mengaktifkannya kembali dengan cara login kembali seperti biasa. Meskipun begitu, setelah anda menonaktifkan akun Instagram dan ingin mengaktifkannya kembali, anda harus menunggu beberapa hari bahkan berminggu-minggu terlebih dahulu untuk dapat login dan mengaktifkan kembali akun Instagram anda.

Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini ketika login untuk mengaktifkan kembali akun Instagram, maka akun Instagram anda masih belum bisa diaktifkan kembali.

tidak bisa login untuk akticasi kembali

Cara menghapus akun Instagram permanen

Yang kedua adalah menghapus akun anda secara permanen. Dengan menghapusnya secara permanen, anda tidak bisa mengaktifkan kembali akun Instagram anda bahkan nama pengguna Instagram anda tidak dapat didaftarkan kembali pada akun baru. Selain itu, semua foto, profil, video, follower, like dan komen akan dihapus semua secara permanen dan tidak dapat dikembalikan.

1. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa anda tidak bisa menghapus akun anda melalui aplikasi Instagram. Maka dari itu, anda harus login terlebih dahulu di www.instagram.com melalui browser.

2. Sebelum itu, pastikan anda sudah yakin untuk menghapus akun Instagram anda secara permanen. Untuk menghapus akun anda secara permanen, silakan kunjungi halaman ini (halaman resmi dari Instagram untuk pengguna yang ingin menghapus akunnya secara permanen).

3. Anda akan diarahkan pada halaman dibawah ini. Pilih alasan mengapa anda ingin menghapus akun Instagram anda. Pada contoh kali ini, saya memilih Something else. Setelah itu, masukkan password anda untuk mengonfirmasi bahwa anda memang ingin menghapus akun Instagram anda, kemudian klik tombol Permanently delete my account.

3. Jika anda melihat notifikasi seperti dibawah ini, berarti akun Instagram anda berhasil dihapus secara permanen.

Saya ingatkan sekali lagi, pastikan anda memikirkan ulang untuk menghapus akun Instagram anda. Jika anda sudah bulat dengan keputusan anda, silakan gunakan cara menonaktifkan akun Instagram yang sudah saya jelaskan diatas.

5 Comments

  1. Hendri
  2. FARADINA FAZIRA
  3. massiGanteng
  4. ainun

Ada pertanyaan atau komentar?