Google Chromium Windows 7

Google Minta Pengembang Chromium Berhenti Gunakan Windows 7

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah memperjelas bahwa dukungan terhadap Windows 7 akan segera berakhir, dan saat ini mereka berfokus untuk mengarahkan seluruh pengguna untuk segera beralih ke Windows 10, sistem operasi terbaru Microsoft yang telah memiliki pangsa pasar lebih dari 50 persen.

Sebelas bulan setelah Microsoft menghentikan dukungan ke Windows 7, Google juga akhirnya meminta para pengembang Chromium untuk tidak lagi menggunakan sistem operasi tersebut, karena tidak lagi mendapat dukungan baik dari Microsoft maupun komunitas software open source itu sendiri.

“Saya tidak ingat soal keputusan untuk mewajibkan menggunakan Windows 10, tapi sepertinya tidak terhindarkan bahwa hal itu akan terjadi pada suatu saat nanti, dan mungkin saat nanti itu ternyata sekarang ini. Ada beberapa kerusakan Windows 7 akhir-akhir ini dan akhirnya dibutuhkan biaya yang mahal untuk melakukan perbaikan,” kata Bruce Dawson, Teknisi Google.

Dalam kebijakan barunya, Google mengkonfirmasi bahwa Windows 7 tidak lagi bisa digunakan untuk membuat aplikasi Chromium dan Windows 10 lah yang kini yang dibutuhkan. Sejak Windows 7 tidak lagi menjadi sistem operasi yang mendukung, pesan error akan muncul ketika pengembang mencoba membuat aplikasi Chromium menggunakan sistem operasi tersebut.

Perlu dicatat bahwa pengumuman ini hanya ditujukan untuk para pengembang saja, dan browser Chromium masih bisa digunakan seperti biasanya di Windows 7, seperti yang juga sudah dikonfirmasi secara resmi oleh pihak Google.

“Chromium dan turunannya, masih bisa berjalan di Windows 7. Hal ini hanya berpengaruh untuk para pengembang aplikasi saja,” jelas Google. 

Bantuan perbaikan untuk komunitas pengembang akan diterima, tapi sejauh ini, tidak ada yang mau secara sukarela untuk menambahkan dukungan ke Windows 7. Pengembang yang masih mengerjakan proyek pembuatan aplikasi Chromium, diharuskan untuk segera meningkatkan ke Windows 10. Atau bisa mencoba aplikasi seperti Process Explorer untuk mendeteksi masalah di aplikasi Chromium hendak dibuat menggunakan Windows 7.

Pengembang di Google telah lama berhenti menggunakan Windows 7 untuk membuat Chrome, namun tidak diketahui dengan jelas kapan Chromium benar-benar akan menghentikan dukungan ke platform lain yang lebih tua. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend