Masalah Umum Pada Sony Playstation 5 PS 5

Deretan Masalah Pada PS 5 Yang Sering Dikeluhkan Pengguna

NESABAMEDIA.COMSony Playstation 5 yang ditunggu-tunggu akhirnya dirilis ke pasaran, menjadi tanda masuknya era teknologi baru dalam dunia konsol gaming, bersaing dengan Xbox Series X dan Xbox Series S. PS 5 ini pun membawa banyak sekali fitur-fitur baru dan peningkatan performa. Hal ini berkat dukungan dari GPU dan CPU custom baru serta dukungan SSD super cepat yang membuat proses pemuatan game jadi lebih cepat daripada sebelumnya.

Namun hadirnya generasi baru sebuah konsol gaming, tentu muncul pula sejumlah isu dan masalah baru pada perangkat tersebut. Masalah pada perangkat keras dan lunak memang sudah menjadi masalah umum, namun tetap saja mengganggu kenyamanan dalam penggunaannya. 

PS 5 menawarkan sistem operasi yang baru dan juga banyak sekali fitur hardware baru baik di dalam konsol maupun pada perangkat kontrol-nya. Namun terkadang hardware baru itu tidak berjalan dengan semestinya, dan Sony merilis pembaruan perbaikan secara rutin. Berikut beberapa masalah yang muncul dan dikeluhkan oleh sejumlah pengguna belakangan ini.

Tidak Dapat Terhubung Ke Jaringan Playstation

Sejumlah pengguna mengeluhkan kalau mereka tidak bisa terhubung ke jaringan Playstation untuk mengunduh game. Jika pengguna mengalami masalah ini, pihak Sony menyarankan pengguna untuk melakukan restart jaringan internet mereka, atau melihat status jaringan yang ada. 

Pasalnya, saat ini terjadi pembludakan pengguna pada jaringan milik Playstation tersebut yang juga sama-sama ingin mengunduh game, login, atau memperbarui perangkat konsol mereka. 

PS 5 Gagal Restart

Ada banyak laporan bahwa pengguna yang melakukan restart, tidak mendapati proses restart itu berjalan dengan baik. Justru perangkat PS 5 mereka malah nge-hang dan berhenti beroperasi. 

Masalah Daya Yang Tidak Stabil

Jika perangkat konsol pengguna tiba-tiba mengalami penurunan daya sesaat setelah dinyalakan, atau malah tidak bisa menyala sama sekali, maka perangkat tersebut memiliki permasalahan pada hardware, khususnya masalah tenaga. Jika hal ini terjadi, satu-satunya cara adalah menghubungi pihak Playstation, dan berharap mendapatkan penggantian unit.

Masalah Pada Transfer Data

Banyak pengguna juga mengeluhkan saat menggunakan port USB di bagian belakang setelah melakukan instalasi, mereka mengalami sejumlah masalah. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset factory pada perangkat. 

Selanjutnya guna menghindari kesalahan yang sama, jika benar-benar membutuhkan port USB, pengguna disarankan menggunakan port USB yang ada di bagian depan konsol. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend