Tanggal Rilis Windows 10 21H1

Microsoft Tak Sengaja Umumkan Jadwal Rilis Pembaruan Windows 10 21H1

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dilaporkan akan mulai memfokuskan diri untuk melakukan finalisasi Windows 10 versi 21H1 di bulan Februari ini, ketika para penguji di kanal Release Preview Windows Insider juga mulai proses evaluasi Preview Builds yang telah rilis melalui Paket Pengaktifan. 

Sebagai informasi, Windows 10 21H1 merupakan pembaruan dengan gaya paket layanan yang menitikberatkan pada peningkatan kualitas dan perbaikan bug sepenuhnya. Tidak akan ada tambahan fitur utama yang baru, dan Microsoft diketahui berencana untuk merilisnya pada bulan Mei atau Juni nanti. 

Dalam sebuah kode komitmennya, Microsoft mengkonfirmasi bahwa mereka tengah mengerjakan sebuah rilisan Windows dan akan dikirimkan ke pengguna publik pada bulan Juni 2021. Selain tanggal perilisan, Microsoft juga mengatakan bahwa pembaruan fitur berikutnya akan termasuk perlindungan bawaan pada Kernel Transaction Manager (KTM). 

Kode Komitmen Chromium

Kode Komitmen Chromium

“Rilisan Windows yang akan hadir pada bulan Juni 2021 akan membawa sebuah API baru yang akan menonaktifkan eksploit pada KTM. Verifikasi pada sistem operasi secara internal yang dijadikan eksploitasi pada KTM tidak akan lagi tersedia,” bunyi dari kode komitmen Chromium itu.

Sayangnya, pernyataan soal tanggal perilisan di kode komitmen itu kini sudah dihilangkan. Kemungkinan, Microsoft melakukan ketidaksengajaan sehingga tanggal tersebut dimunculkan sebelumnya.

Seperti yang sudah diketahui, Windows memiliki siklus perilisan untuk pembaruannya. Pada tahun lalu, pembaruan utama tahun itu dirilis pada bulan Mei. Misalnya, pembaruan Windows 10 versi 1903 dan versi 2004 dirilis ke publik pada minggu terakhir bulan Mei. 

Oleh karena itu, besar kemungkinan bahwa Windows 10 versi 21H1 akan rilis pada bulan Mei 2021, dan akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna pada bulan Juni 2021. 

Namun di saat yang sama, ada kemungkinan juga bahwa Microsoft membicarakan soal pembaruan Windows 10 21H2 “Sun valley” yang diperkirakan akan memasuki status Release to Manufacturer (RTM) pada bulan Juni. 

Apa saja yang mungkin hadir di Windows 10 versi 21H1?

Sejauh ini tidak banyak yang diketahui apa saja yang akan dibawa oleh pembaruan musim semi 2021 tersebut, dan belum ada detail yang pasti apa saja yang sudah terungkap. 

Meski demikian, rumor yang muncul salah satunya adalah adanya halaman kategori baru kartu grafis yang ada di aplikasi Settings. Pembaruan itu juga diharapkan akan membawa penambahan dukungan asli untuk DNS over HTTPS (DoH). 

Leave a Reply

Send this to a friend