Apa itu Time Sharing System

Apa itu Time Sharing System? Mengenal Pengertian Time Sharing System

Pengertian Time Sharing System

Apa itu time sharing system? Time sharing system atau yang biasa disingkat TSS merupakan sebuah teknik yang digunakan di dalam penggunaan online sistem ada beberapa pengguna secara bergantian berdasarkan waktu yang dibutuhkan.

Dikarenakan proses perkembangan CPU yang semakin cepat, sementara alat input dan juga output yang masih belum bisa mengimbangi kecepatan CPU tersebut, maka kecepatan pada CPU bisa digunakan secara efisien ketika melayani perangkat input dan output tersebut secara bergantian.

Proses yang terjadi pada time sharing system mulai kelihatan berupaa perpaduan antara komputer serta teknologi telekomunikasi yang awalnya berkembang sendiri-sendiri. Pada time sharing system ini juga terdapat beberapa terminal yang terkoneksi secara seri pada sebuah host komputer. TSS merupakan sebuah konsep distribusi yang prosesnya berdasarkan waktu. Ini merupakan bentuk pertama dari penerapan jaringan komputer.

Christpoher Strachy

Christpoher Strachy

Christpoher Strachy di tahun 1959 memberikan ide berkaitan dengan pembagian waktu yang dilakukan oleh CPU. Kemudian di tahun 1961, pertama kali terbentuknya sebuah time sharing system yang dilakukan di Massachussetts Institute of Technology atau MIT lalu diberi nama Compatible Time Sharing System atau CTTS. Pada TTS, setiap user akan diberikan layanan oleh komputer secara bergantian dalam waktu yang singkat.

Contoh Penggunaan Time Sharing System

Salah satu penerapan time sharing system bisa Anda lihat melalui penggunaan suatu terminal yang ada di bank. Ketika ada nabasah yang datang ke bank tersebut untuk mengambil maupun menyimpan uang, maka buku tabungannya tersebut akan diletakkan pada terminal.

Kemudian operator akan mencatat dengan melalui papan ketik atau keyboard. Selanjutnya, data tersebut akan dikirim secara langsung menuju pusat komputer.

Pusat komputer berperan dalam memproses dan juga menghitung berapa banyak uang sesuai yang dikehendaki. Selanjutnya, buku tabungan akan dicetak sesuai dengan transaksi yang telah dilakukan pada hari itu. Kesimpulannya, proses percetakan buku tabungan sebenarnya melalui beberapa proses.

Perbedaan Time Sharing System, Multiprogramming, dan Multitasking

Lalu apa yang membedakan antara time sharing system, multiprogramming, dan juga multitasking? Untuk time sharing system atau TSS, metode tersebut membuat pengguna bisa melakukan processing hanya dalam satu komputer.

Sementara itu, pada multiprogramming job-job akan disimpan di dalam memori pada waktu yang bersamaan. Selanjutnya CPU digunakan secara bergantian. Hal tersebut memerlukan kemampuan tambahan seperti penyediaan input/output oleh sistem, penentuan CPU dalam memilih job yang akan disimpan, pengaturan memori yang dialokasikan, dan lain-lain.

Istilah selanjutnya yang berkiatan dengan TSS adalah mulitasking. Di dalam mulitasking, dilakukan pemrosesan terhadap beberapa tugas pada waktu yang sama. Salah satu contoh sistem operasi yang menerapkan multitasking adalah Linux yang memang terkenal sebagai OS multitasking dan multiuser.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai time sharing system. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend