Mengenal Pengertian SDRAM

Apa itu SDRAM? Mengenal Pengertian SDRAM

Pengertian SDRAM

Apa itu SDRAM? SDRAM merupakan akronim dari Synchronous Dynamic Random Access Memory di mana memori ini pertama kali hadir pada 1996. Modul SDRAM telah banyak digunakan untuk komputer yang bertipe PC. Sementara pada perangkat yang memanfaatkan mikroprosesor Intel, SDRAM kerap dipasang bersama dengan Pentium MMX, Pentium III, Pentium II, Celeron, serta ada beberapa yang dipasang dengan Pentium IV.

Sementara itu, pemasangan SDRAM terhadap mikroprosesor dari AMD biasanya memori ini akan disandingkan dengan AMD Duron dan AMD Athlon. Kecepatan yang dimiliki oleh SDRAM ketika pertama kali rilis adalah 66 MHz yang selanjutnya dikenal dengan sebutan SDRAM PC-66 yang bisa Anda temukan pada mikroprosesor Intel. Perkembangan SDRAM kemudian menghasilkan sebuah memori yang memiliki kecepatan mencapai 100 MHZ yang selanjutnya dinamakan SDRAM PC-100 yang bisa Anda temukan pada AMD Duron dan Athlon.

Pada akhirnya terdapat SDRAM dengan kecepatan mencapai 133 MHz yang selanjutnya juga dinamakan SDRAM PC-133. SDRAM jenis ini bisa Anda temukan di Pentium IV, AMD Duron, dan juga AMD Athlon. Seiring berjalannya waktu, popularitas dari SDRAM mulai menurun . Hal ini disebabkan oleh kemunculan DDR SDRAM. Ditambah lagi DDR SDRAM telah didukung oleh chipset yang lebih stabil yang selanjutnya membuat orang-orang mulai perlahan-lahan meninggalkan SDRAM.

Kelebihan SDRAM

Kelebihan SDRAM

Ada beberapa Kelebihan dari SDRAM yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya:

1. Pengganti DRAM

Fungsi SDRAM yang pertama adalah digunakan sebagai pengganti DRAM. DRAM merupakan memori yang dibuat pertama kali dengan desain yang sederhana. Bukan hanya desain, melainkan kecepatannya pun hanya 4,7 MHz sampai  dengan 40 MHz. Di sisi lain kecepatan yang dimiliki oleh SDRAM bisa mencapai 100 sampai dengan 133 MHz. Ini lah yang kemudian membuat orang beralih ke SDRAM.

2. Sesuai Bus CPU

SDRAM cocok digunakan untuk bos CPU. Kita tahu bahwa sistem bus yang terdapat pada komputer jaman sekarang berbeda dengan komputer jaman dulu. Dengan bentuk komputer sekarang, SDRAM masih bisa menyesuaikan dirinya meskipun harus menggunakan motherboard yang tidak sama.

3. Memerlukan Konsumsi Daya yang Rendah

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh SDRAM adalah memori ini tidak memerlukan konsumsi daya tinggi. Jika Anda membandingkan dengan jenis RAM yang lain, konsumsi daya yang dibutuhkan oleh SDRAM hanya 16 sampai dengan 17 persen. Tentunya konsumsi daya tersebut cukup rendah.

4. Terdapat Dual Inline Memory Modul

Salah satu kelebian dan sekaligus menjadi ciri khas dari SDRAM adalah ada dua celah di bagian kaki-kakinya. Kedua celah inilah yang dinamakan dengan Dual Inline Memory Modul. Dengan begitu, maka pembagian data bisa lebih seimbang di mana Anda juga bisa melihat adanya chip yang merata serta berjejer rapi.

5. Terdapat Pendingin

Kelebihan SDRAM yang lainnya yang juga cukup menarik adalah terdapat pendingin. Fungsinya adalah menurunkan suhu ketika PC digunakan. Hal ini akan membuat PC tetap dingin meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Leave a Reply

Send this to a friend