Microsoft Windows 10X Sistem Operasi

Microsoft Lakukan Rebranding Aplikasi Dengan Windows 10X

NESABAMEDIA.COMWindows 10X rupanya mengubah sejumlah opsi dan aplikasi yang ada di sistem operasi menjadi setingkat lebih tinggi. Membuat sejumlah elemen antarmuka yang sangat unik, yang membedakannya dari Windows 10

Salah satu contohnya adalah Windows 10X menghapus keberadaan Cortana sejak pertama kali digunakan, sehingga pengguna akan langsung mendapatkan pengalaman penggunaan yang jauh lebih simpel dan mengatur sistem sesuai dengan kebutuhan.

Windows 10X kemungkinan akan memasuki tahap final pengembangan pada bulan Desember mendatang. Kemungkinan baru akan selesai proses pembuatan pada 12 bulan berikutnya. Ini berarti Windows 10X tidak akan tersedia pada awal tahun 2021 nanti.

Dalam sebuah dokumen yang bocor ke internet, Windows 10X akan hadir dengan sejumlah aplikasi ‘inbox’ yang akan menjadi aplikasi default. Kemungkinan aplikasi inbox ini berisi Microsoft Edge, Office Suite, Ms. Teams, To Do, Explorer, Camera, Movies & TV, Music, Notepad, Media Plan, Learning Hub dan sejenisnya.

Jika diperhatikan, dua aplikasi terakhir yang disebutkan yakni Media Plan dan Learning Hub, merupakan aplikasi yang diperuntukkan pada perangkat mobile dan merupakan aplikasi Tips Windows 10.

Karena Cortana dihilangkan, sebab tidak menjadi aplikasi vital di Windows 10X, Microsoft bisa memanfaatkan keberadaan Learning Hub (saat ini bernama Tips) untuk menyoroti penjelasan singkat terkait metode yang berjalan di sistem operasi tersebut. 

Microsoft menjelaskan jika Learning Hub memang awalnya adalah aplikasi Tips, namun dilakukan perombakan dengan tampilan antarmuka baru dan data tambahan. 

Dengan adanya Learning Hub ini, pembuat PC tidak perlu lagi membuat tutorial tersendiri untuk mengajari pengguna dalam menggunakan dan mempelajari keahlian yang ada di Windows 10X. Learning Hub akan menjelaskan segalanya dengan jauh lebih simpel sehingga mudah untuk dipahami.

Windows 10X ini juga membatasi aplikasi yang bisa dipasang dari Microsoft Store ke perangkat, seperti UWP dan PWA. Tujuannya, agar perangkat pengguna menjadi tetap ringan dengan memfokuskan pada penggunaan aplikasi terkait internet. 

Diperkirakan, perangkat komputer yang terpasang Windows 10X ini bisa mulai didapatkan pada musim semi 2021 atau antara kuartal kedua dan ketiga tahun depan. Kemungkinan juga akan menjadi kompetitor berat dari Chromebooks

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend