Microsoft Windows 10 S Mode

Windows 10 S Mode, Cara Microsoft Beri Keamanan Tingkat Tinggi ke Pengguna

NESABAMEDIA.COMMicrosoft Windows 10 S Mode telah terpasang di sejumlah perangkat laptop dan telah dipasarkan secara luas. Sayangnya, banyak pengguna yang tidak memahami soal Windows 10 S Mode ini kemudian mengeluh, karena mereka tidak bisa memasang anti virus pihak ketiga seperti Kaspersky, Norton dan sejenisnya. 

Pengguna lantas bertanya apakah dengan demikian mereka memang tidak bisa memasang anti virus pihak ketiga, dan bisa terjamin keamanan perangkat mereka tersebut?

Ide di balik Windows 10 S Mode ini adalah sebuah sistem operasi Windows, di mana Microsoft dengan sangat ketat membatasi aplikasi yang bisa dipasang di perangkat pengguna. Aplikasi yang bisa terpasang adalah aplikasi yang sudah ada di Microsoft Store dan telah diverifikasi oleh mereka. Bahkan untuk menjelajahi internet, browser yang bisa digunakan hanyalah browser Microsoft Edge saja. 

Windows 10 S Mode ini didesain sedemikian rupa untuk bisa memberikan pengalaman menggunakan perangkat komputer dengan tingkat keamanan tertinggi, dengan tetap menyediakan pengalaman seperti Windows 10 pada umumnya.

Dalam hal perlindungan keamanan, ide terbaik memang dengan memasang aplikasi anti virus di perangkat. Namun di Windows 10 S Mode, anti virus yang benar-benar bisa digunakan hanyalah buatan Microsoft sendiri, yakni Windows Defender Security Center. Ini berarti tidak ada namanya Norton, Kaspersky, McAfee, Malwarebytes atau yang lainnya, selain yang ada di Microsoft Store.

Tergantung dari kebutuhan pengguna, sistem operasi ini sangat cocok untuk melindungi pengguna dari segala ancaman siber, tanpa harus bingung memilih program mana yang aman bagi perangkat tersebut. 

Secara umum, Windows 10 S Mode lebih ditujukan digunakan oleh karyawan perusahaan yang memang kebutuhannya sangat terbatas hanya untuk masalah pekerjaan saja. Atau pengguna yang masih sangat awam dalam menggunakan perangkat komputer atau laptop. Sementara pengguna umum tidak disarankan untuk menggunakan sistem operasi ini, karena segalanya menjadi sangat dibatasi.

Akan tetapi, bukan berarti tidak ada solusi bagi mereka yang terlanjur membeli perangkat dengan sistem operasi Windows 10 S Mode telah terpasang. Pengguna masih bisa beralih ke sistem operasi Windows 10 lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa setelah beralih dari S Mode, pengguna tidak bisa kembali lagi. 

Berikut Microsoft menjelaskan bagaimana langkah untuk beralih dari S Mode, klik di sini

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend