Teknologi Pengisian Ulang Xiaomi Mi Air Charge

Mi Air Charge, Teknologi Pengisian Ulang Xiaomi Yang Benar-Benar Tanpa Kabel

NESABAMEDIA.COMPengisian ulang baterai dengan teknologi nirkabel (wireless) ternyata tak senyaman kedengarannya. Pasalnya, untuk bisa memungkinkan pengisian ulang nirkabel, smartphone harus diletakkan dalam sebuah dok khusus, misalnya seperti MagSafe yang digunakan oleh Apple. Sehingga tetap saja dok khusus itu harus terhubung dengan kabel dan colokan listrik. Melihat adanya peluang dari kekurangan teknologi semacam MagSafe, kabar baik datang dari Xiaomi dengan teknologi Mi Air Charge. 

Baru-baru ini Xiaomi mengklaim bahwa pihaknya tengah mengembangkan sebuah teknologi pengisian ulang yang bisa mengisi ulang baterai benar-benar secara nirkabel, yakni melalui udara. Jika hal ini terwujud, tentu akan menjadi sebuah game changer yang bisa diandalkan Xiaomi. 

Namun jangan terlalu senang, karena teknologi ini tidak akan hadir untuk tahun ini atau dalam waktu dekat. Bagaimana pun itu, teknologinya memang benar-benar menarik dan menawarkan sekilas masa depan pengisian ulang baterai secara nirkabel yang benar-benar nyaman. 

Mi Air Charge ini bahkan mampu mengisi ulang baterai dua perangkat smartphone sekaligus dalam satu waktu. Asalkan keduanya masih berada dalam jarak yang bisa dijangkau, sekitar beberapa meter. Hal ini bisa tercapai berkat bantuan dari sejumlah antena (144, tepatnya) yang mampu mengirimkan gelombang dengan dalam satuan milimeter secara langsung ke smartphone melalui beamforming. Smartphone kemudian akan mengubah gelombang itu menjadi energi listrik. 

Xiaomi mengatakan, dalam pengembangan saat ini, teknologi itu masih hanya bisa mendukung pengisian 5W saja. Hal tersebut sangat jauh dari kecepatan 80W pada teknologi pengisian ulang nirkabel, yang dipamerkan Xiaomi tahun lalu. Atau bahkan jika dibandingkan dengan pengisian ulang kabel paling lambat yang ada di smartphone kebanyakan. 

Namun, hal ini bisa dipahami karena hal besar selalu berasal dari hal-hal kecil dan tentu saja karena teknologi ini masih dalam tahap awal pengembangan oleh pihak Xiaomi. Tapi jika benar-benar terwujud nantinya, maka ini akan menjadi solusi pengisian ulang baterai paling nyaman yang pernah ada. 

Meski demikian, rupanya tidak hanya Xiaomi yang tengah mengembangkan teknologi pengisian ulang yang benar-benar nirkabel. Diberitakan juga bahwa Motorola, Energous dan juga Ossia tengah mengembangkan teknologi yang sama.

Leave a Reply

Send this to a friend