Apa itu Virtual Memory

Apa itu Virtual Memory? Mengenal Pengertian Virtual Memory

Pengertian Virtual Memory

Virtual Memory merupakan teknik yang digunakan untuk memisahkan antara memori fisik dan memori logisnya. Memori logis adalah kumpulan halaman yang ada di dalam sebuah program. Tanpa adanya virtual memory, memori logis akan langsung dibawa menuju ke memori fisiknya atau memori utama. Di sinilah memori virtual ini kemudian memisahkan dengan cara meletakkan memori logis ke bagian secondary storage atau disk sekunder.

Selain itu, virtual memory juga hanya akan membawa halaman yang selanjutnya dibutuhkan ke memori fisik atau memori utama. Memori virtual juga bisa diartikan sebagai memori tambahan yang merupakan sebuah fitur dari masing-masing sistem operasi. Misalnya pada sistem operasi Linux, maka Anda akan menemukan virtual memory berupa Swap.

Memori virtual tersebut selanjutnya akan digunakan oleh sistem operasi pada saat komputer menjalankan program yang memiliki kapasitas melebihi dari memori  yang tersedia.

Dengan adanya virtual memory ini, maka pekerjaan seorang programmer menjadi lebih mudah pada saat kapasitas data dan juga programnya melebihi dari kapasitas yang utama. Sebuah multiprogramming juga bisa menerapkan teknik ini. Hal ini membuat multiprogramming tersebut menjadi lebih efisien.

Tujuan Virtual Memory

Pengertian Virtual Memory

Lalu apa tujuan dari penerapan virtual memory? Peru Anda ketahui bahwa virtual memory bertujuan untuk menciptakan sebuah file khusus yang dinamakan sebagai swapfile.

Memori virtual akan dipakai ketika sistem operasi dalam kondisi kehabisan memori, di mana sistem operasi tersebut akan memindahkan data yang paling akhir diakses ke dalam swapfile yang ada di dalam hard disk. Hal tersebut kemudian memberikan beberapa ruang kosong pada memori agar bisa digunakan untuk aplikasi selanjutnya.

Sistem operasi akan terus melakukan hal tersebut pada saat data baru dimasukkan ke dalam RAM. Ketika data yang ada di swapfile dibutuhkan, data tersebut akan ditukar atau di-swap dengan data terakhir yang sudah digunakan di dalam RAM. Hal ini membuat swap file memiliki karakteristik seperti RAM meskipun memang programnya tidak bisa langsung dijalankan dari swapfile tersebut.

Perlu Anda ingat bahwa karena program tersebut tidak bisa langsung dijalankan di swapfile, mungkin ada beberapa program yang tidak akan berjalan meskipun ukuran swapfile cukup besar sementara Anda memiliki perangkat dengan RAM yang berukuran kecil.

Fungsi Virtual Memory

Setelah mengetahui pengertian dan juga tujuan virtual memory, informasi berikutnya adalah seputar fungsi yang dimiliki oleh virtual memory.

  • Virtual memory berperan dalam menangani beban yang berlebihan yang terjadi pada RAM
  • Memori virtual juga berfungsi sebagai cadangan RAM, namun tidak sampai menggantikan fungsi dari RAM
  • Fungsi lainnya adalah virtual memory untuk menyimpan data yang berasal dari RAM, namun tidak meneruskan data tersebut ke prosesor
  • Untuk data yang disimpan di dalam virtual memory hanya bersifat sementara

Leave a Reply

Send this to a friend