Download Cain & Abel for Windows

Download Cain & Abel for Windows 9.56

Download Cain & Abel for Windows Developer: Massimiliano Montoro
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 8MB



Ketika pertama kali mendengar nama Cain & Abel, mungkin lebih banyak orang yang belum mengetahuinya dibandingkan yang sudah tahu. Hal ini tidak mengherankan karena sebenarnya fungsi dari aplikasi ini adalah untuk orang-orang tertentu saja. Software yang satu ini pun juga tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti halnya aplikasi pemutar musik atau aplikasi edit foto.

Lalu sebenarny aplikasi Cain & Abel untuk apa? Perlu anda ketahui bahwa Cain & Abel merupakan aplikasi yang dimanfaatkan untuk melaukan hacking melalui LAN atau Sniffing. Teknik dinamakan sebagai Man In The Middle attack. Sekadar informasi bahwa sniffing adalah sebuah aksi penyadapan terhadap setiap paket request maupun reply yang ada di jaringan LAN.

Cara kerja sniffing adalah dengan memanfaatkan segmen data yang terdapat pada layer transport. Nantinya, orang-orang yang melakukan sniffing akan memasukkan sebuah program jahat pada komputer atau laptop target. Nanti program inilah yang akan melakukan sniffing sehingga semua data yang ada di dalam perangkat korban bisa dideteksi dan juga dibaca oleh pengguna sniffing tersebut.

Ada dua jenis sniffing yang digunkan, yaitu:

1. Passive Sniffing

Seseorang yang melakukan passive sniffing, mereka tidak akan melakukan perubahan data korban yang dikirimkan dari server menuju client. Jadi, korban sniffing tidak akan curiga karena mereka memang hanya melihat datanya berada dalam kondisi normal tanpa mengalami perubahan sedikit pun. Biasanya, passive sniffing terjadi di Hub karena fungsi Hub memang untuk membagikan signal ke seluruh komputer yang menjad client.

2. Active Sniffing

Sebuah tindakan pembobolan atau penyadapan yang dilakukan dengan mengubah isi paket data. Tindakan yang termasuk active sniffing dan sering dilakukan adalah Man in the middle attack (MITM) dan ARP Poisoning. Teknik ini dilakukan bukan di Hub melaikan di Switch.

Cara Menggunakan Cain & Abel

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa Cain & Abel merupakan program yang digunakan untuk menyadap atau melakukan hacking melalui LAN. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, anda harus membutuhkan beberapa hal seperti aplikasi Cain & Abel, jaringan atau warnet yang ramai dan matikan antivirus.

Sementara untuk cara menggunakannya adalah seperti di bawah ini:

  • Instal dan jalankan program Cain & Abel
  • Jalankan Cam
  • Jika anda ingin melakukan sniffing, silakan klik tab Sniffer
  • Klik tab APR dan masuk ke menu Configure. Di sini anda akan menemukan beberapa tab configuration. Klik tab Sniffer dan muncul keterangan seputar IP, adapter, dan lain-lain. Klik OK.
  • Aktifkan Cain dengan klik Start
  • Klik Start APR agar komputer anda mempunyai kemampuan routing.
  • Jalankan CMD
  • Lakukan Ping denga komputer target, misalnya ping 192.168.0.1
  • Di dalam Cain & Abel sebenarnya ada dua tabel dengan menu sama, yaitu IP, Status, Mac Address, dan lain sebagainya. Pilih dan klik tab di bagian atas, klik tambah plus atau Add to list.
  • Muncul dialog New ARP Poison Routing. Anda tinggal mengklik IP target di kolom sebelah kiri.
  • Klik IP Gateway di kolom sebelah kanan. Klik OK

Leave a Reply

Send this to a friend