Pembaruan Rutin Microsoft Windows 10

Microsoft Tunda Lagi Perilisan Pembaruan Windows 10 Karena Liburan Akhir Tahun

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dikabarkan telah melakukan penundaan perilisan pembaruan Windows 10, lagi. Tim dari Windows mulai merilis pembaruan yang mereka sebut pembaruan pratinjau menjelang Patch Day. Namun perilisan pembaruan itu pun mereka hentikan, dan tidak jelas akankah hanya sampai minggu depan, atau hingga bulan Desember mendatang. 

Satu hal yang pasti bahwa Microsoft juga akan menghentikan sementara proses distribusi pembaruan opsional untuk Windows 10, seperti yang telah mereka lakukan di tahun-tahun sebelumnya saat menjelang liburan Natal. 

Oleh karena itu, pihak Microsoft pun menginformasikan adanya perubahan pada minggu-minggu mendatang melalui halaman Knowledge Base pada pembaruan bulan November yang berbunyi :

“Karena minimnya operasional pada liburan Natal dan juga Tahun baru, maka tidak akan ada pembaruan untuk bulan Desember 2020, dan layanan pembaruan baru akan dilakukan kembali pada bulan Januari 2020.”

Hal ini berlaku pada pembaruan sistem operasi Windows yang masih berlaku atau masih mendapatkan dukungan dari Microsoft. Ini artinya pada akhir tahun nanti, statusnya akan kembali seperti pada awal tahun ini. Di mana saat itu Microsoft sempat menghentikan pembaruan versi Preview Builds karena adanya wabah pandemi Covid-19 atau Corona. 

Adapun tujuan Microsoft membuat kebijakan semacam ini adalah agar meskipun di bagian tim internal Windows mengalami perubahan, keamanan para pengguna bisa dipastikan akan terjamin dan tidak mengalami kendala ataupun gangguan. 

Pihak Microsoft juga memastikan bahwa hal tersebut hanya bersifat sementara. Pembaruan terkait masalah keamanan sistem operasi Windows 10 pun akan kembali menjadi fokus Microsoft dalam beberapa minggu ke depan.

Sementara pembaruan klasik yakni Windows Patch Day (atau biasa disebut juga pembaruan B) akan terus dirilis seperti biasanya, yakni pada hari Selasa minggu kedua di setiap bulannya. Tidak adanya pembaruan versi Preview Builds seperti yang dijelaskan di atas pada bulan Desember mendatang, berarti pada patch Tuesday akan hadir dengan versi full, dirilis untuk publik hanya di bulan November saja.

Namun pengecualian hanya dikhususkan pada pembaruan darurat. Sementara untuk pembaruan opsional dan Preview Builds hanya akan diuji cobakan secara internal sebelum bulan Desember. 

Leave a Reply

Send this to a friend