Apa itu Mesin Risograph? Mengenal Pengertian Mesin Risograph

Apa itu Mesin Risograph? Mengenal Pengertian Mesin Risograph

Apa itu mesin risograph? Mesin risographatau yang biasa dinamakan mesin RISO adalah mesin fotocopy yang digunakan dalam mencetak maupun menyalin dokumen yang berguna untuk kebutuhan mesin.

Mesin risograph tersebut bukan hanya akan Anda temukan di tempat fotocopy melainkan juga di kantor-kantor maupun di tempat bisnis lainnya. Sebuah mesin yang memang kemapuannya diakui dalam mencetak maupun menyalin dokumen karena kecepatannya.

Mesin risograph memiliki kecepatan hingga mencapai 120 lembar setiap menit. Jika Anda memerlukan sebuah perangkat yang bisa mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak, maka mesin risograph merupakan pilihan terbaik untuk Anda. Mesin ini akan mencetak semua dokumen yang Anda butuhkan dalam waktu singkat. Kualitasnya pun tidak kalah jika dibandingkan ketika Anda mencetak dokumen tersebut mengggunakan printer.

Kelebihan Mesin Risograph

Pengertian Mesin Risograph

Melalui penjelasan pada bagian definisi, kami yakin sekilas Anda sudah mengetahui seperti apa kemampuan yang dimiliki oleh mesin risograph. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mesin tersebut.

1. Cepat

Seperti yang telah kami jelaskan bahwa mesin risograph mampu mencetak dokumen dalam waktu singkat. Bahkan untuk mencetak dokumen hitam putih sebanyak 150 lembar hanya memerlukan waktu 1 menit. Jumlah tersebut juga sama meskipun Anda mencetak dengan menggunakan full colour.

Dengan memanfaatkan risograph yang bertipe full colour, mesin ini dilengkapi dengan 2 drum untuk tempat warna. Satu untuk hitam putih dan satunya lagi untuk warna. Maka dari itu, banyak tempa fotocopy yang menggunakan mesin ini karena kebutuhan percetakan mereka sangat banyak dan tidak bisa hanya mengandalkan printer.

2. Hemat Waktu

Dikarenakan kecepatan dalam mencetak dokumen, maka berdampak positif terhadap waktu Anda. Anda tidak perlu menunggu lama meskipun dokumen yang harus Anda cetak jumlahnya ratusan. Anda juga tidak perlu khawatir karena mesin risograph anti macet. Jadi, Anda tinggal duduk manis sambil nunggu dokumen Anda selesai dicetak.

3. Memiliki Teknik Ink Saving

Baik mesin risograph yang bertipe single maupun multi telah dilengkapi dengan sebuah teknologi bernama ink saving. Anda bisa mengaturya baik melalui komputer maupun laptop sebelum proses penggandaan dokumen dimulai. Sesuai namanya, fitur tersebut akan menghemat penggunaan kertas bahkan hingga mencapai 40%.

Kekurangan Mesin Risograph

1. Harganya Mahal

Tentu saja dengan semua kelebihan dan kualitas yang dimiliki oleh mesin risograph, tidak heran jika harganya mahal. Untuk mendapatkannya, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar 25 juta untuk mesin risograph tipe mono colour yang hanya bisa mencetak hitam putih. Sementara untuk mesin risograph yang bisa mencetak hitam putih serta 20 warna lain dijual sekitar 60 juta. Belum lagi dengan yang tipe multi sekitar 150 juta.

2. Ukuran Besar

Melihat gambarnya saja Anda sudah tahu bahwa mesin risograph memiliki ukuran yang besar dan juga berat. Jadi, Anda harus memastikan bahwa di tempat kerja Anda terdapat ruangan yang cukup untuk meletakkan mesin ini. Selain itu, mengangkat mesin ini pun tentu cukup sulit dan Anda harus berhati-hati.

Leave a Reply

Send this to a friend