Download Anaconda

Download Anaconda 3.2020.02

Download Anaconda Developer: Anaconda
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 450MB



Anaconda kadang membuat para pemula Python kebingungan. Bahkan ada yang sempat mengira bahwa Anaconda adalah versi lain dari Python. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan Anaconda? Apa perbedaannya dengan Python?

Perbedaannya, Python adalah bahasa pemrograman, sedangkan Anaconda adalah distribusi Python. Di dalam Anaconda, terdapat Python, pengelola paket, dan ribuan paket yang ditujukan untuk data science dan machine learning. Mengunduh Anaconda sama artinya dengan mengunduh Python beserta seluruh paket tersebut.

Fitur-Fitur Anaconda

Anaconda

Tampilan Anaconda Navigator

Kemudahan instalasi

Python memiliki struktur sintaks yang relatif lebih mudah dipahami daripada bahasa pemrograman lain, memiliki skalabilitas yang lebih bagus, dan menyediakan berbagai pendekatan untuk mengatasi banyak masalah. Jadi wajar jika Python menjadi bahasa pemrograman favorit bagi para data scientist.

Akan tetapi, jika anda menginstall Python dengan menggunakan installer yang disediakan python.org, itu artinya anda juga harus menginstall berbagai library satu-persatu dengan PIP. Inilah salah satu sebab kenapa Anaconda sering direkomendasikan untuk menginstall Python. Didalamnya sudah tersedia semua library yang umum digunakan.

Ribuan paket untuk data science

Lebih dari 250 paket terinstall secara otomatis saat anda menginstall Anaconda. Selain itu masih ada lebih dari 7500 paket tambahan yang tersimpan di dalam repositori Anaconda dan ribuan paket lain yang bisa anda download dari situs resmi Anaconda.

Anaconda Navigator

Aplikasi-aplikasi yang ada di dalam Anaconda bisa anda akses melalui GUI Anaconda Navigator. Beberapa contoh aplikasi tersebut antara lain JupyterLab, Spyder, RStudio, Glue, dan Visual Studio Code.

Paket, channel, dan environment, semuanya juga bisa dikelola melalui Anaconda Navigator sehingga anda tidak perlu menggunakan command line. Jika paket yang anda inginkan belum terinstall, anda bisa mencarinya langsung di dalam Anaconda Navigator. Instalasi dan update paket pun bisa dijalankan hanya dalam beberapa kali klik.

Jupyter Notebook

Jupyter Notebook adalah salah satu aplikasi yang bisa anda temukan di dalam Anaconda Navigator.

Jupyter Notebook merupakan aplikasi berbasis web yang sangat populer di komunitas data science karena mendukung berbagai bahasa pemrograman, bisa digunakan untuk memvisualisasikan dan menganalisis data secara real time, dan dokumen pun bisa dibagikan dengan mudah.

Download Anaconda Terbaru

Fitur lain dari Anaconda yang mungkin akan sering anda gunakan adalah Anaconda Prompt, sebuah command line yang menjadi alternatif Anaconda Navigator. Tidak semua orang merasa nyaman menggunakan command line, tapi pengguna yang memakai Anaconda Prompt menganggap bahwa informasi yang disajikannya lebih mendetail daripada Anaconda Navigator dalam menginstall paket.

Anaconda Prompt menyajikan informasi mengenai apa yang terjadi selama instalasi paket. Jika ada instalasi yang memakan waktu lebih lama daripada biasanya, Anaconda Prompt juga akan menunjukkan bagian mana dari instalasi tersebut yang menjadi penyebabnya. Download Anaconda terbaru untuk Windows melalui link dibawah ini:

[Windows 32-Bit]

[Windows 64-Bit]

Leave a Reply

Send this to a friend