Mengenal Pengertian Baseband

Apa itu Baseband? Mengenal Pengertian Baseband

Pernah mendengar istilah Baseband? Baseband atau yang terkadang dinamakan pita baris merupakan sebuah metode di dalam menggunakan media komunikasi di mana frekuensinya melewati suatu pembawa atau carrier untuk mengirim atau mentransmisikan data. Maka dari itu, di dalam satu media tersebut hanya memiliki satu sinyal yang berisi komunikasi. Salah satu penggunaan baseband adalah ethernet.

Sementara itu, istilah baseband juga diartikan sebagai salah satu jenis LAN atau Local Area Network di mana satu pesan akan disalurkan atau dikirimkan dalam bentuk digital terhadap saluran transmisi di antara mesin-mesin yang dikoneksikan menggunakan kabel koaxial maupun kabel twisted pair. Sementara itu, untuk transmisi yang digunakan adalah bidirectional serta hanya digunakan untuk topologi jaringan untuk jarak yang pendek.

Media Transmisi Baseband

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa media transmisi yang digunakan oleh baseband adalah kabel koaxial maupun kabel twisted pair. Untuk kabel koaxial memiliki frkuensi 50 ohm dengan spesifikasinya yaitu IEEE 802.3 (ethernet).

Jika inti pada kabel koaxial tersebut memiliki diameter 0,4 inci dengan data rate mencapai 10 Mbps, maka dengan perangkat tersebut Anda bisa menjangkau dengan jarak 500 meter. Inilah yang kemudian juga dikenal dengan sebutan 10BASE5. Sementara itu, jika ingin menghubungkan atau menjangkau jarak yang lebih jauh maka harus menggunakan repeater atau penguat sinyal.

Perlu diingat bahwa setiap perangkat yang ada di dalam baseband akan saling akan saling berbagi saluran yang sama. Pada saat ada satu node yang mentransmisikan data ke saluran baseband, seluruh node lainnya yang ada di dalam jaringan tersebut perlu menunggu sampai pengiriman berakhir sebelum mereka nanti bisa mengirim data.

Perbedaan Baseband dan Broadband

Perbedaan Baseband dan Broadband

Sebenarnya ketika membahas baseband kita juga tidak bisa mengesampingkan pembahasan broadband. Keduanya merupakan istilah yang hampir sama namun memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaannya? Berikut ini jawabannya.

1. Teknologi

Adapun transmisi yang dimiliki oleh baseband merupakan sinyal tunggal dan tetap dengan menggunakan bandwidth yang tersedia. Selain itu, transmisinya juga menggunakan media transmisi yang berperan sebagai perangkat saluran tunggal. Itu artinya hanya terdapat satu stasiun yang akan mengirimkan data atau sinyal dalam satu waktu.

Sementara itu, broadband akan membagi setiap transmisi dari total keseluruhan bandwidth yang ada. Maka dari itu, beberapa transmisi masih memungkinkan berada pada waktu yang bersamaan.

2. Komunikasi

Untuk komunikasi pada baseband bersifat dua arah. Saluran yang sama akan berperan sebagai pengirim dan penerima sinyal serta setiap perangkat akan berbagi saluran yang sama.

Sementara pada broadband, komunikasi yang berlangsung bersifat satu arah. Itu artinya, broadband membutuhkan dua saluran yang berbeda untuk mengirim maupun menerima sinyal.

Itulah dua perbedaan utama antara baseband dan juga broadband. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend