Apa it Startup? Mengenal Pengertian Startup

Apa it Startup? Mengenal Pengertian Startup

Ketika kita mendengar istilah startup, mungkin yang ada di benak kita adalah Bukalapak, Gojek, Traveloka, Tokopedia, dan lain-lain. Memang nama-nama tersebut masih ke dalam kategori startup. Namun sebenarnya masih banyak orang yang belum memahami pengertian atau definisi dari startup itu sendiri. Untuk itu, di bawah ini kami akan membahas seputar startup dan juga karakteristiknya

Pengertian Startup

Apa itu startup? Umumnya, startup merupakan istilah yang digunakan untuk perusahaan yang masih belum lama beroperasi. Mayoritas dari perusahaan tersebut masih tergolong baru berdiri sehingga masih berada di dalam fase penelitian dan juga pengembangan untuk bisa memperoleh target pasar yang besar.

Ada juga yang menjelaskan bahwa startup merupakan istilah yang digunakan pada perusahaan yang masih berkembang. Yaitu perusahaan yang berkembang di akhir tahun 1990 sampai dengan 2000. Namun sekarang istilah startup dihubungkan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi, web, internet, maupun hal lainnya yang masih ada korelasinya dengan hal tersebut.

Karakteristik Startup

Pengertian Startup

Meskipun kategori perusahaan baru, namun nyatanya tidak semua perusahaan tersebut masuk ke dalam kategori startup. Ada beberapa ciri khas atau kriteria tertentu di mana perusahaan bisa dikatakan sebagai startup. Beberapa karakteristik tersebut adalah sebagai berikut:

  • Perusahaan yang mempunyai pendapatan kurang dari $ 100.000 setiap tahunnya
  • Jumlah pegawai yang masih kurang dari 20 orang
  • Usia perusahaan yang kurang dari 3 tahun
  • Perusahaan yang masih dalam fase berkembang
  • Perusahaan yang umumnya beroperasi melalui situs atau website
  • Perusahaan yang bergerak di bidang teknologi
  • Produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut berupa aplikasi yang berbentuk digital

Berdasarkan karakteristik yang Anda lihat memang sekilas merujuk pada perusahaan yang bergerak di bidang teknologi maupun website. Namun memang hal tersebut nyata adanya. Saat ini perusahaan yang masih ke dalam ketegori startup memang berkaitan dengan bisnis online maupun teknologi.

Perkembangan Startup di Indonesia

Jika Anda memperhatikan perkembangan bisnis startup di Indonesia, maka Anda akan menyadari bahwa bisnis ini semakin hari semkain berkembang. Hal ini disebabkan oleh kemudahan masyarakat di dalam mengakses internet yang kemudian membuat pengguna internet di Indonesia pun semakin hari semakin meningkat.

Dengan banyaknya pengguna internet tersebut, membuat peluang bisnis startup semakin bisa melebarkan sayapnya. Dengan kata lain, keuntungan yang mereka dapatkan pun akan semakin besar. Tentunya para pendiri bisnis startup tersebut akan terus berusaha di dalam memberikan kemudahan bagi para pengguna internet. Hal ini termasuk layanan produk maupun jasa.

Jenis-jenis Startup

  • Startup game: jenis startup ini mengalami perkembangan yang pesat karena pemain game memang berasal dari berbagai kalangan usia
  • Startup edukasi: pendidikan merupakan hal yang sangat dibutuhkan semua orang. Peminatnya pun berasal dari berbagai kalangan. Ada banyak bisnis startup yang bergerak di bidang edukasi dengan meyediakan informasi seperti motivasi, kisah inspiratif, dan lain sebagainya
  • Startup e-commerce atau perdagangan: untuk jenis startup yang satu ini juga sangat diminati di mana kita akan lebih mudah mendapatkan barang yang kita inginkan kapan saja dan di mana saja tanpa harus menuju ke toko tempat barang tersebut dijual

Leave a Reply

Send this to a friend