Download Apache JMeter 5.1.1

Download Apache JMeter Terbaru Developer: Apache Software Foundation
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 60MB


JMeter adalah sebuah aplikasi open source berbasis Java yang bermanfaat untuk menguji performa aplikasi berbasis web. Bagi seorang QA Engineer (Quality Assurance Engineer) dan QC Engineer (Quality Control Engineer) di suatu perusahaan berbasis teknologi digital, jMeter dapat dimanfaatkan untuk melakukan load / stress test terhadap Web Application, FTP Application, dan server Database.

JMeter dapat dijalankan di komputer setelah Anda menginstall Java terlebih dahulu. Aplikasi Java yang dimaksud disini adalah Java SE Development Kit. Untuk memeriksa apakah di Windows Anda sudah terpasang aplikasi Java atau belum, gunakan Command Prompt, ketikkan perintah “java- version”.

Cara instalasi jMeter pada platform Windows cukup mudah. Setelah Java SE Development Kit terinstal di sistem, ekstraklah file zip jMeter yang berhasil didownload ke folder tujuan yang diinginkan. Bila Anda pengguna platform Windows, disarankan untuk meletakkannya di direktori C:\.

Kegunaan Apache JMeter

Download Apache JMeter

Pada dasarnya Apache JMeter adalah sebuah toolkit yang berfungsi sebagai performance test pada aplikasi web, memberikan request yang banyak bersamaan dalam satu waktu kepada server yang dituju, dan memberikan analisa dan hasil laporan hasil test.

Fungsi utama Apache JMeter adalah untuk melakukan load / stress test terhadap aplikasi berbasis web. Stress testing adalah pengujian untuk mengetahui dan mengukur kemampuan perangkat lunak dalam mengatasi kondisi di atas normal dari aspek volume / kuantitas.

Contohnya, untuk mengetahui jumlah pengunjung yang dapat ditangani sebuah alamat web yang sudah online melalui server, setelah dilakukan pengujian maka diketahui bahwa maksimal halaman web tersebut menangani kunjungan adalah 100.000 pengujung per detik secara bersaamaan.

Namun tidak serta merta setelah JMeter berhasil diinstal ke dalam komputer bisa langsung digunakan. Untuk keperluan load testing, programmer masih perlu membutuhkan beberapa plugin yang perlu ditambahkan. Plugin tersebut diantaranya JMeterPlugins-Standard, JMeterPlugins-Extras, dan ServerAgent. Berikut ini cara instalasinya:

1. JMeterPlugins-Standard

Cara instalasi: ekstrak kemudian copy / salin seluruh isi lib\ext ke dalam folder lib\ext dari apache-jmeter.

2. JMeterPlugins-Extras

Cara instalasi: ekstrak kemudian copy / salin seluruh isi bin ke dalam folder bin apache-jmeter, kopikan seluruh isi lib\ext\ ke dalam folder lib\ext\ dari apache-jmeter. Taruh file/folder lain ke dalam root apache-jmeter.

3. ServerAgent

Ekstrak dan pisahkan dari direktori jMeter atau taruh di luar folder jMeter.

Selanjutnya untuk menjalankan JMeter caranya cukup mudah, buka folder bin kemudian eksekusi “jmeter.bat” dengan dobel klik. Namun pada beberapa kondisi, programmer harus menjalankan ServerAgent (startagent.bat) terlebih dahulu, misalnya saat programmer mau menjalankan Perfmon Server.

Download Apache JMeter Terbaru

Apache JMeter adalah sebuah toolkit berbasis Java yang bermanfaat sekali bagi seorang web-developer ataupun web-programmer yang ingin menguji performa halaman web.

Pengujian tersebut dapat diaplikasi secara load test maupun stress test pada alamat web yang sudah online melalui server. JMeter di samping dapat menganalisa, juga dapat menyajikan laporan hasil analisa dan tes performa tersebut. Download Apache JMeter terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend