• Our Partners:

Contoh Teks Debat

5+ Contoh Teks Debat Beserta Unsurnya, Yuk Disimak!

Dalam bahasa Indonesia, teks debat adalah teks yang isinya tentang pernyataan dan argumentasi dari beberapa pihak yang berdebat mengenai sesuatu hal. Debat sendiri bertujuan untuk mengkaji, mendiskusikan, serta memutuskan perbedaan yang ada.

Ada  beberapa unsur yang terkandung dalam teks debat antara lain mosi, tim afirmasi, tim oposisi, tim netral, moderator, dan notulen. Mosi merupakan topik yang menjadi perdebatan; tim afirmasi adalah tim yang mendukung mosi disertai argumentasi pendukung; tim oposisi adalah tim yang menolak mosi disertai dengan argumentasi pendukung; tim netral adalah tim yang tidak memihak; moderator adalah pemandu debat; dan notulen adalah orang yang mencatat segala hal yang terjadi dalam debat.

Kumpulan Contoh Teks Debat

Beberapa waktu yang lalu, kita telah membahas beberapa contoh teks dalam bahasa Indonesia antara lain contoh teks persuasi, contoh teks pidato, contoh teks prosedur, dan contoh teks eksposisi. Kali ini, disajikan beberapa contoh teks debat berbagai tema yakni tema lingkungan, politik, internet, pendidikan, dan kesehatan.

1. Contoh Teks Debat tentang Lingkungan

Contoh Teks Debat tentang Lingkungan

PENERAPAN KANTONG PLASTIK BERBAYAR DI INDONESIA

Mosi : Kantong plastik berbayar sebaiknya diterapkan di Indonesia

Moderator

Jumlah sampah plastik di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan. Oleh karena itu, pemerintah mulai menerapkan program pembatasan kantong plastik di sejumlah kota di Indonesia. Pembatasan ini dilakukan dengan cara menerapkan kantong plastik berbayar di beberapa pasar modern di Indonesia. Menurut kebijakan ini, masyarakat yang berbelanja di pasar-pasar modern diwajibkan untuk membayar Rp. 200,00 untuk satu kantong plastik yang digunakan. Tepatkah kebijakan ini?

Tim afirmasi

Kami dari tim afirmasi berpendapat bahwa kebijakan menerapkan kantong plastik berbayar perlu dilakukan mengingat jumlah sampah plastik di Indonesia yang menyentuh angka 7,2 juta ton. Dengan adanya kantong plastik berbayar, masyarakat akan berpikir untuk membawa kantong plastik sendiri atau menggunakan kantong ramah lingkungan ketika berbelanja di pasar-pasar modern.

Tim oposisi

Menurut kami, kebijakan kantong plastik berbayar tidak efektif mengurangi penggunaan kantong plastik oleh masyarakat. Apalagi kebijakan ini diujicobakan di pasar-pasar modern dan bukan pasar tradisional. Konsumen yang berbelanja di pasar modern adalah mereka yang berpenghasilan menengah ke atas sehingga mereka tidak mempermasalahkan membayar kantong plastik yang hanya sebesar Rp 200,-. Lain halnya jika kantong plastik dihargai mencapai Rp 5000,- atau Rp. 10.000 sebagaimana kantong ramah lingkungan yang juga dijual di pasar-pasar modern.  Konsumen dari berbagai kalangan tentu akan berpikir ulang untuk menggunakan kantong plastik. Jika pemerintah ingin membatasi penggunaan kantong plastik, langkah yang tepat adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya sampah plastik.

Tim netral

Kami dari tim netral berpendapat bahwa penerapan kantong plastik berbayar tidak efektif mengurangi sampah plastik. Hal ini disebabkan masyarakat masih sangat toleran dengan nominal harga yang dibayarkan. Selain itu, akan jauh lebih baik jika penerapan kantong plastik berbayar ini disinergikan dengan program lainnya antara lain sosialisasi tentang bahaya sampah plastik, mengubah pola perilaku masyarakat terhadap penggunaan plastik, dan memproduksi plastik yang mudah terurai.

Kesimpulan

Dari berbagai pendapat yang dikemukakan oleh tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dapat disimpulkan bahwa penerapan kantong plastik berbayar di Indonesia tidak efektif mengurangi jumlah penggunaan plastik oleh masyarakat. Oleh karena itu, kebijakan penerapan kantong plastik berbayar sebaiknya dibarengi dengan program lainnya yang mendukung satu sama lain seperti sosialisasi bahaya sampah plastik bagi lingkungan, sosialisasi pentingnya mengurangi jumlah penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, memproduksi plastik yang ramah lingkungan dan mudah terurai.

2. Contoh Teks Debat tentang Politik

Contoh Teks Debat tentang Politik

POLITIK DINASTI DI INDONESIA

Mosi : Politik Dinasti di Indonesia sah-sah saja. 

Moderator

Politik dinasti terjadi di negara manapun di dunia termasuk Indonesia. Politik dinasti sendiri diartikan sebagai kekuasaan politik yang dijalankan oleh sekelompok orang masih memiliki hubungan keluarga. Politik dinasti di Indonesia menjadi polemic karena maraknya kasus korupsi yang melibatkan anggota keluarga yang berkuasa di suatu daerah. Karenanya, sebagian masyarakat menghendaki adanya pembatasan politik dinasti. Namun, di sisi lain politik dinasti sejatinya tidak bertentangan dengan demokrasi dan tidak melanggar hukum karena dalam negara demokrasi setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk berpolitik. Dengan demikian, apakah politik dinasti di Indonesia itu sah?   

Tim afirmasi

Kami dari tim afirmasi berpendapat bahwa politik dinasti di Indonesia sah-sah saja dan tidak bertentangan dengan demokrasi maupun hukum. Hal ini dibuktikan dengan adanya putusan MK yang menganulir aturan pembatasan dinasti politik yang tercantum dalam pasal 7 huruf r UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota. MK beralasan bahwa pembatasan dinasti politik atau politik dinasti ini justru bertentangan dengan demokrasi yang mengakui hak setiap warga negara untuk berpolitik. Selain itu, MK juga berpendapat bahwa dinasti politik atau politik dinasti menjadi masalah karena belum efektifnya pengawasan dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah yang melibatkan petahana.

Tim oposisi

Kami dari tim oposisi dengan tegas menolak politik dinasti di Indonesia. Alasannya jelas, politik dinasti bertentangan dengan demokrasi karena membatasi hak warga lainnya untuk berpolitik, merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, kaderisasi partai tidak berjalan dengan baik, serta meningkatkan peluang terjadinya praktek KKN.

Tim netral

Kami dari tim netral berpendapat bahwa politik dinasti maupun keinginan untuk membatasi politik dinasti sejatinya tidak sesuai dengan prinsip demokrasi yang mengakui kesetaraan hak untuk berpolitik bagi setiap warga negara. Politik dinasti di negara manapun terjadi dan itu tidak bisa dihindari. Yang bisa dilakukan sebagai warga negara adalah melakukan pengawasan dan kontrol  yang ketat terhadap mereka yang berkuasa sesuai dengan koridor hukum yang berlaku di Indonesia.

Kesimpulan

Dari berbagai argumentasi yang dikemukakan oleh tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dapat disimpulkan bahwa politik dinasti di Indonesia tidak bisa dihindari, dibatasi, atau dihilangkan karena merupakan suatu keniscayaan. Pembatasan politik dinasti justru bertentangan dengan konstitusi. Agar politik dinasti tidak membuka peluang baru terjadinya praktek KKN, pengawasan yang maksimal perlu dilakukan oleh segenap warga negara sebagai pemegang kedaulatan tertinggi di negeri ini.

3. Contoh Teks Debat tentang Internet

Contoh Teks Debat tentang Internet

PEMUTUSAN INTERNET SAAT HARI RAYA NYEPI

Mosi : Saat Hari Raya Nyepi sebaiknya internet juga diputus sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap mereka yang menjalankannya.

Moderator

Hari Raya Nyepi adalah hari raya umat Hindu dimana ada empat pantangan yang harus dijalankan oleh umat Hindu yaitu Brata Amati Geni, Brata Amati Lelungan, Brata Amati Karya, dan Brata Amati Lelanguan. Atau dengan kata lain, selama menjalankan hari raya Nyepi tidak diperkenankan untuk menyalakan api, bepergian, bekerja, dan melakukan kegiatan hiburan. Hiburan yang dimaksud tidak hanya hiburan secara offline melainkan juga secara online melalui internet. Karena itu, pemutusan internet selama Hari Raya Nyepi diperlukan agar umat Hindu dapat menjalankan ibadahnya dengan khusu serta mencegah terjadinya konflik. Namun, tidak semua umat Hindu sepakat dengan hal ini. Apakah tepat kebijakan pemutusan internet saat Hari Raya Nyepi?

Tim afrimasi  

Kami dari tim afirmasi berpendapat bahwa kami mendukung pemutusan internet saat Hari Raya Nyepi. Karena saat Hari Raya Nyepi, umat Hindu dilarang untuk menyalakan api, bekerja, bepergian, dan mencari hiburan. Hiburan tidak hanya ditemui via televisi melainkan juga internet. Karena itu, pemutusan internet selama Hari Raya Nyepi diperlukan demi menghormati dan menghargai umat Hindu untuk menjalankan ibadahnya dengan khusu. Selain itu, pemutusan internet ini bertujuan untuk menghindari timbulnya konflik karena adanya segelintir warga yang memviralkan situasi sepi dan hening selama perayaan Nyepi di media sosial.

Tim oposisi

Kami dari tim oposisi berpendapat bahwa kami menolak diputusnya internet selama Hari Raya Nyepi. Hal ini dikarenakan tidak semua warga beragama Hindu dan ada banyak turis yang berwisata di Bali. Tentunya mereka ada yang bekerja dengan menggunakan fasilitas internet. Karenanya pemutusan internet secara total tidak diperlukan.

Tim netral

Kami dari tim netral berpendapat bahwa internet sangat diperlukan sebagai media komunikasi dan informasi. Melalui internet, orang dapat mengetahui pelaksanaan Nyepi di Bali. Namun, penggunaannya tetap harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi atau bijak agar nantinya tidak menimbulkan konflik.

Kesimpulan     

Dari berbagai pendapat yang dikemukakan oleh tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dapat disimpulkan bahwa pemutusan internet selama Hari Raya Nyepi perlu dipertimbangkan dengan baik dan dikonsultasikan dengan lembaga agama setempat. Hal ini perlu dilakukan agar tujuan baik pemutusan internet selama Hari Raya Nyepi dapat dipahami oleh masyarakat. 

4. Contoh Teks Debat tentang Pendidikan

Contoh Teks Debat tentang Pendidikan

INSERSI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD 

Mosi : Pembelajaran Bahasa Inggris perlu dilakukan sejak di bangku SD

Moderator

Pembelajaran bahasa Inggris sejak bangku sekolah dasar sejatinya telah dimulai sejak  tahun 1996. Tujuannya adalah memberikan landasan yang kuat mengenai akuisisi multi bahasa bagi siswa sekolah dasar. Diharapkan, mereka dapat menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sejak dini. Tepatkah kebijakan ini?

Tim afirmasi

Kami dari tim afirmasi berpendapat bahwa pembelajaran bahasa Inggris sejak SD perlu dilakukan karena pada usia inilah mereka lebih mudah menyerap serta menguasai bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa Inggris sangat penting mengingat di era globalisasi seperti sekarang bahasa Inggris merupakan bahasa ilmu pengetahuan dan pergaulan dunia.     

Tim oposisi

Pembelajaran bahasa Inggris di bangku sekolah dasar belum diperlukan mengingat bahasa Indonesia juga kadang belum sepenuhnya dikuaasi dengan benar. Selain itu, pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan sejak SD dapat menghambat perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama. Hal ini dibuktikan dengan tidak sedikit siswa yang lebih tertarik belajar bahasa Inggris dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Karena itu, sebaiknya pembelajaran bahasa Inggris tidak dimulai sejak SD melainkan sejak SMP sebagaimana telah berlangsung selama ini.

Tim netral

Kami dari tim netral berpendapat bahwa pembelajaran bahasa Inggris sejak SD tetap diperlukan mengingat bahasa Inggris adalah bahasa ilmu pengetahuan dan pergaulan dunia. Namun, yang lebih utama adalah penguasaan bahasa Indonesia karena bagaimanapun bahasa Indonesia adalah bahasa nasional. Karena itu, agar siswa lebih tertarik mempelajari bahasa Indonesia, pola pengajarannya sebaiknya dilakukan dengan lebih menarik. Dengan demikian, siswa tidak lagi lebih mementingkan belajar bahasa Inggris dibandingkan bahasa Indonesia.

Kesimpulan

Dari berbagai pendapat yang dikemukakan oleh tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris perlu dilakukan sejak SD mengingat di rentang usia inilah mereka dapat menyerap dan  menguasai bahasa Inggris dengan baik. Terkait dengan lebih tertariknya siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris dibandingkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, sebaiknya pengajar menggunakan metode yang jauh lebih menarik agar siswa tidak lagi menomorduakan bahasa Indonesia.

5. Contoh Teks Debat tentang Kesehatan

Contoh Teks Debat tentang Kesehatan

MENGURANGI KONSUMSI DAGING MERAH

Mosi : Mengurangi konsumsi daging merah perlu dilakukan demi menjaga kesehatan. 

Moderator 

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi daging merah dapat mengurangi resiko terkena kanker, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Namun, hasil penelitian ini dibantah oleh para ahli lainnya yang menyatakan bahwa mengurangi konsumsi daging merah tidak serta merta mengurangi resiko terkena kanker, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan kurangnya bukti yang menunjukkan manfaat yang didapat bagi kesehatan dari mengurangi konsumsi daging. Apakah mengurangi konsumsi daging merah bermanfaat bagi kesehatan?

Tim afirmasi

Kami dari tim afirmasi berpendapat bahwa mengurangi konsumsi daging merah memang bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini disebabkan daging merah mengandung berbagai macam bahan kimia yang bersifat karsinogen atau menyebabkan kanker. Berbagai hasil penelitian juga  menunjukkan bahwa dengan mengurangi tiga porsi daging merah setiap minggu dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker usus, kanker lambung, kanker payudara, jantung, diabetes tipe 2, stroke, dan serangan jantung.

Tim oposisi

Kami dari tim oposisi berpendapat bahwa mengurangi konsumsi daging merah tidak memberikan manfaat yang sangat signifikan bagi kesehatan, Hal ini juga didasarkan atas beberapa hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Mereka menyatakan bahwa hasil penelitian tersebut tidak didukung oleh bukti-bukti yang kuat sehingga tidak dapat dijadikan dasar untuk dijadikan sebagai argumen. Karena itu, mengurangi konsumsi daging merah bukanlah solusi tepat untuk menghindari resiko terkena berbagai penyakit seperti kanker, jantung, dan diabetes tipe 2.

Tim netral

Kami dari tim netral berpendapat bahwa sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tidaklah memberikan dampak yang baik. Pun demikian dengan mengonsumsi daging merah. Kami berpendapat bahwa mengonsumsi daging merah yang berlebihan bisa jadi dapat meningkatkan resiko penyakit kanker, jantung, ataupun diabetes tipe 2. Namun, mengurangi konsumsi daging merah tidak serta merta mengurangi resiko terkena penyakit kanker, jantung, atau diabetes tipe 2.  Karena itu, sebaiknya kita tetap mengunsumsi daging merah namun sewajarnya sesuai dengan takarannya.

Kesimpulan

Dari berbagai pendapat yang dikemukakan oleh tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi daging merah sah-sah saja namun jangan berlebihan mengingat daging merah mengandung berbagai macam zat kimia yang ditengarai bersifat karsinogen.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai beberapa contoh teks debat dengan berbagai macam tema. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend