Microsoft Windows 10 Apple

Secara Tidak Langsung Microsoft Bantu Bawa Windows 10 Ke Apple Silicon

NESABAMEDIA.COMBulan lalu, Apple meluncurkan chip ARM berbasis M1 kustom dan kini komunitas pengembang tengah mengupayakan hadirnya aplikasi buatan mereka di platform baru itu.

Di saat yang sama, Parallels juga mulai mengembangkan software buatan mereka yang bertujuan membawa sistem operasi milik Microsoft, yakni Windows 10 ke dunia Apple Silicon. Dan beberapa waktu yang lalu, Parallels telah mengumumkan Preview Build pertama mereka yang mengizinkan sejumlah pengguna untuk mencobanya lebih awal. 

Dan ternyata, Parallels tidak sendirian berkutat dalam pengembangan Windows 10 untuk Apple Silicon itu, karena Microsoft secara tidak langsung telah membantu perusahaan mewujudkan proyek tersebut.

Memang tidak jelas bagaimana kolaborasi keduanya bisa terjadi, namun pernyataan dari Wakil Presiden OneDrive, Omar Shahine mengungkap bagaimana dia begitu bangga atas upaya kerjasama itu melalui akun Twitternya. 

Hal ini cukup lucu, karena sebelumnya pihak Apple telah mengatakan ke publik bahwa yang bisa membawa Windows ke Apple Silicon adalah keputusan yang hanya bisa dibuat oleh Microsoft sendiri, dan itu pun jika mereka menginginkan. 

“Semuanya terserah Microsoft. Kami memiliki teknologi inti bagi mereka untuk melakukannya, menjalankan versi ARM Windows, yang tentu kemudian bisa mendukung penggunaan aplikasi x86. Namun itu adalah keputusan yang harus dibuat oleh Microsoft sendiri, menyediakan lisensi teknologi itu kepada para pengguna untuk menjalankannya di perangkat Mac. Dan tentu saja, Mac sangat memungkinkan untuk melakukannya,” kata Craig Federighi, SVP of Software Engineering Apple di awal tahun silam.

Sementara itu, ekosistem di Apple Silicon terus tumbuh dengan pesat, dan Microsoft sendiri telah melakukan investasi sangat besar dalam optimasi perangkat lunak mereka untuk menghadirkan sebuah chip baru. 

Sejumlah aplikasi buatan Microsoft seperti, Microsoft Office, Microsoft Teams dan aplikasi ternama lainnya, telah mendapatkan dukungan untuk bisa berjalan di prosesor M1 buatan Apple. Karena ini sudah menjadi bagian dari strategi yang direncanakan Microsoft untuk bisa menghadirkan yang bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kendala sebisa mungkin di perangkat keras terbaru buatan Apple itu. 

Leave a Reply

Send this to a friend